PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK DI SMP
Muhsinatun Siasah Masruri,
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII.1 SMPN 1 Unter Iwes sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII.1 SMPN 2 Sumbawa sebagai kelompok kontrol. Data diperoleh dengan: (1) tes, untuk mengukur pemahaman peserta didik terhadap konsep IPS, dan (2) angket dengan skala likert, untuk menggolongkan peserta didik dengan minat IPS dan non IPS. Untuk validasi empiris, instrumen diujicobakan pada siswa kelas VIII-4 dan VIII-6 SMP Negeri 1 Unter Iwes Sumbawa dengan hasil 46 butir angket yang valid dari 75 butir, dan untuk soal tes hasil belajar, terdapat 30 butir yang valid dari 40 butir soal. Data dianalisis menggunakan analisis variansi dua jalan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi pembelajaran peta konseplebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPS yang komprehensif dari pada strategi ceramah (dengan rataan 76,47 > 68,69; Fo= 8,84; a 0,05); (2) hasil belajar peserta didik dengan minat IPS lebih tinggi dibandingkan hasil belajar peserta didik minat non IPS (dengan rataan 73,59 > 72,10; Fo = 7,09; a 0,05); dan (3) terdapat interaksi pengaruh antara strategi pembelajaran dan minat terhadap hasil belajar dengan (Fo = 12,98; pada a 0,05). Dengan demikian strategi peta konsep lebih efektif daripada strategi ceramah untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Oleh karena itu peta konsep dapat digunakan sebagai pembelajaran IPS untuk mencapai hasil belajar, terutama pada siswa yang minat IPS.
Kata Kunci: peta konsep, minat dan hasil belajar
Full Text:
PDF 204-212DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v1i2.2441
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2014 Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
Printed ISSN (p-ISSN): 2356-1807 | Online ISSN (e-ISSN): 2460-7916
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0