URGENSI DIMENSI FAKTOR GEOGRAFIS DALAM PENENTUAN KEBIJAKAN KOMUNIKASI DAN INFORMASI

Bambang Syaeful Hadi,

Abstract


Perkembangan dalam segala aspek kehidupan manusia mendorong pendekatan multidisipliner dan perkawinan antar cabang ilmu, diantara adalah Geografi Komunikasi sebagai hasil perpaduan Geografi dan Ilmu Komunikasi. Diantara faktor yang mempengaruhi karakteristik komunikasi, yang dikaji dalam geografi komunikasi adalah aspek-aspek geografis kaitannya dengan karakteristik komunikasi dan tingkah laku keruangan. Faktor geografis merupakan salah satu hal yang perlu dipertimbangkan dalam pembuatan kebijakan karena pembangunan fasilitas komunikasi dan upaya komunikasi bertujuan untuk pencapaian kesejahteraan akan tidak efektif. Faktor tersebut diantaranya: kedekatan dengan pusat-pusat kota, persebaran pusat-pusat kegiatan manusia, jarak dari pusat-pusat pelayanan masyarakat (kesehatan, pendidikan), aksesibilitas wilayah atau rute jalan, mobilitas penduduk, interaksi dengan wilayah lain. Kerangka kebijakan informasi perlu mempertimbangkan tiga trand, yakni : pertama, perkembangan industri informasi yang sangat pesat. Kedua, penggunaan yang lebih luas dimana informasi merupakan sumber bagi pemerintahan, dunia pendidikan maupun lembaga lainnya. Ketiga, penggunaan informasi oleh warga masyarakat untuk meningkat kehidupan atau kesejahteraan.

 

Kata kunci : faktor geografis, kebijakan, komunikasi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/gm.v5i1.14209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 GEOMEDIA



 Supervised by:

 

Geomedia: Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian indexing by
  

Creative Commons License
Geo Media: Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/geomedia.

 

 View My Stats