Pelatihan pengembangan pembelajaran berorientasi Higher-Order Thinking Skills (HOTS) bagi guru sekolah dasar

Woro Sri Hastuti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Pratiwi Pujiastuti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Vinta Angela Tiarani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ikhlasul Ardi Nugroho, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Herwin Herwin, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan guru sekolah dasar dalam mengembangkan pembelajaran berbasis HOTS. Kegiatan dilakukan dalam bentuk lokakarya secara daring dengan dua bagian kegiatan, teori dan praktik. Materi yang disampaikan adalah pemahaman tentang pentingnya mengembangkan HOTS bagi peserta didik untuk peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah dasar, strategi penyusunan pembelajaran berorientasi HOTS, metode-metode pembelajaran berbasis HOTS, dan penilaian pembelajaran berbasis HOTS. Kegiatan praktik dilakukan dengan menyusun pembelajaran berorientasi HOTS berdasarkan baseline kemampuan peserta didik untuk masing-masing sekolah dasar. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa sebagian besar peserta telah memiliki kemampuan mengembangkan pembelajaran yang berbasis HOTS. Berdasarkan temuan dari produk peserta, salah satu keterampilan yang perlu ditingkatkan adalah keterampilan mengembangkan pertanyaan produktif.


Full Text:

29-36 PDF

References


Fanani, A. (2018). Pengembangan pembelajaran berbasis HOTS (higher order thinking skill) di sekolah dasar Kelas V. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 1-11.

Fanny, A. M. (2019). Implementasi pembelajaran berbasis hots dalam meningkatkan kemampuan analisis mata kuliah pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 44-52.

Herwin, H., & Phonn, S. (2019). The application of the Generalized Lord’s Chi-Square method in identifying biased items. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 23(1), 57-67.

Krathwohl, D. R. (2002). A revision of Bloom’s taxonomy: An overview. Theory intoPractice, 41(4), 212-218.

Kurniasih, P. D., Nugroho, A., & Harmianto, S. (2020). Peningkatkan higher-order thinking skills (HOTS) dan kerjasama antar peserta didik melalui model pembelajaran problem based learning (pbl) dengan media kokami di kelas IV SD Negeri 2 Dukuhwalu. Attadib Journal of Elementary Education, 4(1), 23-35.

Mursikah. (2018). Higher order thingking skill (hots) untuk anak sekolah dasar dalam pembelajaran matematika. Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak, 2(2), 239-260.

Purwaningsih, A. Y., & Herwin, H.(2020). Pengaruh regulasi diri dan kedisiplinan terhadap kemandirian belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(1), 22-30.

Rapih, S. & Sutaryadi. (2018). Perpektif guru sekolah dasar terhadap Higher Order Tinking Skills (HOTS): pemahaman, penerapan dan hambatan. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(1), 78-87.

Setiawati, W. (2013). Upaya peningkatan kemampuan berfikir kritis melalui penerapan model student facilitator and explaining pada mata pelajaran IPA siswa kelas IVc SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta Tahun 2012/2013. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Tjabolo, S. A., & Herwin. (2020). The influence of teacher certification on the performance of elementary school teachers in Gorontalo Province, Indonesia. International Journal of Instruction, 13(4), 347-360.

Utaminingtyas, S. (2020). Implementation of problem solving oriented higher order thinking skill (HOTS) in social learning primary school. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 84-98.

Widodo, T., & Kadarwati, S. (2013). Higher order thinking berbasis pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar berorientasi pembentukan karakter siswa. Cakrawala Pendidikan, 32(1), 161-171.




DOI: https://doi.org/10.21831/foundasia.v12i1.36360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our journal indexed by:

  

View My Stats