Rancangan media pembelajaran seni karawitan jaranan untuk anak SMP
Yoyok Yermiandhoko, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Abstract
Tulisan ini merupakan kajian literatur terkait rancangan media pembelajaran karawitan di sekolah. Isu-isu yang akan dibahas pada tulisan ini diantaranya; pembelajaran seni karawitan, media belajar, dan materi pembelajaran. Metode penelitian menggunakan Research and Development. Adapun pengumpulan data dengan menggunakan data pustaka, membaca dan mencatat, serta mengolah bahan literasi yang terkait dengan isu-isu tersebut. Karena media pembelajaran merupakan salah satu sistem yang berperan penting dalam perkembangan peserta didik untuk meningkatkan pengetahuan yang inovatif dan efektif. Pembahasan ini menekankan pada perancangan sebuah media pembelajaran berupa buku cetak disertai video sebagai sarana pembelajaran pelengkap yang dapat membantu anak-anak di usia SMP dalam mempraktikkan materi seni karawitan.
Kata kunci: media belajar, karawitan, jaranan, anak SMP
The design of jaranan musical art learning media for junior high school children
Abstract
This paper is a literature review related to the design of musical learning media in schools. The issues that will be discussed in this paper include; learning musical arts, learning media, and learning materials. The research method uses Research and Development. The data collection uses library data, reading and taking notes, and processing literacy materials related to these issues. Because the media is one system that plays an important role in the development of students to increase innovative and effective knowledge, this discussion emphasizes the design of learning media in the form of a printed book accompanied by a video as a complementary learning tool that can help children at junior high school age in practicing musical art materials.
Keywords: learning media, karawitan, jaranan, junior high school children
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, A., & Prasetya, J.T. (2005). Strategi belajar mengajar (SBM). Bandung: Pustaka Setia
Bates, A.W. (1995). Technology, Open Learning and Distance Education. London: Routledge
Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Kemp, J.E. & Dayton, D.K. (1985). Planning and producing instructional media. New York: Harper and Row
Latif, Y. (2020). Pendidikan yang berkebudayaan. PT. Gramedia Pustaka Utama
Nata, Abuddin (2011). Perspektif Islam tentang strategi pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, cet. 2
Nisak, D. C. (2019). Kesenian Jaranan Samboyo Putro di dusun Ngetrep desa Kurungrejo kecamatan Prambon kabupaten Nganjuk tahun 1996-2013. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah, 7(3)
Putry, H. M. E. dkk (2020). Video based learning sebagai tren media pembelajaran di era 4.0. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 5(1), 1-24
Sudjana, N. (2009). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sugiono, S. (2009). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Suparlan, H. (2015). Filsafat pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan sumbangannya bagi pendidikan Indonesia. Jurnal Filsafat,25(1), 56-74
Tambak, S. (2014). Metode ceramah: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal Tarbiyah, 21(2), 375-401
Thobroni, M. (2015). Belajar & pembelajaran teori dan praktik. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v20i1.41170
Refbacks
Supervised by
Our Journal has been Indexed by:
View My Stats