PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS VISUALISASI MUSEUM SASANA WIRATAMA UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN SEJARAH SISWA MAN YOGYAKARTA III

Asyhar Basyari, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini 1) Mendeskripsikan media kajian sejarah yang selama ini dilaksanakan di MAN Yogyakarta III 2) Mendeskripsikan rencana studi sejarah ke media Visualisasi Museum Sasana Wiratama yang akan dikembangkan. 3) Mendeskripsikan prosedur pengembang media pembelajaran berbasis Visualisasi Museum Sasana Wiratama untuk meningkatkan Kesadaran akan sejarah siswa 4) Untuk menganalisis sejauh mana efektivitasnya dengan menggunakan studi sejarah dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Visualisasi Museum Sasana Wiratama untuk meningkatkan Kesadaran sejarah . Penelitian pengembangan menggunakan metode yang mengadaptasi pengembangan desain ADDIE. Hasil studi uji efektivitas media menunjukkan hasil yang baik. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media pembelajaran sejarah berdasarkan visualisasi Museum terbukti efektif Sasana Wiratama dalam meningkatkan prestasi dan kesadaran Sejarah pada siswa.

 

Kata kunci: Pengembangan, Media, Visusalisasi, Sejarah

  

Abstract

Target of this research 1) Describe the media of study of history which during the time executed in MAN Yogyakarta III 2) Describe the plan study of history to media Visualizing Museum Sasana Wiratama to be developed. 3) Describe procedure developer of study media base on Visualization of Museum Sasana Wiratama to increase Awareness of student history 4) To analyze how far the effectivity by using study of history by using study media base on Visualization of Museum Sasana Wiratama to increase Awareness of history. Research of development use method which adaptation of design development of ADDIE. Result of media effectiveness test study show good result. So that can be pulled by conclusion that usage of media study of history base on visualization of Museum effective proven Sasana Wiratama in improving achievement and awareness of History at student.

 

Keyword: Media, Development, Visualisation, History.


Full Text:

Full Text

References


Aman Aman. 2011. Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Anitah, S. 2008. Media Pembelajaran. Surakarta: UNS Press.

Borg, WR. &M.D. Gall. 1983. Educational Reseach: An Introduction, Fourth Edition. New York: Longman.

Hamalik, Oemar. 2007. Metode Belajar dan Kesalahan Belajar. Bandung: Tarsito

Hamid, Abd. Rahman. 2014. Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Mahmud dan Ija Sunata. 2014. Antropologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Sumargono. 2014. Pengembangan Media PembelajaranSejarahNasionalBerbasis Macro Media Flash UntukMeningkatkanNasionalismepadasiswaKelas XII IPS SMA Surakarta. UNS: Tesis.

Suryomukti, Nuroni. 2013. Teori-Teori Pendidikan: Tradisional, (Neo)Liberal, Marxis-Sosialis, Postmodern. Yogyakarta: Ar-Ruzzmedia.

Victor. M, Rosello. 2009. Culture Awarenes or Culture Aperception is They a Difference. Small wars Journal.




DOI: https://doi.org/10.21831/istoria.v15i1.23904

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Asyhar Basyari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Printed ISSN (p-ISSN): 1858-2621
Online ISSN (e-ISSN): 2615-2150

ISTORIA has been Indexed by:

           

Supervised by:

RJI Main logo

 

Lisensi Creative Commons
/>Jurnal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah by History Education Study Program, UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter View My Journal Stats