Penggunaan Tepung yang Tepat dalam Kegiatan Membatik untuk Meningkatkan Keterampilan Motorist Halus Anak di TK Negeri Pembina Yogyakarta

Era Paraswati, , Indonesia

Abstract



Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tepung yang tepat untuk digunakan
dalam kegiatan membatik dalam rangka meningkatkan keterampilan motorik halus
anak, siswa TK Negeri Pembina Yogyakarta  
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Subjek penelitian ini adalah anak-
anak TK Negeri Pembina Yogyakarta kelompok B5, dengan jumlah total 25 anak.
Teknik pengumpulan data yang digunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan
dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) ada peningkatan respon anak-anak 'saat
melakukan aktivitas batik pada pra tindakan sampai siklus kedua, dan (2) masing-
masing aspek penilaian ini termasuk kategori  tinggi dengan batas nilai lebih besar dari
atau sama dengan 91 atau 91 ≤ X.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan tepung warna-warni dalam
kegiatan batik disukai oleh anak-anak dari kelompok B5 di TK Negeri Pembina
Yogyakarta karena warna yang menarik, yang membuat anak-anak lebih semangat
untuk melakukan aktivitas membatik, dengan demikian, keterampilan motorik halus
akan dilatih dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari respon meningkat pada pra tindakan,
siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil analisis, jumlah respon anak-anak ketika
aktivitas batik dilakukan dalam pra tindakan adalah 315 dan meningkat pada siklus I
dari 442,5 setelah media tepung warna-warni dilakukan, kemudian  meningkat pada
siklus II dengan 485. Dengan demikian, pada saat tindakan respon anak-anak telah
meningkat dibandingkan respone mereka dalam waktu pra tindakan. Dalam waktu pra-
tindakan anak-anak tampak lebih tegang, tidak mandiri, dan cemas ketika kegiatan
membatik dilakukan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v13i1.4049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by:

       

 Creative Commons License

website statistics View My Stats