Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran PPKn
Mukhamad Murdinono, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap: (1) keterampilan berpikir kritis dan (2) hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA Negeri 3 Lumajang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian, adalah sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA Negeri 3 Lumajang pada Kompetensi Dasar menganalisis indikator ancaman terhadap negara dalam membangun integrasi nasional dengan Bhineka Tunggal Ika. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA Negeri 3 Lumajang pada Kompetensi Dasar menganalisis indikator ancaman terhadap negara dalam membangun integrasi nasional dengan Bhineka Tunggal Ika.
Kata kunci: inkuiri, keterampilan berpikir kritis, hasil belajar.
THE INFLUENCE OF INQUIRY LEARNING MODEL ON CRITICAL THINKING SKILLS AND STUDENT LEARNING OUTCOMES IN PPKn LEARNING
Abstract
This research aims to determine the effect of inquiry model on: (1) critical thinking skills and (2) learning outcomes in learning civic education of thr students of SMA Negeri 3 Lumajang. This research is a quasi experiment. The data were collected through observation and test.the data were analyzed by using the t-test. The result of this research are as follows. (1) There is a significant effect of inquiry model in critical thinking skill in learning civic education of the students of SMA Negeri 3 Lumajang on the basic competence “analyze indicators of threats to the country in building national integration with unity in diversity”. (2) There is a significant effect of inquiry model on the learning outcomes in learning civic education of the students of SMA Negeri 3 Lumajang on basic the competence “analyze indicators of threats to the country in building national integration with unity in diversity”.
Keywords: inquiry, critical thinking skills, outcomes
Keywords
Full Text:
Fulltext PDFReferences
Hamdayama, J. (2014). Model dan metode pembelajaran kreatif dan berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ibrahim. (2012). Pengaruh metode inkuri dan pemberian tugas terhadap aktivitas dan pemahaman konsep sains siswa kelas VII SMP Negeri 1 Telu Kabupaten Sumbawa-NTB. Tesis Magister, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta
Newby, T.J., Stepich, D.A., Lehman, J.D., et al. (2000). Inteructional Technology for Teaching and Learning. New Jersy: Prentice Hall, Inc.
Purwanto. 2014. Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Puskur. 2010. Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa. Jakarta: Puskur Balitbang Kementerian Pendidikan Nasional.
Samsuri. (September 2013). Paradigma pendidikan kewarganegaraan dalam Kurikulum 2013. In Kuliah Umum Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. FKIP Universitas Ahmad Dahlan.
Samsuri. (2006). Pembentukan warga negara demokratis dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. PKn Progresif, 1(1).
Shoimin, A. (2014). 68 Model pembelajaran inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Silalahi, R. (2011). Kontribusi model pembelajaran kontekstual tipe inkuiri dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidika Kewarganegaraan. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khusus(2).DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v4i2.10020
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
Printed ISSN (p-ISSN): 2356-1807 | Online ISSN (e-ISSN): 2460-7916
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0