PENERAPAN SEAMLESS TUCKS PADA BUSANA PESTA WANITA DAN PRIA DENGAN TEMA THE GRAY HOLE

Indarti Indarti, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Aprillia Anggi Wati Putri, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui proses pembuatan dan hasil jadi semless tucks pada busana pesta wanita dan pria dengan tema the gray hole. Metode yang digunakan adalah three stage design process (LaBat & Sokolowski, 1999), yang terdiri dari 3 tahapan yaitu problem definition & research, creative exploration, dan implementation. Dari hasil yang diperoleh, seamless tucks bisa digunakan sebagai detail busana pesta baik untuk wanita maupun pria. Proses pembuatan seamless tucks  menggunakan jahitan tangan (tusuk jelujur) dengan mengikuti pola yang telah digambar atau dijiplak pada permukaan kain. Adanya lipatan kain yang dijahit dalam membentuk seamless tucks, maka diperlukan penambahan lebar dan panjang kain, untuk motif yang penuh diperlukan dua kali panjang dan lebar kain. Hasil jadi pada busana wanita sesuai dengan konsep perancangan antara lain menggunakan siluet H, penerapan seamless tucks berbentuk lingkaran menyerupai lubang pori-pori pada batu apung diterapkan pada keseluruhan permukaan cape dan menjadi center of interest dari keseluruhan look pada gaun pesta. Hasil jadi pada busana pria sesuai dengan konsep perancangan yaitu menggunakan siluet busana formal yang klasik berupa setelan jas (suit). Penerapan seamless tucks berbentuk lingkaran diterapkan pada kelepak kerah (peak lapel) dan kelepak saku. Hasil jadi busana secara keseluruhan telah memenuhi beberapa kriteria prinsip desain.

Keywords


seamless tucks; fashion design project; proses desain; pinsip desain

Full Text:

PDF

References


Jones, S. J. (2005). Fashion design. Laurence King Publishing.

Latter, C., Phau, I., & Marchegiani, C. (2010). The roles of consumers need for uniqueness and status consumption in haute couture luxury brands. Journal of Global Fashion Marketing, 1(4), 206-214.

Singer, R. (2013). Fabric Manipulation. F+ W Media.

Wolff, C. (1996). The art of manipulating fabric. Chilton Book Co.

Citra Tiarasiwi, M. E. G. A. (2015). Pengaruh Ukuran Tucking dan Jarak Antar Tucking Terhadap Hasil Jadi Manipulating Fabric Smocked Tucks Pada Dress. Jurnal Tata Busana, 4(3).

Cahyanti, A. (2015). Pengaruh Ukuran Lebar Lipatan Terhadap Hasil Jadi Undulating Tucks Pada Rok Suai Berbahan Denim. Jurnal Tata Busana, 4(3).

Savitri, A., & Hidayati, L. (2019). Penerapan Lebar Tucking Terhadap Hasil Jadi Bubble Tucks Menggunakan Bahan Denim Pada Blus. Jurnal Tata Busana, 8(3).

LaBat, K. L., & Sokolowski, S. L. (1999). A three-stage design process applied to an industry-university textile product design project. Clothing and Textiles Research Journal, 17(1), 11-20.

Easey, M. (Ed.). (2009). Fashion marketing. John Wiley & Sons.

Kotler, P. (2010). Marketing Management: The Millenium Edition, Phipe Prentice Hall.

Wahyudi, H. (2013). Segmentasi Pasar Berdasarkan Demografi Terhadap Produk Mobil Nissan Pada Pt. Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Aspelund, K. (2014). The design process. Bloomsbury Publishing.

Calderin, J. (2011). Fashion design essentials: 100 principles of fashion design. Rockport Publishers.

Seivewright, S. (2012). Basics fashion design 01: Research and design (Vol. 1). A&C Black.

Richard, S., & Jenny, U. (2006). The Fundamental of Fashion Design.

Geost, Flysh. 2016. Jenis, Asal, dan Kegunaan Batu Apung (Pumice). https://www.geologinesia.com/2016/05/jenis-asal-dan-kegunaan-batu-apung.html. Diakses 8 Juli 2019.

Monica, M., & Luzar, L. C. (2011). Efek Warna dalam Dunia Desain dan Periklanan. Humaniora, 2(2), 1084-1096.

Afreynasari, A. J., Cardiah, T., & Hardiansyah, M. N. (2019). Perancangan Interior Sekolah Tinggi Multi Media Bandung. eProceedings of Art & Design, 6(2).

Mazza, C., & Alvarez, J. L. (2000). Haute couture and prêt-à-porter: the popular press and the diffusion of management practices. Organization Studies, 21(3), 567-588.

Fu, K. K., Yang, M. C., & Wood, K. L. (2015, August). Design principles: The foundation of design. In ASME 2015 international design engineering technical conferences and computers and information in engineering conference. American Society of Mechanical Engineers Digital Collection.




DOI: https://doi.org/10.21831/hej.v4i2.31113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indarti Indarti, Aprillia Anggi Wati Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

index by 

 

Creative Commons License

Home Economic Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Home Economics Journal Stats