Peningkatan Kemampuan Self Efficacy Mahasiswa Melalui Penerapan Aplikasi Quizwhizzer

Firdiawan Ekaputra, Universitas Jambi, Indonesia
Sungkono Sungkono, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Kurangnya evaluasi cepat dalam pembelajaran membuat mahasiswa kurang percaya diri karena tidak mengetahui hasil belajarnya. Media pembelajaran interaktif dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri dengan melibatkan mahasiswa secara aktif. Penggunaan aplikasi quizwhizzer diharapkan dapat meningkatkan self-efficacy mahasiswa. Penelitian ini melibatkan 26 mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Jambi yang mengikuti praktikum kimia anorganik tahun 2022/2023. Metode yang digunakan adalah pra-eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Data dikumpulkan melalui angket berisi 25 pernyataan sebelum dan sesudah penggunaan aplikasi quizwhizzer. Data mengenai self efficacy diuji dengan menggunakan paired samples t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menggunakan aplikasi quizwhizzer, terdapat peningkatan self efficacy yang signifikan. Nilai paired samples t test yang diperoleh sebesar 0,00 atau lebih kecil dari 0,05 yang menunjukkan terdapat peningkatan self efficacy yang signifikan setelah pembelajaran dengan menggunakan aplikasi quizwhizzer. Aplikasi quizwhizzer merupakan media pembelajaran yang tepat digunakan dalam pembelajaran khususnya untuk meningkatkan kemampuan self efficacy mahasiswa akan tetapi penelitian mengenai penerapan aplikasi quizwhizzer dalam pembelajaran perlu dilakukan untuk mengukur varibel yang lain.


Keywords


pra-eksperimen; self efficacy; quizwhizzer

Full Text:

PDF

References


Arianshi, R., & Wijaya, A. K. (2022). Perbandingan Efektivitas Senam Kegel dan Senam Yoga Terhadap Penurunan Frekuensi Buang Air Kecil pada Lansia di Panti Tresna Werdha Pagar Dewa. Jurnal Ners Generation, 01(01), 22–27. https://jurnal.umb.ac.id/index.php/ng/article/view/3832

Arnold, B. J. (2014). Gamification in Education. American Society of Business and Behavioral Sciences (ASBBS) Conference. https://www.researchgate.net/publication/295401531

Bakar, A., Sanova, A., Yusnaidar, Y., & Ekaputra, F. (2022). Meningkatkan Keterampilan Guru SMAN 2 Sungai Penuh Dalam Mempublikasikan Artikel Ilmiah Ke Jurnal Bereputasi . Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4), 489–496. https://doi.org/10.36312/linov.v7i4.866

Ekaputra, F. (2020). Efektivitas Laboratorium Virtual Kimia Berbasis Hypertext Markup Language 5 Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Prestasi Belajar. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 6–16. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v7i1.1201

Ekaputra, F. (2022). Peningkatan aktivitas belajar melalui implementasi media virtual laboratorium kimia pada masa pandemi covid-19. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam, 12(1), 22–26. https://doi.org/10.47736/tajdidukasi.v12i1.334

Ekaputra, F. (2023). Application of Discovery Learning Model in Practical Learning to Improve Students’ Communication and Collaboration Skills. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 3(2), 307–311.

https://doi.org/10.35877/454RI.eduline1833

Ekaputra, F., & Hasanah, E. (2021). Peningkatan Aktivitas Belajar Melalui Implementasi Media Virtual Laboratorium Kimia pada Masa Pandemi Covid-19. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam, 11(1), 11–16. https://doi.org/10.47736/tajdidukasi.v11i1.348

Eriska, D., Aprianti, F., & Rahayu, S. (2023). Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas IV SDN Majalengka Wetan VII. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(02), 1876–1891. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.877

Fuldiaratman, Rusdi, M., Harizon, Dewi, F., & Ekaputra, F. (2023). Pelatihan Pengembangan Media Laboratorium Virtual Berbasis Aplikasi Construct Bagi Guru SMA Negeri 5 Muaro Jambi. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(3), 1346–1353. https://doi.org/10.33379/icom.v3i3.3145

Haryanto, Ernawati, M. D. W., Fuldiaratman, Afrida, & Ekaputra, F. (2023). Implementasi Aplikasi PhET Simulation dalam Pembelajaran MIPA Berbasis Eksperimen. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(3), 1372–1379. https://doi.org/10.33379/icom.v3i3.3160

Hendra, Candra, A. A., & Ekaputra, F. (2023). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Kegiatan Pendampingan Penulisan Gagasan Pada Artikel. ESTUNGKARA, 2(1), 24–32. https://doi.org/10.22437/est.v2i1.24577

Jediut, M., Sennen, E., & Ameli, C. V. (2021). Manfaat Media Pembelajaran Digital Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 1–5. https://doi.org/10.36928/jlpd.v2i2.2047

Lestari, A. (2021). Strategi Mahasiswa Dalam Meningkatkan Minat Belajar, Self-Efficacy, Self Regulated Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 21(3), 239–254. https://doi.org/10.30651/didaktis.v21i3.10019

Mirzaie, B., Abadi, F., Samani, N. K., Akhlaghi, A., Najibi, S., & Bolourian, M. (2022). Pros and Cons of Tomorrow’s Learning: A Review of Literature of Gamification in Education Context. Med Edu Bull, 3(10), 543–554. https://doi.org/10.22034/meb.2022.350941.1063

Mu’arifah, M. P., Ekasari, L. A., Salsabila, R., & Pranoto, I. W. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Maze Game untuk Meningkatkan Keterampilan Soal Cerita Mata Pelajaran Matematika. EPISTEMA, 4(2), 141-153. https://doi.org/10.21831/ep.v4i2.63451

Mweene, P., & Muzaza, G. (2020). Implementation of Interactive Learning Media on Chemical Materials. Journal Educational Verkenning, 1(1), 8-13. https://doi.org/10.48173/jev.v1i1.24

Nuraeni, S., Feronika, T., & Yunita, L. (2019). Implementasi Self-Efficacy dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Kimia di Abad 21. Jambura Journal of Educational Chemistry, 1(2), 49-56. https://doi.org/10.34312/jjec.v1i2.2553

Safithri, R., & Huda, N. (2021). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Self Efficacy Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 335–346. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.539

Sanova, A., Afrida, & Ekaputra, F. (2022). Pengembangan Aplikasi Platform Open Course Berorientasi PjBL Dan Case Study Berbasis Gamifikasi. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 9(2), 142–150. https://doi.org/10.36706/jppk.v9i2.19009

Siregar, S. L. A., Mulyono, M., & Surya, E. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis RME Berbantuan Macromedia Flash untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 223–239. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1973

Susanto, D. A., & Ismaya, E. A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizwhizzer Pada PTM Terbatas Muatan Pelajaran IPS Bagi Siswa Kelas VI SDN 2 Tuko. CJPE: Cokroaminoto Juornal of Primary Education, 5(1), 104–110. https://doi.org/10.30605/cjpe.512022.1583

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Tursunovich, R. I. (2022). Guidelines For Designing Effective Language Teaching Materials. American Journal of Research in Humanities and Social Sciences, 7, 65–70. https://americanjournal.org/index.php/ajrhss/article/view/276

Utami, S., Rufaidah, A., & Nisa, A. (2020). Kontribusi Self-Efficacy Terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19 Periode April-Mei 2020. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 20(1), 20–27. https://doi.org/10.26539/teraputik.41294

Vriyanti, R., & Wijaya, I. (2023). Efektivitas Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). EPISTEMA, 4(2), 133–140. https://doi.org/10.21831/ep.v4i2.65556

Wahyudin, Y., Mubarika, M. P., & Firmansyah, E. (2019). Implementasi E-learning untuk Mengembangkan Self Efficacy Siswa. Jurnal PJME, 9(1), 44–55. https://doi.org/10.5035/pjme.v9i1.2711

Wei, X., Saab, N., & Admiraal, W. (2021). Assessment of cognitive, behavioral, and affective learning outcomes in massive open online courses: A systematic literature review. Computers & Education, 163, 104097. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104097

Williamson, B., Eynon, R., & Potter, J. (2020). Pandemic politics, pedagogies and practices: digital technologies and distance education during the coronavirus emergency. In Learning, Media and Technology, 45(2), 107–114. https://doi.org/10.1080/17439884.2020.1761641

Yolantia, C., Artika, W., Nurmaliah, C., & Rahmatan, H. (2021). Penerapan Modul Problem Based Learning terhadap Self Efficacy dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(4), 631–641. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i4.2150




DOI: https://doi.org/10.21831/ep.v5i2.79954

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Firdiawan Ekaputra, Sungkono

Flag Counter

View My Stats Epistema