MIGRASI ORANG-ORANG MADURA DI UJUNG TIMUR JAWA TIMUR: SUATU KAJIAN SOSIAL EKONOMI

Mudji Hartono, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mengungkapkan faktor-faktor penyebab orang-orang Madura bermigrasi ke wilayah ujung timur Jawa Timur. Untuk membahas permasalahan tersebut, penulis menggunakan kerangka pikir push and pull dimana yang berusaha untuk mengungkap kondisi yang melatarbelakangi kehidupan para migran Madura, serta perkembangan ekonomi di daerah ujung timur Jawa Timur.

 

Kajian awal penulis menunjukkan bahwa faktor penyebab orang-orang Madura bermigrasi ke daerah Jawa Timur bagian timur adalah kemiskinan di Madura. Sementara itu Jawa Timur dijadikan daerah tujuan migrasi karena di daerah tersebut sedang dibuka perkebunan -perkebunan baru yang menguntungkan rakyat setempat maupun para migran. Di Jawa Timur bagian timur para migran memperoleh beberapa fasilitas fasilitas antara lain: tanah, hewan ternak untuk mengerjakan tanah, dan pembebasan pajak selama beberapa tahun.

 

Kata kunci: migrasi, Madura, ujung timur Jawa Timur.


Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/istoria.v8i1.3717

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2010 Mudji Hartono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Printed ISSN (p-ISSN): 1858-2621
Online ISSN (e-ISSN): 2615-2150

ISTORIA has been Indexed by:

           

Supervised by:

RJI Main logo

 

Lisensi Creative Commons
/>Jurnal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah by History Education Study Program, UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter View My Journal Stats