Pengembangan Tas Siaga Bencana Berbasis Kearifan Lokal Yogyakarta Sebagai Upaya Membangun Kesiapsiagaan Bencana Bagi Masyarakat

Laila Fatmawati, Department of Elementary School Education, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Indonesia
Vera Yuli Erviana, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
Dholina Inang Pambudi, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi adanya potensi ancaman bencana dan kerentanan tinggi di  wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kesiapsiagaan bencana, masih perlu dikembangkan tas siaga bencana berbasis kearifan lokal Yogyakarta sebagai upaya membangun kesiapsiagaan bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) untuk mengembangkan tas siaga bencana (Tasina) berbasis kearifan local Yogyakarta, 2) untuk menganalisis kualitas pengembangan tas siaga bencana (Tasina) berbasis kearifan lokal Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian dan  pengembangan (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahun pertama hanya meliputi 3 tahap yaitu analysis, design, dan development. Prototype tas siaga bencana (TASINA) telah dikembangkan dengan kualitas sangat baik. Perlu ada perbaikan di beberapa bagian TASINA dan penambahan kelengkapan isi TASINA yang membantu dalam bertahan hidup selama belum adanya bantuan datang.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/gm.v20i2.47118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Laila Fatmawati, Vera Yuli Erviana, Dholina Inang Pambudi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Supervised by:

 

Geomedia: Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian indexing by
  

Creative Commons License
Geo Media: Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/geomedia.

 

 View My Stats