KONSEP PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA DALAM PENDIDIKAN TAMAN SISWA (Tinjauan Humanis-Religius)

Dyah Kumalasari, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mengelaborasi pemikiran KH. Dewantara dalam bidang pendidikan. Hal ini penting mengingat beliau merupakan salah satu pahlawan nasional yang mencurahkan perhatiannya dalam pengembangan pendidikan. Beliau juga mendirikan sekolah Tamansiswa dan pernah menjabat sebagai menteri pendidikan nasional.

 

Hasil kajian menunjukkan bahwa pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang pendidikan yang diwujudkan melalui lembaga pendidikan Taman Siswa memberikan harapan baru untuk kemajuan bangsa Indonesia. Taman berarti tempat bermain atau tempat belajar, dan Siswa berarti murid. Sebagai sebuah sekolah yang berbasis budaya lokal masyarakat Jawa, Taman Siswa mampu bertahan di tiga jaman, yaitu jaman kolonial Belanda, kolonial Jepang dan masa kemerdekaan sampai dengan sekarang. Beberapa pemikiran Ki Hadjar dalam Taman Siswa sangat relevan untuk menyikapi perkembangan terkini pendidikan di Indonesia, dan sejalan dengan prinsip pendidikan yang humanis-religius.

 

Kata kunci: KH Dewantoro, pendidikan, Taman Siswa.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/istoria.v8i1.3716

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2010 Dyah Kumalasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Printed ISSN (p-ISSN): 1858-2621
Online ISSN (e-ISSN): 2615-2150

ISTORIA has been Indexed by:

           

Supervised by:

RJI Main logo

 

Lisensi Creative Commons
/>Jurnal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah by History Education Study Program, UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter View My Journal Stats