EVALUASI KURIKULUM 2014 JURUSAN PENDIDIKAN SENI TARI

Ni Nyoman Seriati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Kuswarsantyo Kuswarsantyo, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Marwanto Marwanto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Rumiwiharsih Rumiwiharsih, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan Penelitian evaluasi kurikulum 2014 Jurusan Pendidikan Seni Tari untuk: (1) Mendeskripsikan hasil evaluasi kurikulum Prodi Pendidikan Seni Tari yang dibutuhkan masyarakat. (2) Mendapatkan data dari alumni/stake hoder mahasiswa untuk mengembangkan konsep kurikulum yang ideal untuk menghasilkan lulusan Prodi Pendidikan Seni Tari yang kompetitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Realisasi dari penelitian ini adalah riset evaluasi yang memiliki arah tujuan untuk memperoleh umpan balik dari hasil kebijakan. Objek penelitian adalah kurikulum 2014 pada Jurusan  Pendidikan Seni Tari yang akan dilihat dari isi kurikulum, sebaran mata kuliah pada setiap semester, dan diskripsi mata kuliah. Subjek penelitian ini berjumlah 30 orang yang terdiri dari  alumni Prodi Pendidikan Seni Tari dan  stake holder15  orang  dan mahasiswa Jurusan Pendidikan seni Tari15 orang. Setting penelitian  ini dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Seni Tari  Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan  melalui FGD pertemuan langsung dengan responden . Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian terhadap evaluasi kurikulum 2014 Prodi Pendidikan Seni Tari mencangkup tiga bidang yaitu: (1) isi kurikulum, (2) sebaran mata kuliah, (3) deskripsi mata kuliah.Uji materi kepada alumni dan stake holder  tentang isi kurikulum  didapatkan hasil bahwa kerikulum perlu ditambahkan mata kuliah  Apresiasi Seni, sementara hasil uji materi dengan  mahasiswa dipandang perlu untuk menambahkan mata kuliah olah tubuh dan koreografi. Uji materi pada sebaran mata kuliah responden dari mahasiswa merekomendasikan untuk menempatan mata kuliah seminar pada semester tujuh. Untuk uji materi tentang deskripsi mata kuliah kepada alumni dan stake holder  diperoleh hasil untuk mencantumkan pendidikan karakter dan nasionalisme mata kuliah PKN, Kewarganegaraan, Agama. Penilaian pada mata kuliah praktik perlu dilengkapi dengan penilaian sikap. Sedangkan dari mahasiswa  diperoleh hasil untuk perlu ditambahkan tentang pengelolaan sanggar mata kuliah kewirausahaan.

Kata Kunci: Evaluasi, kurikulum 2014, Prodi pendidikan Seni tari

 

Curriculum 2014 Evaluation: Dance Education

Abstract

The purposes of this study were to: (1) describe the result of dance art education study program curriculum evaluation needed by the community; (2) get data from stake holders or alumni to develop ideal curriculum concepts to produce competitive dance arts education study program graduates. This was a qualitative study. The realization of this research was evaluation research that has a direction to get feedback from the policy results. The object of the study was curriculum 2014 in the dance art education study program that will be seen from its content, distribution of courses for each semester, and course descriptions. The subjects of the research were 30 people consisting of alumni of the dance arts education study program: 15 stakeholders and 15 students of the department of dance art education study program. Results on the evaluation of curriculum 2014 in dance art education study program consist of 3 fields: (1) the content of the curriculum; (2) course distribution; (3) course description. Material testing on the alumni and stakeholders about the content of the curriculum revealed that art appreciation course should be added in the curriculum; while material testing on the students suggested adding body training and choreography course. Material testing on the students about the course description recommended putting seminar course on the seventh semester. Then, material testing on alumni and stake holders about course description suggested adding character education and nationalism on citizenship education, citizenship, and religion courses. Scoring on practical courses need to be completed with attitude assessment. Nevertheless, material testing on students showed a need to add management of entrepreneurship courses.

Keywords: Evaluation, curriculum 2014, dance art education study program


Full Text:

PDF

References


Apriyanto, Y. dkk. (2008). “Kearifan Lokal dalam Mewujudkan

Pengelolaan Sumberdaya Air yang Berkelanjutan”. Makalah pada PKM IPB, Bogor.

Arikunto,Suharsimi,dkk. 2007. Evaluasi Program Pendidikan.Jakarta:

Bumi Aksara.

Catanese, A. J. & Snyder, J. C. (1991). Pengantar Arsitektur. Jakarta:

Penerbit Erlangga

Ellen, Roy. The Cognitive Geometry of Nature A contextual

Approach, dalam P.Descola and G. Palsson (eds.), Nature and society: Anthropological Perspectives. London: Routledge London. http://lucy.ukc.ac.uk/Rainforest/cog_intro.html, diakses 3 Juni 2007.

Hadi, Samsul,dkk.2011. Metode Riset Evaluasi. Yogyakarta: Lakbang

Grafika.

Keraf, A.S. (2010). Etika Lingkungan Hidup. Jakarta: Penerbit Buku

Kompas.

Kurikulum 2014 berbasis KKNI. Pendidikana Seni Tari,Fakultas

Bahasa danSeni UNY.

Penjamainan Mutu UNY, 2014. Standar Murtu Universitas Negeri

Yogyakarta.Yogyakarta: LPPMP UNY

Ridwan, N.A. (2007). “Landasan Keilmuan KearifanLokal”. Jurnal Studi Islam dan

Budaya. Vol.5, (1), 27-38.

Sumber Internet

http://asrofimuhammad183.blogspot.co.id/2015/07/pentingnya-evaluasi-kurikulum-dalam.html




DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v16i2.22734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by:

       

 Creative Commons License

website statistics View My Stats