PERANAN KEPALA SEKOLAH DAN GURU DALAM PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA DI SMK DALAM MEWUJUDKAN JATI DIRI BANGSA

Nurtanio Agus Purwanto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui (1) bagaimana realitas implementasi pendidikan karakter di SMK dalam mewujudkan jati diri bangsa, dan (2) bagaimana ketercapaian implementasi pendidikan karakter di SMK dalam mewujudkan jati diri bangsa. Penelitian ini menggunakan metode survey. Sampel dalam penelitian ini adalah SMK di Sleman yang diambil secara purposive sampling, dengan mempertimbangkan klasifikasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik FGD, angket, dokumen, observasi, dan wawancara. Validitas dan reliabilitas instrumen angket menggunakan validasi ahli. Keabsahan data kualitatif divalidasi dengan model informan review, dan triangulasi data. Analisis data kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif dan data kualitatif dengan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) sebagi pendidik yaitu, peran yang berkaitan dengan tugas memberikan bantuan dan dorongan  terhadap aturan-aturan sekolah dan norma hidup dalam keluarga dan masyarak; (b) sebagai teladan yaitu, guru menjadikan dirinya sebagai panutan bagi siswa (c) motivator yaitu, dengan adanya kemampuan guru dalam membangkitkan spirit, etos kerja; (d) sebagai pengajar dan pembimbing dalam pengalaman belajar; (e) pelajar yaitu, guru selalu mendidik karakter dan keterampilan; Sedangkan peran kepala sekolah (a) manajer yaitu, sebagai penentu kebijakan yang mampu mengakomodir seluruh kebutuhan siswa terkait pendidikan karakter; (b)  sebagai pemimpin yaitu, memberikan petunjuk dan pengawasan, kemampuan mengambil keputusan, dan kemampuan berkomunikasi; (c) Mendorong semua guru dan karyawan untuk menjadi model karakter yang baik bagi semua siswa; (d) membentuk dan mendukung kerjanya tim budaya sekolah dan karakter.

 

Kata kunci: karakter, pendidikan, sekolah menengah kejuruan


Full Text:

PDF

References


Ahmad Syafii Maarif. (2006). Kearifan sang profesor: bersuku-suku bangsa untuk kenal-mengenal. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Press.

Akhwan, M. (2014). Pendidikan karakter: konsep dan implementasinya dalam pembelajaran di Sekolah/Madrasah. Jurnal El-Tarbawi, 61-67.

Anci, R. (2014). Menuju kepala sekolah yang profesional. Jurnal Ekspose Vol. XXIII, 2, 12-22.

Al Ghazali. (2010). Paduan Akhlak dan Hati. Jakarta: Ghalia.

Ali Ibrahim Akbar. (2009). Praktik Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Puspa Warna.

Borg, W.R. & Gall, M.D. (1989). Educational research: an introduction. NewYork & London: Longman.

Berkowitz, dalam Goodcharacter.com, (2010) “Morality Normativity, and Society”. Oxford New York: Oxford University Press. Cet. II.

Brown, Abbie and Green, Timothy D. (2006). The Essentials of Instructional Design ‘connecting fundamental principles with process and practice, New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Buchory & Swadayani, T.B. (2014). Implementasi program pendidikan karakter di SMP. Jurnal Pendidikan Karakter Universitas PGRI Yogyakarta Tahun IV, 3, 235-244.

Creswell, J.W. (2014). Penelitian kualitatif & desain riset memilih diantara lima pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

David Elkind & Freddy Sweet. (2004). Building Character in Schools: Practical Ways to Bring Moral Instruction to Life. San Francisco: Jossey Bass.

Djoko Suryo. (2015). Pembinaan dan Pembentukan Karakter Bangsa. Yogyakarta: Ombak Press.

Dewantara, K.H. (2013). Ki Hajar Dewantara: Pemikir, konsepsi, keteladanan, sikap merdeka. Yogyakarta: UST- Press.

Emiasih, D. (2011). Pengaruh pemahaman guru tentang pendidikan karak¬ter terhadap pelaksanaan pendidikan karakter pada mata pelajaran sosiologi di SMK Pius Kota Tegal. Jurnal Komunitas, 216-226.

Elkins, (2007). values and morality in schools and youth settings. Massachusetts: Allyn & Bacon.

Ghufron, A. (2010). Integrasi nilai-nilai karakter bangsa pada kegiatan pembelajaran. Jurnal Cakrawala pendidikan, 2, 13-24.

Hasbullah. (2015). Dasar-dasar ilmu pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Idrus, M. (2012). Pendidikan karakter pada keluarga Jawa. FAI Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Jurnal Pendidikn Karakter, 2, 118-130.

Kemendiknas. (2010). Grand Design Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendiknas.

Koni, S. (2014). Membangun sumber daya manusia (SDM) bangsa melalui pendidikan karakter. Jurnal IAIN Sultan Amai Gorontalo. 2, 179-186.

Lickona. (2014). Pendidikan karakter. Panduan lengkap mendidik siswa menjadi pintar dan baik. Terjemah oleh Lita S. Bandung: Nusa Media

Madus, G. E., & Kellaghan, T. (2012). Curriculum evaluation and assessment in Jackson, P. M. (Edit, 1992). Handbook of research on curriculum. New York: McMillan Publishing Company.

Miles, M.B. and Huberman, A.M. (1984). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. Beverly Hills CA: Sage Publications.

Muhammad B. Ilyas. (2013). Jati Diri Bangsa Sesungguhnya. Jakarta: Poesta.

Marzuki. (2015). Pendidikan karakter islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Naim, N. (2012). Character building. Optimalisasi peran pendidikan dalam pengembangan & pembentukan karakter Bangsa. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Nana Sudjana. (2005). Penelitian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution. (1989). Pengembangan Kurikulum Nasional. Surabaya: Pustaka Teladan.

Pusat Kurikulum dan Perbukuan. (2010). Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa, Pedoman Sekolah. Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan

Priyanti, W., Toruan, J.L., & Sudarman, Y. (2014). Pelaksanaan ekstrakurikuler di SMP N 1 Payakumbuh. Jurnal Sendratasik FBS Universitas Negeri Padang, 2, 71-77.

Ralph Tyler, JM. (1993). Strategic Planning for Public and Nonprofit Organizations. 2rd edition. San Fransisco: Jossey-Bass Publishers.

Richard, Jack C. (2001). Curriculum Development in Language Teaching, Cambridge: Cambridge University Press.

Ratnasari, N.D. & Suharningsih. (2013). Hubungan kegiatan ekstrakurikuler pasukan pengibar bendera (Paskibra) dengan kepemimpinan peserta didik SMK Kartika IV-3 Surabaya. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 1, 379-393.

Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang RI Nomor 14, Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasioanal.

Roqib, M., & Nurfuadi. (2009). Kepribadian guru. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.

Sartono Kartodirdjo. (2005). Dinamika dan Pembangunan Bangsa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sudirman. (1992). Dinamika Kurikulum Nasional. Yogyakarta: Pustaka Alinea.

Sugiyono. (2008). Cara Cepat Belajar SPSS. Bandung: Alfabeta.

Sekretariat Negara, Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.

Suhartono. (2012). Membentuk Identitas Nasional Bangsa Indonesia. Yogyakarta: Jendela Press.

Sagala, S. (2013). Etika & moralitas pendidikan. Peluang dan tantangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sjarkawi. (2011). Pembentukan kepribadian anak: Peran moral intelektual, emosional, dan sosial sebagai wujud integritas membangun jati diri. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, Universitas Negeri Yogyakarta, 1, 47-58.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suriansyah, A & Aslamiah. (2015). Strategi kepemimpinan kepala sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat dalam membentuk karakter siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan Universitas Lampung Mangkurat Banjarmasin, 2, 234-247.

Tilaar, H.A.R., & Nugroho, R. (2012). Kebijakan pendidikan Pengantar untuk memahami kebijakan pendidikan dan kebijakan pendidikan sebagai kebijakan publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Triatmanto. (2010). Tantangan implementasi iendidikan karakter di sekolah. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 187-203.

Wiyani, N.A. (2014). Format kegiatan kepramukaan Sebagai ekstrakurikuler wajib di madrasah ibtidaiyah. Jurnal Insania, 19 (1), 148-168.

Dalam kurikulum 2013 Yusra. (2013). Upaya peningkatan efisiensi tenaga guru profesional dalam pencapaian mutu pendidikan. Hunafa: Jurnal Studia Islamika, 1, 127-150.

Zakiyah, Q.Y. & Rusdiana. (2014). Pendidikan nilai. Kajian teori dan praktik di sekolah. Bandung: CV Pustaka Setia.




DOI: https://doi.org/10.21831/istoria.v16i1.32451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nurtanio Agus Purwanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Printed ISSN (p-ISSN): 1858-2621
Online ISSN (e-ISSN): 2615-2150

ISTORIA has been Indexed by:

           

Supervised by:

RJI Main logo

 

Lisensi Creative Commons
/>Jurnal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah by History Education Study Program, UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter View My Journal Stats