EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK
Gustin Gustin,
Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) PPs UNY, Indonesia Suharno Suharno,
Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pemahaman pembelajaran; (2) pelaksanaan pembelajaran; (3) penilaian hasil dan tindak lanjut; (4) kendala-kendala dalam pembelajaran; (5) cara mengatasi kendala dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan pendekatan saintifik di SMP Negeri 8 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan desain model evaluasi countenance stake serta menggunakan pendekatan mixed methods secara sequential exploratory. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemahaman guru PPKn tentang pendekatan saintifik sangat baik berdasarkan persentase 66,66% pada kategori sangat tinggi; (2) pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik di SMP Negeri 8 Yogyakarta sangat baik berdasarkan persentase 74,92% pada kategori sangat tinggi; (3) pelaksanaan penilaian hasil dan tindak lanjut pembelajaran PPKn di SMP Negeri 8 Yogyakarta dikategorikan sangat baik; berdasarkan persentase 66,66% pada kategori sangat tinggi; (4) kendala pembelajaran dengan pendekatan saintifik tidak banyak ditemukan dalam pelaksanaannya; (5) upaya-upaya yang dilakukan guru dalam pembelajaran dengan pendekatan saintifik sudah baik.