Nilai-nilai pendidikan dalam pertunjukan tari Podang dan implementasinya dalam pembelajaran di sekolah

Gustia Arini Edinon, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tari Podang di Kota Payakumbuh merupakan salah satu tari tradisional yang mengandung nilai-nilai pendidikan. Nilai-nilai itu merupakan wujud dari kehidupan masyarakat Kota Payakumbuh dan cukup penting bagi kehidupan masyarakat. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai key instrument yang dilengkapi dengan panduan observasi dan panduan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wujud dari nilai-nilai pendidikan itu adalah nilai religius, nilai moral, nilai sosial, dan nilai budaya. Nilai-nilai itu diakui dan dilaksanakan hingga saat ini. Pembelajaran seni budaya bidang tari di sekolah tidak hanya membelajarkan keterampilan atau ranah psikomotor saja, tetapi juga mencakup ranah kognitif dan afektif. Nilai-nilai pendidikan yang ada dalam pertunjukan tari Podang tersebut tidak hanya memberikan pengetahuan tentang tari Podang, tetapi juga berpeluang untuk membentuk karakter siswa sesuai dengan karakter kehidupan masayarakat Kota Payakumbuh atau sesuai dengan kearifan lokal masyarakat Kota Payakumbuh.

 

Kata kunci: nilai-nilai pendidikan, pertunjukan tari Podang, pembelajaran tari

 

Educational values in Podang dance performances and their implementation in learning at school

 

Abstract

Podang Dance in Payakumbuh City is one of the traditional dances that contains educational values. These values are a manifestation of the life of the people of Payakumbuh City and are quite important for people's lives. The method in this study uses a qualitative method. The research instrument is the researcher himself as a key instrument which is equipped with an observation guide and an interview guide. The results of the study show that the manifestations of educational values are religious values, moral values, social values, and cultural values. These values are recognized and implemented to this day. Learning arts and culture in the field of dance at school does not only teach skills or psychomotor domains but also includes cognitive and affective domains. The educational values in the Podang dance show not only provide knowledge about Podang dance, but also have the opportunity to shape the character of students according to the character of the life of the people of Payakumbuh City or in accordance with the local wisdom of the people of Payakumbuh City.

 

Keywords: educational values, Podang dance performances, dance lessons


Keywords


Nilai-Nilai Pendidikan, Tari Podang, Pembelajaran Tari

Full Text:

PDF

References


Dasar, D. I. S. (2016). Pembelajaran seni budaya berbasis kearifan lokal dalam upaya membangun pendidikan karakter siswa di sekolah dasar. Ritme, 2(1), 16-25

Gustianingrum, P. W., & Affandi, I. (2016). Memaknai nilai kesenian Kuda Renggong dalam upaya melestarikan budaya daerah di kabupaten Sumedang. Journal of Urban Siciety’s Arts. http://doi.org/10.24821/jousa.v3il.1474

Indrayuda, I. (2017). The domination of female in galombang dance: Between traditional idealism and use to performing arts market. Jurnal Harmonia, 17(2)

Multimed, P., Interaktif, I.A. Jepin, T., Simpang, L., Siswa, B., & Pertama, S. M. (2017). Dwi Oktariani, 2017 Pengembangan Multimedia Interaktif Tari Jepin Langkah Simpang bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia| repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu

Mulya, J. N. B., Kuntjara, A. P., & R. S. (2009). Bab I pendahuluan ِ ه ِ َ ي ي ْ ِ ِ ْ م ن م لو ُ ِّ َّ ي ُ ي َ ه ِ ت َ ي ٌ َ ق ع َْ ه ف ل ْ خ ُ ُ ه َ ل ح ق ِ ب هه ِ للل دل ر َ م ل ذ ِ ِ ِ ن م ِ ل َ ح و ن م ِ م ه ِ ِ ُ ْ ه َ أ ِ ب ا م لل ه ِ َ م ُ ْ م َ لا َ ف ل ً ء َ س َ ْ ه هو د َ ُ ه َ ل د َ ْ س ف. Journal Information, 10(I), 1-16

Nurgiantoro, B. (2005). Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Perkembangan teori belajar dan pembelajaran menuju revolusi sosiokultural Vygotsky. (2003). Dinamika Pendidikan, 10(1)

Yulianti, I. (2015). Pewarisan nilai-nilai budaya masyarakat adat Cikondang dalam pembelajaran sejarah Madrasah Aliyah Al-Hijrah. Jurnal Candrasangkala Pendidikan Sejarah,1(1), 112-133




DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v20i1.47371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by:

       

 Creative Commons License

website statistics View My Stats