HUBUNGAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN INTENSITAS MENONTON SINETRON BERTEMA KEKERASAN TERHADAP PERILAKU AGRESIF SISWA

Satria Jaya Sabekti, Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia
Kamsih Astuti, Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konformitas teman sebaya dan intensitas menonton sinetron bertema kekerasan dengan perilaku agresif siswa. Sampel penelitian berjumlah 62 siswa SMA SI Kota Jambi. Pengumpulan data menggunakan skala konformitas teman sebaya, skala intensitas menonton sinetron bertema kekerasan dan skala perilaku agresi. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara konformitas teman sebaya dengan perilaku agresi pada pelajar. Ada hubungan positif antara intensitas menonton sinetron bertema kekerasan dengan perilaku agresi pada pelajar. Secara bersama-sama ada hubungan positif antara konformitas teman sebaya dan intensitas menonton sinetron bertema kekerasan dengan perilaku agresi pada pelajar. Sumbangan efektif dari konformitas teman sebaya dan intensitas menonton sinetron bertema kekerasan dengan perilaku agresi pelajar sebesar 21,7 %, sedangkan sumbangan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini sebesar 78,3%. Variabel lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini antara lain pengaruh lingkungan sosial, pengaruh budaya, pengaruh keluarga, pengaruh pengalaman individu, dan pengaruh kepercayaan diri.

RELATIONSHIP OF PEER CONFORMITY AND INTENSITY OF WATCHING THE VIOLENT SOAP OPERAS WITH STUDENTS’ AGGRESSIVE BEHAVIOR

This study aims to determine the relationship of peer conformity and intensity of watching violence theme soap operas with student aggression behavior. The research samples consisted of 62 SI high school students in Jambi City. Data collection process made use of peer conformity scale, intensity scale of watching soap operas with violence themes, and aggressive behavior scale. The data were then analyzed by using the product moment correlation analysis and multiple linear regression analysis. The results revealed that there was a positive correlation between peer conformity and students’ aggressive behavior with a correlation coefficient value of ¬0.278 (p <0.05). There was a positive relationship between the intensity of watching violence theme soap operas with the students’ aggressive behavior with a correlation coefficient of 0.401 (p <0.05). Together there was a positive correlation between peer conformity and intensity of watching violence theme soap operas with the students’ aggressive behavior based on an R value of 0.466 (p <0.05). The effective contribution of the peer conformity and the intensity of watching the opera with the students’ aggressive behavior was 21.7%, while the extraneous variables contributed to 78.3%. The extraneous variables included the influence of the social environment, cultural influences, family influences, the influence of individual experiences, and the influence of self-confidence.


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara  konformitas teman sebaya dan intensitas menonton sinetron bertema kekerasan dengan perilaku agresi pelajar. Sampel penelitian berjumlah 62 pelajar SMA SI Kota Jambi. Pengumpulan data menggunakan skala konformitas teman sebaya, skala intensitas menonton sinetron bertema kekerasan dan skala perilau agresi. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif  antara konformitas teman sebaya dengan perilaku agresi pada pelajar dengan nilai koefisien korelasi sebesar ­0,278 (p<0,05). Ada hubungan positif antara intensitas menonton sinetron bertema kekerasan dengan  perilaku agresi pada pelajar dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,401 (p<0,05). Secara bersama-sama ada hubungan positif antara konformitas teman sebaya dan intensitas menonton sinetron bertema kekerasan dengan perilaku agresi pada pelajar yang berdasarkan nilai R sebesar 0,466 (p<0,05). Sumbangan efektif dari konformitas teman sebaya dan intensitas menonton sinetron bertema kekerasan dengan perilaku agresi pelajar sebesar 21,7 %, sedangkan sumbangan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini sebesar 78,3%. Variabel lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini antara lain pengaruh lingkungan sosial, pengaruh budaya, pengaruh keluarga, pengaruh pengalaman individu, dan pengaruh kepercayaan diri.

Keywords


konformitas, sinetron, perilaku agresi.

References


Ajzen, I. (2010). Belief, attitude, intention and behavior. New York: Open University Pers.

Badan Pusat Statistik. (2010). Statistik Indonesia tahun 2010. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Bandura, A. (2002). Self efficacy-the exercise of control(5thed.). New York: W.H. Freeman & Company.

Bushman, B. J., & Anderson, C. A. (2001). Is it time to pull the plug on the hostile versus instrumental aggression dichotomy? Psychological Review, 108(1), 273-279. doi: 10.1037//0033-295X.108.1.273.

Cipto & Kuncoro, J. (2011). Harga diri dan konformitas terhadap kelompok dengan perilaku minum minuman. Proyeksi, 5(1), 75-85.

Eysenck, H. J. (2005). Dimensions of personality. New York: Cambridge University Press.

Hall, C. S.,& Lindsey, G. (1993). Psikologi kepribadian I teori-teori psikodinamik (Klinis). Yogyakarta: Kanisius.

Hidayat, H.(2013). Profil siswa agresif dan peranan guru BK. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1).

Rahmat, J. (2003). Psikologi komunikasi. Bandung: Rosdakarya.

Reber, A. S., & Reber, E. S. (2010). Kamus psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rogge, T.M. (1996). Fungicidal and insecticidal activity of O-acyl chitosan derivatives.Polymer Bulletin, 54, 279-289.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taylor, S. E., Peplau, L.A. & Sears, D.O. (2009). Psikologi sosial(ed. kedua belas). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Zebua,& Nurdjayadi. (2001). Studi konformitas dan kematangan remaja terhadap motivasi belajar (Tesis tidak diterbitkan). UI, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v24i1.24319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




p-ISSN: 1412-4009 || e-ISSN: 2528-6722

Indexed by:

      

  


Creative Commons License
Jurnal Penelitian Humaniora by http://journal.uny.ac.id/index.php/humaniora is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View Journal Stats

 

Flag Counter