Pengaruh motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru IPS bersertifikat pendidik

Febry Adi Nugroho, , Indonesia
Marzuki Marzuki, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru IPS bersertifikat pendidik di SMP Kabupaten Magelang secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Penelitian ini adalah penelitian ex-postfacto. Teknik analisis data menggunakan uji penaruh dengan regresi sederhana dan regresi ganda dengan sampel sebanyak 80 guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru; dan (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi kerja dan kepepmimpinan kepala sekolah terhadap secara bersama-sama  terhadap kinerja guru. Kuatnya kontribusi X1, dan X2 terhadap Y teramati dari besarnya koefisien regresi R=0,884 dan p<0,05 atau memberikan sumbangan efektif 88,4% terhadap kinerja guru IPS bersertifikat pendidik di Kabupaten Magelang.

 

Abstract

This research aims to know the influence of work motivation and the headmaster’s leadership of the teacher’s performances of the Magelang Regency separately and simultaneously. This research is ex-post facto. Data analysis techniques using the test of influence with simple regression and multiple regression with a sample of 80 teachers. The results of this research show that (1) there are positive and significant impacts of work motivation on teacher’s performances; (2) there are positive and significant effects of headmaster’s leadership on teacher’s performances; dan (3) there are positive and significant effects of work motivation and headmaster’s leadership simultaneously teacher’s performances. The contribution of X1and X2 contribution on Y observed by the regression coefficient was 0.884 and p<0.05 or giving effective contribution as much as 88,4% toward the teacher’s performances of Social Studies Teachers Holding Teacher Certificates in Magelang Regency.


Keywords


Motivasi; kepemimpinan; kinerja; motivations; leadership; performance

Full Text:

PDF

References


Arista, O. (2014). Komitmen guru sertifikasi dalam melaksanakan tugas mengajar di Sekolah Menengah Atas Negeri Kecamatan Pauh Padang. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 542-549.

Bowers, M. B. (2008). The impact of teacher characteristics on teacher performance and student achievement: a judgment study of principals and superintendents (Unpublished doctoral dissertation). The Faculty of the Curry School of Education, University of Virginia, United States.

Gusman, H. E. (2014). Hubungan gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru di SMP N Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 293-301.

Hausman, C., & Galloway, A. (2010, January). Teacher attitudes regarding what should be included in a performance pay model by school and teacher background. Conference: University Council for Educational Administration’s Convention, New Orleans.

Holis, M. N., Komriayah, S., & Purbangkoro, M. (2017). Pengaruh tingkat kecerdasan emosional dan karakteristik individu terhadap kinerja melalui kepuasan kerja guru SMA Negeri 1 Rogojampi. Jurnal Penelitian IPTEKS, 2(1). doi:http://dx.doi.org/10.32528/ipteks.v2i1.557

Ibrahim, B. (2012). Peningkatan mutu pembelajaran dengan penggunaan RPP berbasis KTSP oleh guru sejarah yang telah disertifikasi di SMA Negeri 5 Pekanbaru. Lentera: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Budaya dan Sosial, 1(5), 9-20.

Jajal, F., & Supriadi, D. (2001). Reformasi pendidikan. Jakarta: Adicita Karya Nusa.

Kaufman, E. K., Rateau, R. J., Ellis, K. C., Kasperbauer, H. J., & Stacklin, L. R. (2010). Leadership program planning: Assessing the needs and interests of the agricultural community. Journal of leadership education, 9(6), 79-82.

Kurniawati, A. (2013). Analisis kompetensi pedagogik guru matematika SMP Negeri di Malang. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 1-8.

Munby, S. (2009). School leadership today. London: National College Publishing.

Oktavia, R. (2014). Kompetensi kewirausahaan kepala sekolah pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 596-605.

Rahman, T. M., Martono, T., & Murtini, W. (2015). Eksperimentasi model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) berbantuan internet terhadap prestasi belajar ekonomi siswa ditinjau dari motivasi belajar siswa MA Bany Khozin Jember Tahun Ajaran 2013-2014.

Ramadhoan, R., Jufri, J., & Jama’ah, J. (2019). Pengaruh motivasi kerja, kompetensi guru, manajemen sekolah, dan pendidikan-pelatihan terhadap kinerja guru. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2(1), 228-237.

Rusman, R. (2011). Manajemen kurikulum. Bandung: Mulia Mandiri Press.

Satriadi, D. (2016). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Benefita: Ekonomi Pembangunan, Manajemen Bisnis dan Akuntansi, 1(3), 123-133. doi:http://doi.org/10.22216/jbe.v1i3.874

Satyawan, M. P., Sumadi, S., & Ambarita, A. (2016). Kompetensi manajerial kepala SMK N 1 Terbanggi Besar Lampung Tengah. Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan, 4(4).

Suciati, S., Irwan, I., & Wardani, W. (1996). Teori motivasi dan penerapannya dalam proses belajar mengajar (ARCS-Model). Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sugiyono, S. (2009). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono, S. (2004). Pengaruh pembinaan kepala sekolah, motivasi kerja, dan pengalaman diklat terhadap kinerja guru dalam pembelajaran bahasa Madura di SDN Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan Madura. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 6(1), 125-138. doi:http://doi.org/10.21831/pep.v6i1.2044

Wahjosumidjo, W. (2002). Kepemimpinan kepala sekolah tinjauan teoritis dan permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada.

Yanti, Y. E., Susilo, H., Amin, M., & Hastuti, U. S. (2019). Studi awal motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) pada mata kuliah konsep dasar IPA. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 2(2), 63-70. doi:http://doi.org/10.33603/.v2i2.2200




DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i2.5571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

Supervised by:

RJI Main logo


Printed ISSN (p-ISSN): 2356-1807 | Online ISSN (e-ISSN): 2460-7916

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View Harmoni Sosial Stats