Implementasi metode Suggestopedia dalam pembelajaran Bahasa Arab pada Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta

Syafiqul Lathif, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode Suggestopedia dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk menuju pembelajaran yang lebih baik dan efektif. Hal ini dimaksudkan agar dapat segera tercapai keberhasilan pembelajaran secara optimal. Penelitian ini menggunakan library research dan tinjauan deskriptif untuk menganalisis metode Suggestopedia dalam pembelajaran Bahasa Arab. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa rancangan pembelajaran Bahasa Arab menggunakan metode Suggestopedia. Dengan rancangan ini diharapkan dapat memudahkan para siswa untuk semakin gemar belajar dan berkomunikasi dengan Bahasa Arab, baik dalam keterampilan menyimak (Maharat al-istima’), keterampilan berbicara (Maharat al-kalam), keterampilan membaca (Maharat al-qiraah) dan keterampilan menulis (Maharat al-kitabah)

This study aims to describe the Suggestopedia method in Arabic learning, aiming for better and more effective learning. This was sought to effectively achieve the required learning goals. This study used library research and descriptive reviews to analyze the Suggestopedia method for learning Arabic. The results obtained from this study were in the form of an Arabic learning design using the Suggestopedia method. With this design, it is hoped that it eases students into learning and communicating in Arabic, both in listening skills (Maharat al-istima'), speaking skills (Maharat al-kalam), reading skills (Maharat al-qiraah) and writing skills. (Maharat al-Kitabah).



Keywords


Metode, Suggestopedia, bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


عبد العزيز العصيلي، طرائق تدريس اللغة العربية للناطقين بلغات أخرى (الرياض: فهرسة مكتبة الملك فهد الوطنية أثناء النشر)، 2002.

Arsyad, Azhar, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya; Beberapa Pokok Pikiran, Ujung Pandang: Fakultas Tarbiyah IAIN Alauddin, 1997.

Drajat, Zakiah, dkk., Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1996.

Fahrurrozi, Aziz dan Erta Mahyudin, Pembelajaran Bahasa Arab, Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama RI, 2012.

Fauziya dan Hasan Saefuloh, Pengaruh Penggunaan Metode Suggestopedia Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Jamblang, Jurnal El-Ibtikar, Volume 7, Nomor 01, Juni 2018.

Hafidah, Metode Pembelajaran Bahasa Arab Komunikatif, Jurnal Forum Tarbiyah, Vol. 10, No. 02, Desember 2012.

Katsir, Ibnu, Tafsir Alquran al-Adhim, Riyadh: Dar Thibah, 1999.

KMA Nomor 183 Tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab pada Madrasah tahun 2019.

Madjidi, Busyairi, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Yogyakarta: Sumbangsih Offset, 1994.

Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2014.

Richards, Jack C. and Theodore S. Rodgers, Approaches and Methods in Language Teaching, Cet. XI, Cambridge: University of Cambridge, 1995.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2011.

Yusuf, Tayar dan Syaiful Anwar, Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab, Jakarta: Rajawali, 1994.




DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v23i1.35788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Syafiqul Lathif

Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by

    


Creative Commons License
Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum by http://journal.uny.ac.id/index.php/humanika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats