Pelatihan aplikasi model peminatan untuk meningkatkan pemahaman layanan peminatan bagi Guru Bimbingan dan Konseling SMA di Kabupaten Kulonprogo
Agus Triyanto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Septinda Rima Dewanti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ariyadi Warsito, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Salma Salsabila Hasna, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Fenny Kartika, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman Guru Bimbingan dan Konseling dalam melaksanakan peminatan siswa SMA. Khalayak sasaran dari kegiatan ini adalah Guru Bimbingan dan Konseling SMA dengan jumlah 23 Guru Bimbingan dan Konseling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Kegiatan pelatihan ini menggunakan teknik penugasan mandiri yang diawali dengan seminar dan diskusi tentang peminatan, penyusunan rencana layanan peminatan, praktik memberikan layanan peminatan dan diakhiri dengan case conference hasil peminatan berdasarkan model peminatan Siswa SMA. Alat ukur yang digunakan untuk mengetahui keefektifan teknik tersebut adalah dengan skala penilaian pelatihan peminatan Siswa SMA yang digunakan pretes dan post test. Hasil pelaksanaan kegiatan pelatihan peminatan Siswa SMA bagi Guru BK SMA menunjukkan peningkatan yang dilihat dari rata-rata skor pre-test sebesar 17,48 dan skor rata-rata post test sebesar 27,00 Dengan demikian terdapat peningkatan 9,53 poin. Berdasarkan hal tersebut dapat dikatakan pelatihan aplikasi model peminatan dapat meningkatkan pemahaman mengenai layanan peminatan Siswa SMA.
Full Text:
44-51 PDFReferences
Akhmadi, A. (2015). Peminatan dalam Implementasi Layanan Bimbingan dan Konseling di Madrasah. Jurnal Diklat Keagamaan.
Cahyono, T. (2019). Layanan Peminatan: Konsep dan Realita. Konvensi Nasional Bimbingan Dan Konseling XXI, 82–88.
Gysbers, N. C., & Henderson, P. (2014). Developing and Managing Your School Guidance and Counseling Program. John Wiley & Sons.
Hartono, J. E., Setiawan, A., & Adjarwirawan, J. (2016). Pembuatan Aplikasi Pemilihan Karir dan Peminatan Bakat Melalui Tes Psikologi Self Directed Search dengan Metode Dempster Shafer. Jurnal Infra, 4(2), 61–67.
Hatch, T., & Chen-Hayes, S. F. (2008). School Counselor Beliefs about ASCA National Model School Counseling Program Components Using the SCPCS. Professional School Counseling, 12(1), 2156759X0801200104.
Heriyanti, H. (2016). Program Pelatihan Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Konselor di Sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan. https://doi.org/10.17509/jpp.v13i2.3422
Kamaluddin, H. (2011). Bimbingan dan Konseling Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(4), 447–454.
Kamaruzzaman, K. (2017). Analisis Faktor Penghambat Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(2), 229–242.
Kemendikbud. (2013). Pedoman Peminatan Peserta Didik. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2018). Permendikbud No. 36 Tahun 2018. Jakarta
Khofifah, A., Sano, A., & Syukur, Y. (2017). Permasalahan yang Disampaikan Siswa Kepada Guru BK /konselor. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1), 45–52.
Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan Dan Konseling Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud RI.
Pyne, J. R. (2011). Comprehensive School Counseling Programs, Job Satisfaction, and The ASCA National Model. Professional School Counseling, 15(2), 2156759X1101500202.
Renninger, K. A., & Hidi, S. (2015). The Power of Interest for Motivation and Engagement. Routledge.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta
Susilowati, P. (2008). Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi. Diakses Pada Tanggal, 1 Januari 2021.
Utama, M., Prasetya, K., & Widjaja, A. (2018). Pengembangan Aplikasi Penunjang Uji Pemilihan Program Studi di Universitas Pelita Harapan. Proceeding Seminar Nasional Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi, 1(1), 37–42.
Zamroni, E., Sugiharto, D. Y. P., & Tadjri, I. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat keputusan Karir Pada program Peminatan Siswa SMP. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2).
DOI: https://doi.org/10.21831/foundasia.v12i2.44371
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.