Pengaruh self efficacy dan pengasuhan orang tua terhadap kepercayaan diri siswa

Chairunnisa Pangestu, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Hieronimus Sujati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Herwin Herwin, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial pengaruh self efficacy terhadap sikap percaya diri, mengetahui secara parsial pengaruh pengasuhan orang tua terhadap sikap percaya diri, serta mengetahui secara simultan pengaruh self efficacy dan pengasuhan orang tua terhadap sikap percaya diri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD se-Kecamatan Kotagede, Yogyakarta yang berjumlah 3941 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 363 siswa yang ditentukan dengan Metode Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan skala kepercayaan diri, skala self efficacy, dan skala pengasuhan orang tua. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi parsial dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self efficacy secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan diri siswa, pengasuhan orang tua secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap kepercayaan diri siswa, serta self efficacy dan pengasuhan orang tua secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan diri siswa dengan sumbangan sebesar 35,5%.

Kata kunci: self efficacy, pengasuhan orang tua, percaya diri

Full Text:

35-42 PDF

References


Anwar, A. I. D. (2009). Hubungan antara self-efficacy dengan kecemasan berbicara di depan umum pada Mahasiswa Psikologi Universitas Sumatera Utara. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Bandura, A. (1997). Self efficacy: The exercise of control. New York: W. H Freeman and Company.

Coleman, P. K., & Karakker, K. H. (1997). Self efficacy and prenting quality: Findings and future aplication. Developmental Review, 18, 47-85.

Ghufron & Rini. (2011). Teori-teori psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Gray, J. (2010). Hubungan antara rasa percaya diri dengan ketrampilan sosial anak. Jakarta: Pustaka Belajar.

Saputri, D. I., & Herwin, H. (2020). The effect of the spirit of nationalism and cinta tanah air on the self independence of elementary school students. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 4(1), 114-126.

Satiadarma, M. P. (2000). Dasar-dasar psikologi olahraga. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Middlebrook. (1993). Social pshychology and modern life. New York: Alfred A, Knopft. Inc

Nelly. (2010). Hubungan pola asuh orang tua dengan pembentukan kepercayaan diri anak pra sekolah di TK Aisiyah Bustanul Athfal Ketanggungan Wirobrajan Yogyakarta. Skripsi. STIKES Aisiyah Yogyakarta.

Pratiwi, H. (2013). Upaya meningkatkan rasa percaya diri anak Kelompok B melalui kegiatan bermain aktif di TK Pembina Kecamatan Bantul. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahman. (2013). Peran orang tua dalam membangun kepercayaan diri pada anak usia dini. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 373-388.

Yoder, J. & Procter, W. (1998). The self-confident child. New York: Fack on Fil Publication.




DOI: https://doi.org/10.21831/foundasia.v11i1.32600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our journal indexed by:

  

View My Stats