Wacana Kecepatan Perkembangan Teknologi Vision Pro lewat Pandangan Paul Virilio

Tito Ari Pratama, Multimedia Nusantara Polytechnic, Indonesia

Abstract


Perkembangan teknologi virtual reality saat ini semakin pesat dan dikenal oleh masyarakat, salah satu yang cukup potensial adalah Vision Pro. Vision Pro menawarkan teknologi mutakhir sekaligus sebuah tantangan besar yang mengintegrasikan teknologi ini dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia.

Vision Pro, bukanlah sebuah teknologi baru yang biasa dan terhitung mahal oleh masyarakat saat ini. Sebenarnya teknologi semacam ini akan bisa membantu masyarakat dalam segala aktivitas yang mereka lakukan, namun ini bisa menjadi kecepatan perkembangan teknologi yang belum siap diterima oleh masyarakat Indonesia yang cukup latah dalam hal teknologi. Penelitian ini akan berfokus mengenai potensi berkembangnya teknologi VR Vision Pro dan kecepatan teknologi yang berpotensi mempengaruhi masyarakat saat ini.


Keywords


Virtual Reality; Vision Pro; Dromology

References


Abdillah, F., Riyana, C., & Alinawati, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Virtual Reality terhadap Kemampuan Analisis Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Edutechnologia, 2(1), 35–44.

Adam, S., & Syastra, M. T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal, 3(2), 78–90.

Ayu, D. (2023). Virtual Reality (VR) dan Peran Pentingnya dalam Penelitian Ilmiah [Metanesia]. https://metanesia.id/blog/vr-dan-penelitian-ilmiah

Hasbiansyah, O. (2008). Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi. Mediator: Jurnal Komunikasi, 9(1), 163–180. https://doi.org/10.29313/mediator.v9i1.1146

Moore, B. N., & Parker, R. (2009). Critical thinking (9th ed). McGraw-Hill.

Pratama, T. A. (2023). PANDANGAN TERHADAP KETIDAKSADARAN MASYARAKAT MENJADI SEORANG PAKAR DALAM KASUS SEPAKBOLA DI TWITTER. Jurnal Penelitian Humaniora, 1(1). https://doi.org/10.21831/hum.v1i1.52752

Pratama, T. A., & Nugroho, Prof. Dr. H. (2023). Games, Speed Effect dan Dampaknya terhadap Manusia: Dromologi dalam Perkembangan Game Online Mobile MOBA (Multiplayer Online Battle Arena). Jurnal Kawistara, 13(3), 402. https://doi.org/10.22146/kawistara.75218

Pratama, T. A., & Rosita, E. (2023). Implementation of Augmented Reality for Isometric works at Animation Art Exhibition (Animaxtion). Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual, 12–25. https://doi.org/10.31937/ultimart.v16i1.3111

Ritzer, G., & Goodman, D. J. (2003). Teori sosiologi modern (6th ed.). Prenada Media.

Salim, A., & Carolina, S. (2001). Teori dan paradigma penelitian sosial. Tiara Wacana Yogya.

Setiadi, T. (2023). Teknologi Virtual Reality Telah Mengubah Kehidupan [Education]. https://sistem-komputer-s1.stekom.ac.id/informasi/baca/Teknologi-Virtual-Reality-Telah-Mengubah-Kehidupan/6bc37eab421c5b5aef07799938ce48ab6c7aa49e

Setiyawan, R. (2022). Dalam Bayang-Bayang Budaya Populer dan Kuasa Negara (U. Sahal, Ed.). UM Publisher.

Tamara, E. U., Saputra, H., & Sutrisman, A. (2022). Implementasi Teknologi Virtual Reality Pada Media Pembelajaran Animasi 3D. Jurnal Akhir Teknik Komunikasi Politeknik Negeri Sriwijaya, 1(3), 1–10.

Tazid, A. (2022). Memahami Konsep Dromologi Paul Virilio. PANOPTIKON: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora Universitas Darul Ulum Jombang, 2(1), 15–29.

Tjahyadi, S. (2006). Komunikasi, Legitimasi, dan Mediasi: Kritik atas Hegemoni Pemaknaan dalam Ruang Publik. Jurnal Filsafat, 16(3), 322–341.

UNAIR NEWS. (2024). Mengungkap Pengaruh Apple Vision Pro pada Pasar Persaingan Teknologi. https://unair.ac.id/mengungkap-pengaruh-apple-vision-pro-pada-pasar-persaingan-teknologi/




DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v29i2.72706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 1412-4009 || e-ISSN: 2528-6722

Indexed by:

      

  


Creative Commons License
Jurnal Penelitian Humaniora by http://journal.uny.ac.id/index.php/humaniora is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View Journal Stats

 

Flag Counter