PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA, PERGAULAN TEMAN SEBAYA, MEDIA TELEVISI TERHADAP KARAKTER SISWA SMP
Aman Aman, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pola asuh orang tua, pergaulan teman sebaya, media televisi terhadap karakter siswa SMP Negeri 25 Purworejo tahun 2014/2015. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini digolongkan dalam penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 25 Purworejo. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik simplerandom sampling. Sampel berjumlah 100 yang diambil dari kelas VII dan VIII dan dipilih dengan cara acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik angket atau questioner dan observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik inferensial dengan bantuan program SPSS versi 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pola asuh orang tua memberikan pengaruh sebesar 16,30 % terhadap karakter siswa SMP Negeri 25 Purworejo. (2) Pergaulan teman sebaya memberikan pengaruh sebesar 70,04 % terhadap karakter siswa SMP Negeri 25 Purworejo. (3) Media televisi memberikan pengaruh sebesar 24,60 % terhadap karakter siswa SMP Negeri 25 Purworejo. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh pergaulan teman sebaya lebih dominan dalam karakter siswa SMP Negeri 25 Purworejo dibandingan pengaruh pola asuh orang tua dan media televisi.
THE EFFECTS OF PARENTING STYLE, SOCIAL PEERS, AND TELEVISION ON STUDENTS’ CHARACTEROF JUNIOR HIGH SCHOOL
Abstract
This research aims to know and analize the effect of parenting, social peers, television on students’ character of Junior High School 25 in Purworejo in the Academic Year of 2014-2015.This is a quantitative research with correlation study. The population of this study is all students of State Junior High School 25 in Purworejo. The sample of this study was taken using simple random sampling. The sample was 100 students from VII (second year) and VIII (third year) classes and was taken at random. The data collection used questionnaires and observation. The data analysis of this study used inferensial statistic analysis using SPSS 16.0 version.The result of this study shows (1) parenting style gives great influence (16.3%%) on students’s character of State Junior High School 25 in Purworejo. (2) social peers give influence 70.04% on students’s character of State Junior High School 25 in Purworejo. (3) Television gives influence 24.60% on students’s character of State Junior High School 25 in Purworejo. This result shows that social peers influence more dominantly in students’s character of State Junior High School 25 in Purworejo than parenting style and television.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i2.8011
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
Printed ISSN (p-ISSN): 2356-1807 | Online ISSN (e-ISSN): 2460-7916
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0