Dampak Bantuan Operasional Sekolah di MTs Nurul Yaqin Praya dan MTs Al-Ittihadiyah NW Sepakat
Suyanto Suyanto, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak Bantuan Operasional Sekolah (BOS) terhadap tantangan kemandirian Madrasah Tsanawiyah Nurul Yaqin Praya dan Madrasah Tsanawiyah Al-Ittihadiyah Nahdlatul Wathan (NW) Sepakat Lombok Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus. Subyek penelitian adalah pengelola yayasan, kepala madrasah, guru, bendahara BOS, komite madrasah, orangtua siswa, siswa dan Tim Manajemen BOS Kementrian Agama Kabupaten Lombok Tengah. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengadaptasi Model Spiral Analisis yang dikembangkan Creswell meliputi mengorganisasikan data, membaca dan membuat memo, mendeskripsikan, mengklasifikasikan, dan menafsirkan data menjadi kode dan tema, menafsirkan data, menyajikan data, dan memvisualisasikan data. Hasil penelitian ini adalah pada awal berdirinya madrasah merupakan institusi pendidikan yang tumbuh dan berkembang dari dan oleh masyarakat. Segala kebutuhan madrasah berasal dari masyarakat mulai dari biaya pembangunan gedung, biaya operasional dan lainnya berasal dari swadaya masyarakat. Namun keadaan berbeda setelah adanya BOS. Bantuan Operasional Sekolah dijadikan sumber utama pemenuhan biaya nonpersonalia madrasah, tidak ada usaha dari pengelola madrasah dalam mendapatkan tambahan biaya nonpersonalia. Hal ini menyebabkan segala aktivitas pembelajaran dapat berjalan apabila dana BOS dicairkan.
Abstract
This study aims to reveal the impact of School Operational Assistance (SOA) on the challenge of independence of Madrasah Tsanawiyah Nurul Yaqin Praya and Madrasah Tsanawiyah Al-Ittihadiyah Nahdlatul Wathan (NW) Sepakat. The approach used in this study is a qualitative case study. The research subject the foundation managers, headmasters, teachers, treasurers SOA, school committee, parents, student, SOA management team in the central Lombok Ministry of Religion. The data were collected through observation, interviews and documentation. The data analysis was carried out by adapting the Spiral Model of analysis developed by Creswell including organizing data, reading and creating memo, describing, classifying, and interpreting the data into code and themes, interpreting data, presenting data and visualizing data. The results of this study are at the beginning of the establishment of the madrasa was an educational institution that grew and developed from and by the community. But the situation is different after the SOA. School Operational Assistance is used as the main source of madrasa nonpersonal cost. There is no effort from the madrasa manager to obtain additional nonpersonal cost. This causes all learning activities to run if the SOA funds are disbursed.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alma, B., & Hurriyati, R. (2008). Manajemen corporate dan strategi pemasaran jasa pendidikan fokus pada mutu dan layanan prima. Bandung: Alfabeta
Bhawa, G. A. S, Haris, I. A., & Made Artana, M. P. (2014) Efektivitas pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada Sekolah Dasar di Kecamatan Sukasada. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1). doi:http://dx.doi.org/10.23887/jjpe.v4i1.4118
Creswell, J. W. (2014). Penelitian kualitatif & desain riset memilih di antara lima pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ferdi, W. P. (2013). Pembiayaan pendidikan: Suatu kajian teoritis. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 19(4), 565-578.
Hafidh, Z., & Badrudin, B. (2018). Pesantren kemandirian perekonomian: Studi tentang kewirausahaan di Pondok Pesantren Ar-Risalah Cijantung IV Ciamis. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 257-267. doi:https://doi.org/10.14421/manageria.2018.32-03
Ismanto, B. (2014). Public participation in budgeting management school in salatiga of central java province, Indonesia. Proceedings Book of ICESTSR 2014, Malaysia.
Jack, H (2015). Optimalisasi anggaran pendapatan dan biaya sekolah: Kajian di Sekolah Kota Banda Aceh. Jurnal Pencerahan, 9(2), 83-93. doi:https://doi.org/10.13170/jp.9.2.2878
Kharisma, B. (2013). Dampak program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) terhadap tingkat putus sekolah di Indonesia: Analisis DID. Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan, 6(1), 7-15.
Kementrian Agama Republik Indonesia. (2015). Petunjuk teknis pelaksanaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Pondok Pesantren Salafiyah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.
Kementrian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 69 tahun 2009 tentang Standar Operasi Nonpersonalia.
Lindawati, M. L., & Suyanto, S. (2015). Peran Koperasi Sekolah dalam meningkatkan sikap kewirausahaan siswa SMK Negeri 1Wonogiri. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(2), 170-180. doi:https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i2.7668
Muhammadi, N., Cairil, S., & Yahya, M. (2015). The madrasah leadership, teacher performance and learning culture to improve quality at Madrasah Tsanawiyah Negeri Jakarta. Journal of Management and Sustainability, 5(2), 129-145. doi:https://doi.org/10.5539/jms.v5n2p129
Mitchell, D. E., Crowson R. L., & Shipps, D. (2011). Shaping education policy power and process. New York: Routledge.
Novelsyah, M., & Sudibyo, Y. A. (2011). Penatausahaan keuangan Bantuan Operasional Sekolah. Yogyakarta: Lembah Manah.
Nata, A. (2013). Kapita selekta pendidikan Islam isu-isu kontemporer tentang pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Organisation for Economic Co-operation and Development. (2012). How management and funding relate. doi:https: // doi .org /10. 1787/ 9789264175006-en
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 161 Tahun 2014 tentang petunjuk teknis penggunaan dan pertanggungjawaban keuangan Dana Bantuan Operasional Sekolah tahun Anggaran 2015.
Presiden Republik Indonesia. (1945). Undang-Undang dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Presiden Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Purnama, B. J. (2016). Optimalisasi manajemen Sumber Daya Manusia dalam upaya peningkatan mutu sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(2), 27-36.
Purwanti, S. (2013). Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja guru dan pegawai di SMA Bakti Sejahtera Kecamatan Kongbeng Kabupaten Kutai Timur. Journal Administrasi Negara, 1(1), 210-224.
Putra, G. R. N. (2016). Politik pendidikan liberalisasi Pendidikan Tinggi di Indonesia dan India. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Rubin, A., & Babbie, E. (2009). Essential research methods for social work. USA: Brooks/Cole.
Rahayu, S., Ludigdo, U., Irianto, G., & Nurkholis, N. (2015). Budgeting of School Operational Assistance Fund based on the value of gotong royong. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 211, 364–369. doi:https:// doi. org/ 10. 1016/j.sbspro.2015.11.047
Rosyada, D. (2017). Madrasah dan profesionalisme guru dalam arus dinamika pendidikan di era otonomi daerah. Depok: Kencana.
Sulfiati, F., Alam, A. S., & Irwan, A. L. (2010). Akuntabilitas pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam penyelenggaraan pendidikan di Kabupaten Sinjai. None, 3(2), 113-122.
Saharudin, I. (2011). Bantuan Operasional Sekolah: Konsistensi mandat, keberlanjutan, dan akuntabilitas. Retrieved from www.pattiro.org
Saptari, Y. U. (2015). Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan keterandalan laporan keuangan pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) (Unpublished doctoral dissertation), Universitas Sebelas Maret, Jawa Tengah.
Sari, S., & Sukirno, S. (2017). Peningkatan intensi berwirausaha siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 29-38. doi:https://doi.org/10.21831/hsjpi.v4i1.9744
Setiyati, S. (2014). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi Kerja, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(2), 200-206. doi:https://doi.org/10.21831/jptk.v22i2.8931
Suhardi, D., & Hadiyanto, H. (2012). Perjalanan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) 2005-2012 mencegah drop out, meningkatkan kualitas pendidikan dasar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Sukarti, S., & Wibowo, U. B. (2013). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMK Negeri di Kabupaten Sleman. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 1(2), 269-284. doi:https://doi.org/10.21831/amp.v1i2.2399
Sulisworo, D. (2016). The contribution of the education system quality to improve the nation’s competitiveness of Indonesia. Journal of Education and Learning, 10(2), 127-138.
Supriyadi, U. D. (2016). Pelaksanaan BOS dan minat masyarakat mengikuti pendidikan dasar gratis. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(1), 79-85. doi:https://dx.doi.org/10.17977/jip.v17i1.2623
Yuliana, R., Widayati, W., & Taufiq, A. (2015). Evaluasi pelaksanaan kebijakan gratis pada jenjang Sekolah Menengah di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal of Politic and Government Studies, 4(3), 261-270.
Yi, P. (2015). Do school accountability and autonomy affect pisa achievement? Evidence from South Korea. KEDI Journal of Education Policy, 12(2), 197-223.
Yudhanti, R. (2012). Kebijakan hukum pemenuhan hak konstitusional warga atas pendidikan dasar. Pandecta: Research Law Journal, 7(1). doi:https://doi.org/10.15294/pandecta.v7i1.2360
Zulfa, U. (2013). Membangun Madrasah bermutu melalui praktik manajemen pembiayaan pendidikan berbasis potensi umat (Sebuah alternatif model pembiayaan pendidikan di Indonesia). Jurnal kependidikan, 1(1), 12-23. doi:https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.529
Widyatmoko, S., & Suyatmini, S. (2017). Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah di SD N Kemasan I Surakarta. Manajemen Pendidikan, 12(3), 153-160. doi:https://doi.org/10.23917/jmp.v12i3.5528
DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i2.9845
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
Printed ISSN (p-ISSN): 2356-1807 | Online ISSN (e-ISSN): 2460-7916
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0