Sekolah Ramah Anak Dalam Teori Belajar Humanistik Perspektif Psikologi Pendidikan Islam
Wantini Wantini, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
Abstract
Akhir-akhir ini, anak-anak sering menjadi korban kekerasan di sekolah. Sekolah seharusnya menjadi lingkungan yang aman dan nyaman bagi anak sehingga potensi yang terdapat dalam diri anak dapat dikembangkan. Selain itu, guru yang menggunakan slogan sekolah ramah anak nyatanya belum mengimplementasikan sekolah ramah anak. Proses pembelajaran masih berpusat pada guru dengan gaya belajar, metode strategi, model yang sesuai dengan potensi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sekolah ramah anak dalam perspektif teori belajar humanistik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan library research. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa terdapat hubungan antara konsep sekolah ramah anak dengan teori belajar humanistik. Hal ini berdasarkan hasil dari kesamaan antara konsep sekolah ramah anak dengan teori belajar humanistik yang menitikberatkan pada pengembangan potensi siswa dan proses pembelajaran yang berpusat pada siswa. Kedua konsep ini sama-sama menitikberatkan pada memanusiakan manusia dengan menggunakan metode dan model pembelajaran yang ramah anak sehingga dapat mengoptimalkan potensi siswa.
Kata kunci: sekolah ramah anak, teori belajar humanistik
Full Text:
PDFReferences
Afnibar. (2017). Child-Friendly School in Region Perspective and the Role of Counseling Services. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 2(2), 27.
Amrullah, M., & Hikmah, K. (2019). Pendidikan Ramah Anak Dalam Standar Nasional Pendidikan Indonesia [Child Friendly Education in Indonesia’s National Education Standards]. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 8(1), 1–2.
Anonim. (2012). Motivasi Guru: Teori Hierarki Kebutuhan. Retrieved from Jodenmot: A great Jodenmot on WordPress.com site website: https://jodenmot.wordpress.com/2012/12/30/motivasi-guru-teori-hierarki-kebutuhan/
Arbayah. (2013). Model Pembelajaran Humanistik. Dinamika Ilmu, 13(2), 204–220.
Armedyatama, F. (2021). Teori Belajar Humanistik dan Implikasinya dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. An-Nuha: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 13.
Azis, A. (2017). Humanisme Dalam Pendidikan Islam: Konsepsi Pendidikan Ramah Anak. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 5(1).
Baharun, H., Wibowo, A., & Hasanah, S. N. (2021). Kepemimpinan Perempuan dalam Menciptakan Sekolah Ramah Anak. Quality: Journal of Empirical Research in Islamic Education, 9(1), 89.
Damanik, H., & Pakpahan, S. P. (2017). Menyiapkan Bahan Ajar Sekolah Ramah Anak. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 74.
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 5.
Devi, A. D. (2021). Implementasi Teori Belajar Humanisme dalam Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam. At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Kebudayaan, 8(1), 72–73.
Dewi, V. K., Sunarsi, D., & Khoiri, A. (2021). Pendidikan Ramah Anak. Surabaya: Cipta Media Nusantara.
Dinata, F. R. (2021). Pembelajaran Humanistik Dalam Mendorong Pengembangan Afeksi. Al I‟tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 48–57.
Dzakiyyah, F. (2017). Jenis Penelitian.
Ekawati, M., & Yarni, N. (2019a). Teori Belajar Berdasarkan Aliran Psikologi Humanistik Dan Implikasinya Pada Proses Pembelajaran. JurnalReview Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 267.
Ekawati, M., & Yarni, N. (2019b). Teori Belajar Berdasarkan Aliran Psikologi Humanistik Danimplikasi Pada Proses Belajar Pembelajaran. JurnalReview Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 266–269.
Evanirosa, & et al. (2022). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Bandung: Media Sains Indonesia.
Fahmi, A. (2021). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Visionary (VIS), 6(1), 34.
Fai. (2022). Teori Belajar dan Penerapannya dalam Pembelajaran. Retrieved March 23, 2023, from Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara website: https://umsu.ac.id/teori-belajar-dan-penerapannya-dalam-pembelajaran/
Fauziati, E. (n.d.). Child Friendly School: Principles and Practices. The First International Conference on Child - Friendly Education, 98–99.
Hair, M. A., & Atnawi. (2022). Paradigma Pembelajaran Humanisme Perspektif Carl R. Rogers Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran PAI. AHSANA MEDIA: Jurnal Pemikiran, Pendidikan Dan Penelitian Ke-Islaman, 1(1), 14.
Helaluddin, & Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori dan Praktik. Buku Elektronik: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Hidayat, W. (2020). Psikologi Humanistik Dalam Pembelajaran PAI. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 193.
Inayati, I. N., & Trianingsih, R. (2019). Relevansi Pendekatan Pembelajaran Tematik Integratif di SD/MI Dengan Konsep Madrasah/Sekolah Ramah Anak. TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam, 3(2), 140.
Insani, F. D. (2019). Teori Belajar Humanistik Abraham Maslow Dan Carl Rogers Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. As-Salam, 8(2), 212.
Kholifah, W. T. (2020). Upaya Guru Mengembangkan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Ramah Anak. Jurnal Pendidikan dan Konseling: Research & Learning in Primary Education, 2(1), 115–120.
Kholis, N. (2014). Paradigma Pendidikan Islam Dalam Undang-Undang SISDIKNAS 2003. Jurnal Kependidikan, 2(1), 75.
Labaso’, S., & Hestiana, R. (2021). Pengembangan Teori Pembelajaran Humanisme menurut Jurgen Habermas serta Relevansinya Dalam Pendidikan Islam. ECIE Journal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 32–37.
Nasution, H. A., & Suyadi. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Humanistik dengan Pendekatan Active Learning di SDN Nugopuro Gowok. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(1).
Nurjan, S. (2016). Psikologi Belajar. Ponorogo: CV. Wade Group.
Purswell, K. E. (2019). Humanistic Learning Theory in Counselor Education. The Professional Counselor, 9(4), 358–368.
Putri, A. D. S., & Budiman, M. A. (2019). Bullying Analysis in SDN Pandean Lamper 02 Kota Semarang. 4th National Seminar on Educational Innovation (SNIP 2019), 2(1), 226–231.
Putri, E. I. E. (2018). Humanis dalam Mendidik (Analisis Terapan Aliran Psikologi Humanistik). Tarbiyatuna, 2(2), 54.
Qodir, A. (2017). Teori Belajar Humanistik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogik, 4(2), 193.
Rohman, A. (2018). Inisiasi Kebijakan Menuju Penguatan Pendidikan Humanis-Religius. Foundasia, 9(1), 65–76.
Saija, L. M. (2020). Analisis Terhadap Gaya Belajar Siswa Sekolah Menengah Di Bandung. Jurnal Padegogik, 3(1), 57–70.
Saputri, S. (2022). Pentingnya Menerapkan Teori Belajar Humanistik dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Jenjang Sekolah Dasar. EduBase : Journal of Basic Education, 3(1).
SIMFONI-PPA. (2022). SIMFONI-PPA. Retrieved April 24, 2022, from https://kekerasan.kemenpppa.go.id/ringkasan
Siswoyo, D., Rukiyati, & Hendrowibowo, L. (2020). Nilai-nilai dan Metode Pendidikan Karakter di Taman Kanak-kanak di Banjarmasin. Foundasia, 11(1), 15–23.
Sudirjo, E. (2010). Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Konsep Sekolah Ramah Anak. EduHumaniora:Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 5–6.
Sukardi, M. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sulaiman, S., & S, N. (2021). Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Humanistik Serta Implikasinya Dalam Proses Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 223–224.
Sumantri, B. A., & Ahmad, N. (2019). Teori Belajar Humanistik dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 4.
Usman, I. (n.d.). Perilaku Bullying Ditinjau Dari Peran Kelompok Teman Sebaya Dan Iklim Sekolah Pada Siswa SMA Di Kota Gorontalo. Https://Repository.Ung.Ac.Id › Get › Simlit_res. Retrieved from https://repository.ung.ac.id/get/simlit_res/1/245/Perilaku-Bulliying-Ditinjau-Dari-Peran-Kelompok-Teman-Sebaya-dan-Iklim-Sekolah-Pada-Siswa-SMA-di-Kota-Gorontalo.pdf
Wuryandani, W., Fathurrohman, & Anwar Senen, H. (2018). Implementasi Pemenuhan Hak Anak Melalui Sekolah Ramah Anak. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 87.
Yosada, K. R., & Kurniati, A. (2019). Menciptakan Sekolah Ramah Anak. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 5(2), 152–153.
Yuliandri, M. (2017). Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar Berdasarkan Paradigma Teori Belajar Humanistik. Journal of Moral and Civic Education, 1(2), 103–109.
Yuyun, Zarkasih, & Sapriati, A. (2022). Implementasi Program Sekolah Ramah AnakDi Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Marpoyan DamaiKota Pekanbaru. JPBD, 6(2), 11.
DOI: https://doi.org/10.21831/foundasia.v14i1.57680
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.