Perbedaan metode inkuiri model pair checks dengan metode ceramah dalam meningkatan hasil dan motivasi belajar
Endang Mulyani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perbedaan efektivitas metode Inkuiri dipadu model Pair Checks dengan metode Ceramah untuk peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran ekonomi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X IPS 4 sebagai kelas control dengan menggunakan metode inkuiri dipadu model Pair Checks, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Data diperoleh melalui Pre test dan Post test, serta dari pengisian angket motivasi. Data penelitian ini dianalisa dengan menggunakan uji ANOVA. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: metode Inkuiri dipadu model Pair Checks tidak lebih efektif dibanding metode Ceramah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi dengan topik Koperasi Indonesia, metode Inkuiri dipadu model Pair Checks tidak lebih efektif dibanding metode Ceramah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran ekonomi dengan topik Koperasi Indonesia.
Kata kunci: metode inkuiri dipadu model pair checks, hasil belajar, motivasi belajar
DIFFERENCES OF THE INQUIRY METHOD WITH PAIR CHECKS WITH LECTURE METHOD IN INCREASING THE LEARNING OUTCOMES AND MOTIVATION
Abstract
The study aims to reveal the difference in the efectiveness of the Inquiry method combined with Pair Checks with lecture method in increasing student’s learning outcomes and student’s economics learning motivation. The research approach was quantitative. The subjects were grade X 2 IPS as experimental class and grade X IPS 4 as the control class. The control class was taught using the inquiry method combined with Pair Checks mode, while the experimental class was taught using the lecture method. The data were obtained through the pretest and posttest, as well as a motivation questionnaire. The research data were analyzed by using the ANOVA test. The research results are as follows: the Inquiry method combined with Pair Checks mode is not more effective than the Lecture method in improving student's learning outcomes in economics on Koperasi Indonesia topic, the Inquiry method combined with Pair Checks mode is not more effective than the Lecture method in increasing the motivation of students in learning economics in Koperasi Indonesia topic.
Keywords: inquiry combined pair checks model, the results of study, the motivation of learning
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ackerman, D. S dan Jing, H. (2014). Effect of Type of Curricullum on Educational Outcomes and Motivation among Marketing Student with Different Learning Styles. USA: California State University.
Djamarah, S. B. (2005). Guru dan anak didik dalam interaktif edukatif: suatu pendekatan teoretis psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2005). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Joyce, B. R. (2002). Student achievement through staff development. (3rd Ed.). USA:Association for Supervision and Curriculum Development
Junaidi. (2009). Keefektifan model pembelajaran kreatif-produktif dalam meningkatkan prestasi belajar IPS peserta didik kelasV di MI Miftahul Ulum Bengkak Wongsorejo Banyuwangi. Thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Kamboj, P & Sushil, S. (2015). Effectiveness of selected teaching strategies in relation to the learning styles of secondary school students in India. Interchange, 46, 289-312.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Modul pelatihan implementasi Kurikulum 2013. Jakarta
Lassonde, C.A. (2009). Collaboratoin for profesional learning, facilitating study, research, and inquiry communities. San Fransisco: Jossey Bass.
Limba, A. (2004). Pengembangan model pembelajaran latihan inkuiri untuk meningkatkan keterampilan proses sains, penggunaan konsep dan semangat berkreativitas siswa SLTP pada konsep perpindahan kalor . Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.
Lumpkin, A., Anchen, R., & Dodd, R. (2015). Focusing Teaching on Students: Examining Student Perceptions of Learning Strategies. Quest, 67, 352-366.
Mushafanah, Q. (2011). Keefektifan model inkuiri ditinjau dari sikap sosial siswa dalam pembelajaran IPS siswa SMP di Kabupaten Banjarnegara. Thesis, tidak diterbitkan Universitas Negeri Yogyakarta
Presiden Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. (2005).
Sari, G. P., Herkulana, & Rosyid, (2015). Efektivitas model pembelajaran pair-checks terhadap keterampilan siswa pada mata pelajaran Akuntansi di SMKN. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(9).
Sudjana, N. (2009). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Ormrod, J.E. (2003). Educational psychology developing learners. (4th Ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education
Sadiman, A. S, Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2012). Media pendidikan, pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sardiman, A.M. (2007). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sarwono, Sarlito W. (2007). Psikologi Remaja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Mims, C. (2012). Instructional technology & media for learning.(9th Ed.). (A. Rahman, Trans). Jakarta: Kencana.
Wisastro, K. P. (1998). Pengajaran remedial. Jakarta: Rineka Cipta.DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v5i2.13039
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
Printed ISSN (p-ISSN): 2356-1807 | Online ISSN (e-ISSN): 2460-7916
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0