KIAT MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA MEMALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan latar belakang rendahnya tingkat apresiasi seni
kelas XI APh2 SMK Wiyasa Magelang. Yang menjadi fokus kajian di sini adalah kiat
untuk meningkatkan minat belajar peserta didik melalui pembelajaran seni budaya
dengan mengaplikasikan pembelajaran berbasis ICT. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah metode pembelajaran berbasis ICT ini dapat meningkatkan minat
belajar peserta didik dalam pencapaian batas penguasaan kompetensi dasar Apresiasi
Seni Teater di SMK. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Pengambilan
data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara,
dan angket untuk data analisis kualitatif, serta penilaian hasil ulangan harian sebagai
analisis data kuantitatif. Hasil penelitian bahwa menunjukkan melalui pembelajaran
berbasis ICT terbukti dapat meningkatkan minat belajar peserta didik maupun pencapaian
batas kompetensi dasar pada pembelajaran seni budaya khususnya materi Apresiasi Seni
Teater peserta didik kelas XI APh2 SMK Wiyasa Magelang. Di samping itu
pembelajaran berbasis ICT terbukti dapat menciptakan suasana pembelajaran yang
menyenangkan serta menarik minat peserta didik, sehinga interaksi pembelajaran di kelas
dapat diimplementasikan secara optimal.
kelas XI APh2 SMK Wiyasa Magelang. Yang menjadi fokus kajian di sini adalah kiat
untuk meningkatkan minat belajar peserta didik melalui pembelajaran seni budaya
dengan mengaplikasikan pembelajaran berbasis ICT. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah metode pembelajaran berbasis ICT ini dapat meningkatkan minat
belajar peserta didik dalam pencapaian batas penguasaan kompetensi dasar Apresiasi
Seni Teater di SMK. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Pengambilan
data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara,
dan angket untuk data analisis kualitatif, serta penilaian hasil ulangan harian sebagai
analisis data kuantitatif. Hasil penelitian bahwa menunjukkan melalui pembelajaran
berbasis ICT terbukti dapat meningkatkan minat belajar peserta didik maupun pencapaian
batas kompetensi dasar pada pembelajaran seni budaya khususnya materi Apresiasi Seni
Teater peserta didik kelas XI APh2 SMK Wiyasa Magelang. Di samping itu
pembelajaran berbasis ICT terbukti dapat menciptakan suasana pembelajaran yang
menyenangkan serta menarik minat peserta didik, sehinga interaksi pembelajaran di kelas
dapat diimplementasikan secara optimal.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v14i2.12174
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Supervised by
Our Journal has been Indexed by:
View My Stats