Peningkatan Self-Directed Learning Readiness Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Fotografi Dasar Melalui Flipped Classroom Dan Ict
Athika Dwi Wiji Utami, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo, Indonesia
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Lesson Study berbasis Classroom Action Research. Kegiatan Lesson Study mencakup 3 tahap kegiatan dalam satu siklus yaitu Plan, Do, dan See selama 3 siklus yang melibatkan dua dosen observer. Hasil Lesson Study menunjukkan bahwa pelaksanaan Lesson Study selama 3 siklus ini, antara lain : (1) Suasana perkuliahan menjadi “lebih hidup” ditunjukkan oleh meningkatnya keaktifan belajar mahasiswa selama 3 siklus tersebut; (2) Penerapan Flipped classroom meningkatkan kesiapan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan, yang dapat dilihat dari adanya peningkatan keaktifan dan kesiapan mahasiswa pada setiap siklusnya saat berada pada sesi tanya jawab dan diskusi kelompok; (3) Terjadi perubahan pola pembelajaran dosen berupa semakin mengurangi penggunaan ceramah dan menambah variasi metode serta penggunaan media; (4) Semua dosen yang terlibat baik dosen model maupun dosen observer ada kecenderungan semakin bisa bekerja sama dengan teman sejawat ,semakin terbuka dalam mengemukakan kekurangan, dan semakin berkeinginan untuk selalu meningkatkan kualitas pembelajarannya; dan (5) Tanggapan mahasiswa terhadap penerapan flipped classroom berbantu ICT terhadap kemandirian mahasiswa pada perkuliahan Fotografi Dasar adalah positif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
“Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0 Bagi Perguruan Tinggi Indonesia,” May 15, 2018. [Online]. Available: https://www.quipper.com/id/blog/quipper-campus/campus-info/revolusi-industri-4-0/.
I. Ahmad and D. Jenderal, “Proses Pembelajaran Digital dalam Era Revolusi Industri 4.0,” pp. 1–13, 2018.
“Flipped Classroom ‘Membalik’ Model Pembelajaran Tradisional,” August 2, 2013. [Online]. Available: http://guraru.org/info/flipped-classroom-membalik-model-pembelajaran-tradisional/.
T. Dalgleish et al., “Self-Directed Learning with ICT : Theory, Practice, and Assessment,” J. Exp. Psychol. Gen., vol. 136, no. 1, pp. 23–42, 2007.
J. M. Read, “Training and Developing Self-directed Learning Through Menitoring, Coaching other Developmental Activities and Opportunities.,” 2000
DOI: https://doi.org/10.21831/hej.v2i2.23274
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Putra Uji Deva Satrio, Athika Dwi Wiji Utami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
index by
Home Economic Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Home Economics Journal Stats