PEMANFAATAN LAGU ANAK-ANAK SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN KARAKTER PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI PAUD CAHAYA HATI KABUPATEN SOLOK SELATAN

Novi Eka Putri, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Ardipal Ardipal, Universitas Negeri Padang, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemanfaatan lagu anak-anak yang dilakukan
pendidik dalam pengembangan karakter anak usia dini yang berkaitan dengan kurikulum 2013.
Metode penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini berlokasi di PAUD Cahaya
Hati kecamatan Sangir Balai Janggo Kabupaten Solok Selatan. Teknik pengumpulan data yang
dilakukan yaitu: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan
bahwa pemahaman pendidik terhadap konsep pendidikan merupakan salah satu faktor yang
mempengaruhi keberhasilan pembelajaran, sebagian pendidik memandang bahwa pendidikan
hanya merupakan kegiatan untuk menjadikan anak pintar dalam aspek kognitif sedangkan hal
inilah yang perlu pahami bahwa Kurikulum 2013 menitikberatkan perkembangan potensi peserta
didik dari segala aspek. Selanjutnya, ada beberapa permasalahan yang ditemui di sekolah seperti
1) kegiatan bernyanyi masih sangat sedikit yang menaruh perhatian pada lagu-lagu yang langsung
berkaitan dengan pendidikan karakter, 2) lagu hanya dijadikan sebagai penghilang rasa bosan
dan rasa jenuh anak-anak, 3) pendidik mengalami kesulitan dalam pengembangan lagu seperti
mengganti lirik lagu untuk disesuaikan dengan tema yang diajarkan, kegiatan bernyanyi hanya
menjadi pengisi waktu luang atau sekedar menghabiskan waktu secara percuma.

Kata kunci: lagu anak, pendidikan karakter, anak usia dini

UTILIZATION OF CHILDREN SONGS AS CHARACTER DEVELOPMENT MEDIA IN EARLY CHILDHOOD EDUCATION
IN PAUD CAHAYA HATI, SOUTH SOLOK DISTRICT

Abstract
The study aims to identify the utilization of children’s songs performed by educators in the
development of early childhood characters related to the curriculum 2013. It applies the qualitative
descriptive method. It was conducted in Play Group Cahaya Hati Sangir Balai Janggo, South Solok.
The data collection techniques were observation, interview, documentation. Research findings
show that educators’ understanding of educational concepts is one of the factors influencing the
success of learning. Some educators see that education is only an activity to produce students
with good academic records in cognitive aspects. Meanwhile, this is a need to understand that
the 2013 curriculum focuses on the development of potential learners of all aspects. Furthermore,
the problem in singing activities is that there are still very few teachers who pay attention to the
songs pertaining to character education. The song is only used as a relief to boredom and mundane
activities. Children and educators have difficulties in material development, such as replacing
song lyrics relevant to the theme taught. Besides, singing activities are just carried out as the
fillers or just to spend time.

Keywords: nursery rhymes, character education, early childhood


Keywords


Seni Musik; Pendidikan Seni; Musik; Lagu Anak-anak

Full Text:

PDF

References


Ardipal. 2016. Sekitar teori Seni dan Seni musik: Kolerasi Seni dengan Pendidikan dan Sosial Budaya. Padang: Berkah Prima.

Ardipal. 2015. Model Pengembangan Karakter Melalui Pendidikan Seni di Sekolah Dasar. Jurnal Humanus, XIV (1), 17-23.

Astrilia, Wijayanti. 2017. Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Lagu Anak. Surakarta: Universitas Muhammadiyah.

Danim, Budimansyah. 2011. Pendidikan Karakter: Nilai Inti bagi Upaya Pembinaan Kepribadian Bangsa. Bandung: Widya Aksara Press. Depdikbud. 1996. Program Pembentukan perilaku dan Program Pengembangan Kemampuan Dasar. Hamid, A. 2017. Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren: Pelajar dan Santri dalam Era IT & Cyber Culture. Surabaya: IMTIYAZ.

Kurniati, E. 2004. Belajar Bagi Anak Usia Dini Melalui Bermain, Bernyanyi Dan Bercerita. Vol 1 No 1.

Mansur, Muslich. 2011. Pendidikan Karakter. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Martiana, O., Toruan, Lumban, J., & Ardipal. 2013. 1 , 2 , 3. Sendra Tasik, 1(2), 23–30.

Noviyanti, SR & Sutiyono. 2017. Bentuk, Perubahan Fungsi, dan Nilai-niali Edukatif pada Musik Tari Japin Tahlul di Amuntai. Imaji: Jurnal Seni dan Pendidikan Seni, 15(1), 97-112.

Purwanto, S. 2011. Pengembangan Lagu Model Sebagai Media Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini.

Riski, Ananda. 2017. Implementasi Nilai Moral dan Agama Pada Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, I(1).

Sarumpaet, R. K. T., & Eyre, R. 2016. Berpikir Tentang Pembangunan Karakter Anak: Bacaan Anak Indonesia? 1, 1–169.

Sinaga, S. S. 2011. Pemanfaatan Dan Pengembangan Lagu Anak-Anak Dalam Pembelajaran Tematik Pada Pendidikan

Anak Usia Dini/TK. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 10(1). https://doi.org/10.15294/harmonia.v10i1.55.

Solehuddin, M. 2000. Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Bandung: Fakultas Ilmu Pendidikan Indonesia.

Sutiyono. 2013. Penerapan Pendidikan Budi Pekerti Sebagai Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah: Sebuah Fenomena Dan Realitas. Jurnal Pendidikan Karakter, 3, 309-320.

Wardhani, D.N. 2010. Perbedaan Kematangan Emosi Anak Yang Gemar MendengarkanLagu Lirik Dewasa dan Lagu Lirik Anak. Malang: Universitas Negeri Malang.




DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v18i2.30037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by:

       

 Creative Commons License

website statistics View My Stats