Analisis hubungan antara kecerdasan emosional dengan kedisiplinan siswa sekolah dasar
Sigit Dwi Kusrahmadi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Herwin Herwin, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Full Text:
60-68 PDFReferences
Ambarkathi, T., & Nurjanah. (2017). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Kedisiplinan Pada Tata Tertib Siswa Smp Negeri 3 Kalasan. Jurnal Bimbingan dan Konseling Dakwah Islam, Vol. 14, No. 2.
Ampuni, S., & Andayani, B.(2015). Memahami Anak dan Remaja dengan Kasus Mogok Sekolah: Gejala, Penyebab, Struktur Kepribadian, Profit Keluarga, dan Keberhasilan Penanganan. Jurnal Psikologi, Vol. 34, No. 1, 55-75.
Efendi, A. (2005). Revolusi Kecerdasan Abad 21. Bandung: Alfabeta. Goleman, D. (2000). Emotional Intelligence. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
Goleman, D. (2009). Emotional Intelligence. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Karlinawati, L. (2015). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Sikap Percaya Diri Kelas VI SDN Cimpaeun I, Kecamatan Tapos, Kota Depok. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 2, No. 2.
Lewis, R. (2004). Dilema Kedisiplinan: Kontrol, Manajemen, Pengaruh. (Terjemahan Emalia Iragiliati Lukman). Jakarta: Grasindo. (Edisi asli diterbitkan tahun 1997 oleh Australian Council for Educational Research, Victoria).
Mahaerni, N. (2016). Hubungan Kecerdasan Emosi Dengan Prestasi Belajar MatematikaSiswa Kelas V Sekolah Dasar Se-Gugus I Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 5. No. 4.
Manizar H. M. (2016). Mengelola Kecerdasan Emosional. Tadrib Jurnal Raden Fatah, Vol. 2, No.2, 198-213.
Megawangi, R. (2007). Pendidikan Karakter: Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Jakarta: Indonesia Heritage Foundation.
Moenir, A.S. (2010). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara
Munawaroh, S. (2013). Perilaku Disiplin dan Kejujuran Generasi Muda di Daerah Istimewa Yogyakarta . Yogyakarta: Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB).
Naim, N. (2012). Charachter Building. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Narwanti, S. (2011). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Familia.
Pangestu, C., Sujati, H., Herwin, H. (2020). Pengaruh self efficacy dan pengasuhan orang tua terhadap keercayaan diri siswa. FOUNDASIA, 11(1), 35-42.
Purwaningsih, A. Y., & Herwin, H. (2020). Pengaruh regulasi diri dan kedisiplinan terhadap kemandirian belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(1), 22-30. doi: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i1.29662.
Rochimi, I. F., & Suismanto. (2018). Upaya Guru Menanamkan Kedisiplinan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, Vol. 3, No. 4, 231-246.
Saputri, D. I., & Herwin. (2020). The Effect of the Spirit of nationalism and Cinta Tanah Air on The Self Independence of Elementary School Students. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 4(1), , 114-126. jmie.v4i1.162.
Sulistyowati, S. (2001) . Cara Belajar yang Efektif. Pekalongan: Cinta Ilmu.
Tjabolo, S. A., & Herwin.(2020). The Influence of Teacher Certification on the Performance of Elementary School Teachers in Gorontalo Province, Indonesia. International Journal of Instruction, 13(4), 347-360.
Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin dalam Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta:Grafindo.
Wizman. (2017). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VI SDN 050607 Balai Kasih Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat. Jurnal Handayani, Vol. 7, No. 1.
Zuriah, N. (2011). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan: Menggagas Platform Pendidikan Budi Pekerti Secara Kontekstual dan Futuristik. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.21831/foundasia.v11i2.34844
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.