ANALISIS PROFIL USAHA KECIL DAN MENENGAH DI KABUPATEN BANTUL
Nahiyah Jaidi Faraz, FE UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data yang relatif baru dan lengkap mengenai profil usaha kecil dan menengah di Kabupaten Bantul serta menentukan strategi pengembangan dan pembinaan usaha kecil dan menengah. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Penelitian dipusatkan pada 3 Kecamatan di Kabupaten Bantul yaitu Kecamatan Pundong, Bantul dan Sedayu. Di tiga kecamatan tersebut terdapat 1530
Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang dijadikan populasi dalam penelitian ini. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan stratified proportionate random sampling. Jumlah sampel ditentukan 10% dari seluruh populasi yaitu sebanyak
153 UKM. Teknik pengambilan data dengan menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis dengan pendekatan SWOT. Masalah utama yang dihadapi UKM adalah produksi dan lingkungan eksternal. Hal ini tampak dari persepsi responden yang cenderung negatif terhadap kemampuan produksi dan tantangan lingkungan eksternal. Sedangkan faktor internal lain seperti pemasaran, SDM dan keuangan dipersepsi sedang. Jika dianalisis dengan menggunakan pendekatan SWOT situasi ini berada dalam Kuadran IV. Strategi yang dapat ditempuh adalah diversifikasi produk dan usaha patungan (joint venture). Berkaca dari hasil penelitian ini, peneliti menyarankan Pemerintah Daerah mengembangkan kegiatan pembinaan UKM yang berorientasi pada produksi dan akses pada lingkungan eksternal untuk melakukan mobilisasi potensi UKM. Selanjutnya, UKM juga diarahkan melakukan diversifikasi dan usaha patungan untuk memperkuat potensi internalFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/hum.v18i1.3131
Refbacks
- There are currently no refbacks.
p-ISSN: 1412-4009 || e-ISSN: 2528-6722
Indexed by:
Jurnal Penelitian Humaniora by http://journal.uny.ac.id/index.php/humaniora is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.