UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA MELALUI INTERAKSI KELAS PADA MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN

Hanna Sri Mudjilah, , Indonesia

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan upaya  peningkatan
prestasi belajar mahasiswa melalui interaksi kelas pada mata kuliah
metodologi penelitian pendidikan seni musik. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Tiap-tiap siklus
terbagi dalam 4 tahap yaitu perencanaan, implementasi tindakan, observasi
dan monitoring, serta analisis dan refleksi. Dari kedua siklus ini telah
dilakukan dengan baik. Hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan nilai
hasil belajar mahasiswa yang mengikuti mata kuliah metodologi penelitian
pendidikan seni musik dari rata-rata kelas pada pra siklus 61.289 meningkat
menjadi 66.553 pada akhir siklus 1, terjadi peningkatan prestasi sebesar
5.264 point. Hal ini dirasakan belum mencapai tujuan penelitian. Kemudian
dilanjutkan pada siklus 2 dengan hasil pada akhir siklus 2 yaitu dari rata-rata
akhir siklus 1 (66.553) meningkat pada akhir siklus 2 (76,816), atau terjadi
peningkatan sebesar 10.263 point. Hal ini dirasakan sudah cukup dan telah
mencapai tujuan penelitian. Nilai kelulusan berada di atas 75% dari nilai
kelulusan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v14i2.12175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by:

       

 Creative Commons License

website statistics View My Stats