PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL KOOPERATIF TGT DI SMPN 1 SECANG
Tri Hartiti Retnowati,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar IPS peserta didik kelas VIII E SMP Negeri 1 Secang melalui model pembelajaran kooperatif TGT dengan variasi permainan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) menggunakan desain Kemmis & Taggart. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan terhadap keterampilan sosial dan hasil belajar IPS setelah diterapkan model kooperatif TGT dengan variasi permainan. Peningkatan keterampilan sosial dapat dibuktikan bahwa sebelum tindakan rata-rata keterampilan sosial 46,88, setelah akhir Siklus 1 rata-rata keterampilan sosial peserta didik meningkat menjadi 72,66, setelah akhir Siklus 2 meningkat lagi menjadi menjadi 80,78. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dibuktikan dari prosentase ketuntasan klasikal dari kondisi awal hanya 40,62% , menjadi 78,12% di akhir siklus I dan akhir siklus II meningkat lagi menjadi 87,5%.
Kata Kunci : Keterampilan sosial, hasil belajar, model kooperatif TGT, variasi permainan
Full Text:
PDF 165-178DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v1i2.2438
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2014 Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
Printed ISSN (p-ISSN): 2356-1807 | Online ISSN (e-ISSN): 2460-7916
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0