IMPLEMENTASI GROUP INVESTIGATION REPORT SEBAGAI ALTERNATIF DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS CHARACTER BUILDING DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Wahyu Setyaningsih, Universitas Negeri Yogyakarta
Waidkha Yuliati, Universitas Negeri Yogyakarta
Margareta H. Yuliana, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan penerapan metode group investigasi report dalam pembelajaran sejarah di Universitas Negeri Yogyakarta. Hal ini berangkat dari banyaknya permasalahan dalam pembelajaran sejarah seperti tidak optimalnya penanaman nilai-nilai, dan tidak bervariasinya metode pembelajaran yang biasa digunakan oleh pengajar.

 

Penelitian dilakukan dengan metode campuran kualitatif-kuantitatif yang dilakukan di beberapa museum antara lain: Benteng Vredeburg, Kraton Yogyakarta, Monumen Yogya Kembali, dan Museum Perjuangan yang dilakukan mulai Februari sampai April 2011. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling dengan jumlah populasi 74 mahasiswa.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari perhitungan t tabel 7. 294 > 1. 691. Ini berarti bahwa hipotesis nol ditolak dan hipotesis awal diterima. Terdapat perbedaan yang signifikan dalam karakter mahasiswa yang menggunakan metode group investigasi dengan yang tidak yaitu 2008-2010.

Kata kunci: tim investigasi report, pembangunan karakter, pembelajaran sejarah.


Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/istoria.v8i1.3715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2010 Wahyu Setyaningsih, Waidkha Yuliati, Margareta H. Yuliana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Printed ISSN (p-ISSN): 1858-2621
Online ISSN (e-ISSN): 2615-2150

ISTORIA has been Indexed by:

           

Supervised by:

RJI Main logo

 

Lisensi Creative Commons
/>Jurnal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah by History Education Study Program, UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter View My Journal Stats