Analisis Sirkulasi dan Jalur Penghubung Kawasan Pecinan Kota Lama Tangerang

Manisa Edelin Jingga, Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia
Lintang Suminar, Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia

Abstract


ABSTRACT

The circulation system and city connecting lanes have a role in optimizing the use of roads that will provide convenience and security for road users. Tangerang City is a city that is experiencing rapid growth, one of which is influenced by its strategic location close to Jakarta as the nation's capital. The high growth in Tangerang City is also directly proportional to the increase in demand for roads to accommodate traffic activities, including the effect on circulation conditions. The research location is the Chinatown area of Kota Lama Tangerang which is located in 3 (three) urban villages, namely Sukasari, Sukarasa, and Sukaasih villages. The Chinatown area of Kota Lama Tangerang is an area of culture, trade and services, offices, and housing. The Chinatown area in Kota Lama is the forerunner of the center of Tangerang City or can even be called the city's zero point because it is in this area that the center of Tangerang City was formed. This study aims to analyze the circulation and connecting lanes of the Chinatown area of Kota Lama Tangerang which consists of road network analysis and movement, vehicle circulation analysis, transit movement analysis, parking system analysis, and pedestrian and bicycle lane analysis. The research method used is a qualitative method. The research approach used is descriptive with data collection through observation which is then translated into documentation, mapping, and description. The results of the study concluded that there is a need for improvement and rearrangement of the area so that it becomes more integrated and can support the area to become a tourism object.

 

ABSTRAK

Sistem sirkulasi dan jalur penghubung kota memiliki peran dalam optimalisasi pemanfaatan jalan yang akan memberikan kemudahan dan keamanan bagi pemakai jalan. Kota Tangerang merupakan kota yang mengalami pertumbuhan pesat, salah satunya dipengaruhi faktor lokasi yang strategis berdekatan dengan Jakarta sebagai ibu kota Negara. Tingginya pertumbuhan di Kota Tangerang turut berbanding lurus dengan peningkatan permintaan terhadap jalan untuk menampung kegiatan lalu lintas, termasuk juga berpengaruh pada kondisi sirkulasi. Lokasi penelitian yaitu Kawasan Pecinan Kota Lama Tangerang yang berada pada 3 (tiga) kelurahan, yaitu kelurahan Sukasari, Sukarasa, dan Sukaasih. Kawasan Pecinan Kota Lama Tangerang merupakan kawasan budaya, perdagangan dan jasa, perkantoran, dan perumahan. Kawasan Pecinan di Pasar Lama merupakan cikal bakal pusat Kota Tangerang atau bahkan dapat disebut sebagai zero point kota karena di kawasan inilah pusat Kota Tangerang terbentuk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sirkulasi dan jalur penghubung Kawasan Pecinan Kota Lama Tangerang yang terdiri dari analisis jaringan jalan dan pergerakan, analisis sirkulasi kendaraan, analisis pergerakan transit, analisis sistem parkir, dan analisis jalur pejalan kaki dan jalur sepeda. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi yang kemudian diterjemahkan dalam dokumentasi, pemetaan, dan deskripsi. Hasil penelitian menyimpulkan perlunya perbaikan dan penataan ulang kawasan agar menjadi lebih terintegrasi dan dapat mendukung kawasan menjadi obyek pariwisata.


Keywords


Sirkulasi Jalur; Penghubung; Kawasan Pecinan

Full Text:

PDF

References


S. Fauzia and A. Ratnasari R, “Pengaruh Aktivitas Kawasan Terhadap Sirkulasi Lalu Lintas di Kawasan Jalan Pandanaran,” Jurnal Teknik PWK, vol. 2, no. 3, pp. 875–884, 2013.

Nurlisa Ginting and Selamat Sejahtera, “Elemen Sirkulasi Dan Parkir Pada Penataan Koridor Jamin Ginting-Brastagi,” Jurnal Koridor, vol. 9, no. 1, pp. 143–149, 2019, doi: 10.32734/koridor.v9i1.1325.

W. S. N. W. Mohamad and I. Said, “A review of variables of urban street connectivity for spatial connection,” IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, vol. 18, no. 1, 2014, doi: 10.1088/1755-1315/18/1/012173.

J. Peponis, D. Allen, S. French, M. Scoppa, and J. Brown, “Street Connectivity And Urban Density,” Proceedings, 6th International Space Syntax Symposium, İstanbul, 2007, pp. 4.1-4.12, 2007.

A. Widodo, “Studi Tentang Kenyamanan Pejalan Kaki Terhadap Pemanfataan Trotoar Di Jalan Protokol Kota Semarang (Studi Kasus Jalan Pandanaran Semarang),” Jurnal Teknik Sipil & Perencanaan, vol. 15, no. 1, pp. 1–12, 2013, doi: 10.15294/jtsp.v15i1.7109.

M. P. Umum, “Pedoman Umum Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan,” no. 06, 2007.

H. Andi Halim, “Analisa Ruang Publik Koridor Jalan Ratulangi Di Makassar,” LOSARI : Jurnal Arsitektur Kota dan Pemukiman, pp. 29–33, 2016, doi: 10.33096/losari.v1i1.34.

R. E. Santoso, S. R. Sari, and S. Rukayah, “Sirkulasi manusia dan kendaraan pada pedestrian terhadap koneksitas simpang lima semarang,” Jurnal Arsitektur ARCADE, vol. 4, no. 1, p. 35, Mar. 2020, doi: 10.31848/ARCADE.V4I1.321.




DOI: https://doi.org/10.21831/inersia.v17i2.45604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Manisa Edelin Jingga, Lintang Suminar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Publisher:                   Co-Publisher:

Indexed by:
 
  
 

Supported by:
Jurnal Ilmiah Magister Managemen
 

Social Media:


 Online (e-ISSN): 2528-388X  || Printed (p-ISSN): 0216-762X

Lisensi Creative Commons
INERSIA by https://journal.uny.ac.id/index.php/inersia/index was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.