Pengembangan Media Pembelajaran Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Berbasis Aplikasi Android di Sekolah Inklusi

Ratu Nabilah Koswara Sasmita, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Niam Wahzudik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract


Satuan pendidikan di Indonesia menghadapi darurat tingginya kekerasan terhadap anak, khususnya di sekolah inklusi. Kendala utama adalah kurangnya edukasi tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Satuan Pendidikan (PPKSP). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pencegahan dan penanganan kekerasan berbasis aplikasi android guna memberikan edukasi PPKSP kepada anak sekolah dasar kelas tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan model ADDIE (Analysis. Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan aplikasi PPKSD memperoleh skor dari ahli media sebesar 85,5% dan ahli materi sebesar 90,91%. Penilaian aplikasi PPKSD pada uji coba lapangan dilakukan oleh 5 pendidik memperoleh skor 98%, dan yang diikuti 30 peserta didik kelas V memperoleh skor 92,25% sehinggan aplikasi PPKSD “Layak” digunakan untuk memberikan edukasi pencegahan dan penanganan kekerasan untuk anak sekolah dasar kelas tinggi. Berdasarkan hasil pengembangan tersebut menunjukkan bahwa aplikasi PPKSD direkomendasikan dapat dipergunakan untuk mengoptimalkan proses edukasi dan menguji efektivitasnya dalam pencegahan dan penanganan kekerasan di sekolah.


Keywords


media pencegahan; penanganan kekerasan; sekolah inklusif; pembelajaran seluler; pengembangan media

References


Aeni, A. N., Hanifah, N., Djuanda, D., Maulana, M., Erlina, T., Dewi, D. P., Hadi, F. L., & Ramadhani, S. (2024). Meningkatkan keterampilan abad 21 guru SD melalui pelatihan convert Powerpoint menjadi media pembelajaran aplikasi Android. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 384-397. https://doi.org/10.35914/tomaega.v7i2.2656

Alkharusi, H., Kazem, A., & Al-Musawai, A. (2019). Self-directed learning using mobile applications in education: Benefits and challenges. Educational Technology Research and Development, 67(2), 1–20.

Amaliyah, S., Irsyadiyah, A. U., & Mayasari, I. (2023). Peduli sayangi: Psikoedukasi pencegahan tindakan bullying di Sekolah Dasar Inklusi SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang. Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 59–66. https://doi.org/10.31537/dedication.v7i1.1026

Anderson, T., & Shattuck, J. (2016). Design-based research: A decade of progress in education research? Educational Researcher, 41(1), 16–25. https://doi.org/10.3102/0013189X11428813

Anggraeni, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada mata pelajaran ips di kelas tinggi. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 8(1), 84–90. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n1.p84-90

Aziz, A., Zainudin, H., & Rahman, S. (2017). The role of video in enhancing learning outcomes: A systematic review. International Journal of Educational Technology, 5(3), 123–137.

Bakar, N. A., Noor, M. N., & Ahmad, S. (2016). Smartphone applications as tools for behavior change: A case study. Asian Journal of Educational Research, 4(1), 45–55.

Batubara, H. H. (2017). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Android SD/MI. 3(1), 12-27. http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v3i1.952

Bower, M., Kenney, J., & Dalgarno, B. (2017). Student engagement through mobile learning platforms. Journal of Interactive Learning Research, 28(4), 365–382.

Cheng, K. H., & Tsai, C. C. (2019). A case for mobile technology in promoting inclusive education: Lessons learned. British Journal of Educational Technology, 50(5), 2432–2450.

Cheung, A., & Slavin, R. E. (2017). Effective educational technologies: A meta-analysis. Educational Research Review, 21, 22–38.

Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2016). E-learning and the science of instruction: Proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning (4th ed.). Pfeiffer.

Fitria, N., Mahardika, R., & Harun, I. (2019). The influence of user-centered design on educational application outcomes. Journal of Information Systems Education, 9(2), 210–221.

Fitriana, C. E., Maimunah, M., & Roza, Y. (2021). Desain game edukasi berbasis Android pada materi transformasi. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 297-305. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3268

Hadi, S. (2017). Effective multimedia in primary school education. Journal of Child Education and Development, 15(3), 156–165.

Hendryadi, H. (2017). Validitas isi: Tahap awal pengembangan kuesioner. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 169-178. https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i2.47

Heryani, N., Asmuni, A., & Nasution, A. F. D. (2020). Pengembangan aplikasi strategi pencegahan perilaku perundungan (bullying) pada sekolah dasar di Kota Jambi. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 9(2), 190-194. https://doi.org/10.36565/jab.v9i2.213

Hidayati, N., & Idhartono, A. R. (2023). Peran sekolah dalam pencegahan bullying terhadap siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusi X di Surabaya. DEVOSI: Jurnal Teknologi Pembelajaran, 13(2), 35-42. https://doi.org/10.36456/devosi.v13i1.7935

Hung, D., Cheng, T., & Liao, J. (2018). The impact of gamification on learning outcomes: Evidence from a meta-analysis. International Journal of Educational Psychology, 7(2), 89–102.

Hwang, G. J., & Chang, C. Y. (2021). Building social skills through gamified learning: Applications and implications. Computers & Education, 16(9), 104–214.

Hwang, G. J., Chu, H. C., & Lai, C. L. (2015). Gamification in educational settings: Enhancing learning performance. Interactive Learning Environments, 23(5), 625–638.

Hwang, J., Shin, J. S., Yoon, H. B., Kim, D. H., Yoo, D. M., Kim, E. J., & Lee, S. H. (2015). Research and development of evaluation criteria for premedical curriculum. Korean Journal of Medical Education, 27(4), 255-265. https://doi.org/10.3946/kjme.2015.27.4.255

Ilsa, A., F, F., & Harun, M. (2020). Pengembangan video pembelajaran dengan menggunakan Aplikasi Powerdirector 18 di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 288–300. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.643

Jeno, L. M., Adachi, P., & Deci, E. L. (2020). The power of gamified learning environments. Journal of Educational Psychology, 112(4), 745–756.

Kemdikbud, Pub. L. No. 46, Permendikbud Nomor 46 Tahun 2023 tentang pencegahan dan penanganan kekerasan pada satuan pendidikan. (2023). Kemendikbud

Kim, H. S., Lee, S., & Lim, J. (2018). Engagement and satisfaction in mobile learning: Empirical evidence from primary schools. Journal of Educational Computing Research, 56(4), 521–546.

Kimmons, R., Walker, A., & Russel, T. (2019). Technology-enhanced learning for diverse learners. TechTrends, 63(3), 345–355.

Liaw, S. S., & Huang, H. M. (2015). User-centered design and its impact on education technology. Journal of Educational Computing Research, 53(3), 301–318.

Lin, P. C., Chen, S. F., & Kuo, L. H. (2018). User satisfaction in mobile learning apps: A systematic evaluation. Educational Technology & Society, 21(3), 90–101.

Mandasari, D. (2020). Empati siswa reguler, iklim sekolah dan perilaku perundungan terhadap siswa berkebutuhan khusus disekolah inklusif. Jurnal Imiah Psikologi, 8(4), 684–695. http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i4.5573

Novaeni, R., Hasanah, U., & Latifah, I. (2018). Interactive quizzes in mobile learning applications: Engaging primary students. Journal of Digital Learning, 5(2), 134–145.

Nufninu, Y., Dominikus, W. S., & Rimo, I. H. E. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi Android menggunakan Power Point dan I-spring pada materi garis dan sudut untuk siswa SMP kelas VII. Fraktal: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 17–28. https://doi.org/10.35508/fractal.v2i2.5640

Pratiwi, C. N., & Wahyudi, A. (2019). Diskriminasi siswa disabilitas di sekolah inklusi (studi tentang siswa disabilitas di Sekolah Inklusi SDN Sidosermo 1 Surabaya). Paradigma, 7(2), 1-4. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/28491

Purwani, A. (2020). The impact of illustrations on children’s learning outcomes. Journal of Early Childhood Education Research, 10(4), 245–258.

Purwani, R. (2020). Pengembangan buku cerita bergambar berbasis karakter untuk pembelajaran membaca siswa SD Kelas IV. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(2), 180-194. http://dx.doi.org/10.30659/j.8.2.180-194

Reigeluth, C. M., Beatty, B. J., & Myers, R. D. (2017). Instructional design theories and models: The learner-centered paradigm of education. Routledge.

Rihani, A., Sudrajat, A., & Azman, A. (2022). The impact of Android-based applications on student learning outcomes. Journal of Educational Technology, 12(1), 45–57.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Harjito. (2014). Media pendidikan, pengembangan, dan pemanfaatan. Rajawali Pers.

Sakinah, D. N., & Marlina, M. (2018). Perilaku bullying terhadap anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusif Kota Padang. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 6(2), 1-6. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/101497/100592

Sari, R. M. M., & Priatna, N. (2020). Model-model pembelajaran di era revolusi industri 4.0 (e-learning, m-learning, AR-learning dan VRLearning). Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 107–115. https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i1.699

Savitri, D., Karim, A., & Hasbullah. (2020). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Android di kelas 4 sekolah dasar. Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 1(2), 63-75. https://doi.org/10.46306/lb.v1i2

Shadiev, R., Liu, T. Y., & Wang, J. (2020). The impact of HTML5-based mobile learning applications on student engagement and performance: A meta-analysis of recent studies. Journal of Educational Technology & Society, 23(4), 154–165.

Sung, Y. T., Chang, K. E., & Liu, T. C. (2017). The effects of mobile-computer-supported collaborative learning: Meta-analysis. Educational Technology Research and Development, 65(4), 839–862.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2019). Media pembelajaran inovatif dan pengembangannya. Remaja Rosdakarya.

Tondeur, J., Forkosh-Baruch, A., & Prestridge, S. (2018). Integrating ICT in teacher education: Trends and issues. Educational Technology & Society, 21(4), 15–25.

Trucano, M. (2015). Innovations in education technology in developing countries. World Bank Publications.

Wang, X., Goh, T., & Tan, K. (2016). Mobile learning in primary schools: A case study in Asia. International Journal of Mobile and Blended Learning, 8(2), 1–15.

Wijaya, S., Supena, A., & Yufiarti. (2023). Implementasi program pendidikan inklusi pada sekolah dasar di Kota Serang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 347–357. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4592

Winata, A., Cacik, S., & Sulistyaningrum, H. (2020). Upaya peningkatan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dengan pembelajaraan kooperatif berbasis Android. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14523

Yelland, N. (2016). Rethinking learning in early childhood education. McGraw-Hill Education

Zydney, J. M., Warford, M. , & Roberts, S. (2016). Mobile learning in inclusive education settings: Challenges and opportunities. Journal of Educational Technology, 33(5), 67–89.




DOI: https://doi.org/10.21831/ep.v5i2.78702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ratu Nabilah Koswara Sasmita, Niam Wahzudik

Flag Counter

View My Stats Epistema