EXTRA BIJI BUAH PARE (MOMORDICA CHARANTIA) DAN SARI KACANG KEDELAI UNTUK MINUMAN TAMBAHAN DALAM MENINGKATKAN IMUNITAS PENDERITA HIV

Rizky Kukuh Meidyrianto,

Abstract


Jurnal ini bertujuan untuk 1) menghasilkan resep minuman alternative untuk menambah imun penderita HIV, 2) Pemanfaatan bahan pangan local untuk dikembangkan menjadi minuman alternative penderita HIV. Jenis penelitian yang digunakan dalam pembuatan produk ini yaitu R&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Dissemination). Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah: 1) Resep yang tepat dalam pembuatan susu madu peria adalah dengan menambahkan 100 gr dari total 500 ml air dengan presentase penerimaan atau uji kesukaan produk susu madu peria adalah 80% dengan sifat keseluruhan baik. 2) Minuman ini memiliki zat gizi yang baik untuk menambah imunitas penderita HIV aktif karena mengandung protein MAP30 (Momordica Antiviral Protein 30) yang terdapat dapa sari pare yang ada didalam minuman ini. 3) Minuman ini ialah sebagai jamu alternative selain dengan menggunakan terapi arv untuk penderita HIV aktif.

Full Text:

PDF

References


Dewi, Fitri Electrika. dan Efendi “Pengaruh Ekstrak Jus Segar dan Rebusan Pare (Momordica charantia L.) Terhadap Tikus Diabetes” E-jurnal Agroindustri Vol. 2 No. 1, Maret 2012: 28-33 : Universitas Bengkulu.

Hernawati ‘’Potensi Buah Pare (Momordicha charantia L.) Sebagai Herbal Antifertilitas’’ Artikel : Universitas Pendidikan Indonesia.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2013 “Angka Kecukupan Gizi yang dianjurkan bagi Bangsa Indonesia” Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2015.“Manfaat Buah Pare untuk Kesehatan dan Kecantikan” artikel kesehatan dipublikasi pada 26 November 2015. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Rospitaria, Almina, DKK. “Pengaruh Pengetahuan, Sikap dan Dukungan Keluarga Terhadap Diet Hipertensi Di Desa Hulu Kecamatan Pancur Batu Tahun 2016” E-jurnal Kesehatan Vol 11 No 1 Tahun 2018 : Universitas Sumatra Utara.

Riyadi, Nur. DKK. “Mengangkat potensi pare (Momordica charantia) menjadi produk pangan olahan sebagai upaya diversifikasi” E-jurnal PROS SEM NAS MASY BIODIV INDON 1 (5): 1167-1172, Agustus 2015.

Widyanto, MT. Dkk. “Potensi Jus Buah Pare (Momordica charantia L.) Sebagai Penghambat Hemoglobin Terglikasi In Vitro” E-Jurnal Berkala Kedokteran Vol 11. No. 1 Feb 2015: 141-147

Yulia, Mareta, dan Kismanto“Kabar Gembira Untuk Penderita HIV/AIDS Dari Pahitnya Bitter Melon (Pare)” E-jurnal KesMaDaSka - Juli 2013 : STIKes Kusuma Husada Surakarta




DOI: https://doi.org/10.21831/hej.v3i2.24684

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rizky Kukuh Meidyrianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

index by 

Creative Commons License

Home Economic Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Home Economics Journal Stats