Analisis Temporal Perubahan Garis Pantai Kedung Celeng Kabupaten Malang Tahun 1995-2021 Menggunakan Metode MNDWI (Modified Normalized Difference Water Index)

ghairandi al abrar, Universitas Negeri Malang, Indonesia
mohammad rendra maghandi, Universitas Negeri Malang, Indonesia
muhammad hanif hasbulloh, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Nina Nila Ziyana Cholidah, Universitas Negeri Malang, Indonesia
ferryati masithoh, Universitas Negeri Malang, Indonesia

Abstract


Garis Pantai akan mengalami perubahan karena berbagai faktor, penelitian ini dilakukan di Pantai Kefung Celeng Kabupaten Malang dengan tujuan untuk untuk mengetahui perubahan garis pantai di Pantai Kedung Celeng  dalam kurun waktu 30 tahun terakhir, serta untuk mengatahui faktor serta dampak yang terjadi akibat perubahan garis pantai di Pantai Kedung Celeng. Data yang digunakan pada peneltian ini adalah data primer dan skunder, data primer diperoleh degan melakukan survei lapangan secara terstris dan data skunder diperoleh dari citra satelit Landsat pada tahun 1995, 2005, 2015, dan 2021. Pengolahan citra dilakukan dengan menggunakan metode MNDWI (Modified Normalized Difference Water Index). Perhitungan MNDWI akan menghasilkan tiga hasil yaitu nilai positif air lebih besar daripada di NDWI karena menyerap lebih banyak cahaya SWIR daripada cahaya NIR. Hasil dari penelitian ini adalah Sekitar tahun 2000 hingga 2005 proses perubahan angin, arus laut kearah timur, membuahkan abrasi tebing bagian barat dan pengikisan karang pantai yang membuahkan garis pantainya berubah, bagian barat lebih menjorok dan bagian timur terdapat sedimentasi pasir, pada tahun 2015 telah mengalami banyak perubahan karena berbagai fenomena alam yang terjadi terus menerus, dan pada tahun 2021 garis pantai tidak terlalu jauh bebeda dari tahun 2015, namun terjadi sedimentasi pada bagian tengah pantai sehingga membuahkan kawasan pantai ini cenderung mengalami periubahan pada bagian tengah saja.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/gm.v20i2.46217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 ghairandi al abrar, mohammad rendra maghandi, muhammad hanif hasbulloh, Nina Nila Ziyana Cholidah, ferryati masithoh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Supervised by:

 

Geomedia: Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian indexing by
  

Creative Commons License
Geo Media: Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/geomedia.

 

 View My Stats