Kemampuan Literasi Digital dan Self-Directed Learning dalam Perspektif Siswa SMK Negeri 7 Yogyakarta

Muhammad Ihsaan Fathoni, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Nurmaulita Widyaningsih, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Galang Aditya Saputra, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Azhar Rahadian Nashrulloh, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ayuni Wulan Saputri, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Kesadaran siswa akan kebutuhan literasi digital didukung oleh kemampuan self-directed learning yang tinggi. Seseorang yang memiliki kemampuan tersebut mempunyai motivasi dan rasa tanggung jawab unggul. Kini telah banyak sekolah di Indonesia yang mengupayakan gerakan budaya literasi digital, salah satunya yaitu SMK Negeri 7 Yogyakarta dan menjadikan hal tersebut sebagai salah satu dari misi sekolah. Dari hal tersebut, perlu diketahui perspektif mereka mengenai literasi digital serta kemampuan self-directed learning. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perspektif siswa SMK Negeri 7 Yogyakarta terhadap literasi digital berserta kemampuan self-directed learning mereka. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif dengan sifat pendekatan deskriptif yang bermaksud untuk mendeskripsikan kejadian yang sesuai dengan kenyataan serta berusaha menganalisis perspektif peserta didik yang diperoleh dari responden melalui metode kuesioner terbuka dengan instrumen Google Formulir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa memiliki perspektif yang positif serta mampu mengimplementasikan literasi digital dengan bijak. Akan tetapi, masih ditemukan sebagian siswa yang terdistraksi dalam mengimplementasikan kemampuan self-directed learning. Hal ini dapat dijadikan sebagai upaya untuk meningkatkan ketercapaian misi sekolah setelah melihat penelitian ini.


Keywords


belajar mandiri; literasi digital; teknologi informasi; teknologi pendidikan

Full Text:

PDF

References


Bawden, D. (2001). Information and digital literacies: A review of concepts. Journal of Documentation, 57(2), 218–259. https://doi.org/10.1108/EUM0000000007083

Birt, L., Scott, S., Cavers, D., Campbell, C., & Walter, F. (2016). Member checking: A tool to enhance trustworthiness or merely a nod to validation? Qualitative Health Research, 26(13), 1802–1811. https://doi.org/10.1177/1049732316654870

Bracey, P. (2010). Self-directed learning vs self-regulated learning: Twins or just friends? Proceedings of E-Learn 2010--World Conference on E-Learning in Corporate, Government, Healthcare, and Higher Education, 1600–1607. https://www.learntechlib.org/primary/p/35780/

Cahyono, A. N., & Nugroho, S. E. (2019). Self directed untuk memaksimalkan kemampuan literasi matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 698–703. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29240

Eshet, Y. (2002). Digital literacy: A new terminology framework and its application to the design of meaningful technology-based learning environments. Proceedings of ED-MEDIA 2002--World Conference on Educational Multimedia, Hypermedia & Telecommunications, 493–498. https://www.learntechlib.org/primary/p/10316/

Gibbons, M. (2002). The self-directed learning handbook challenging: Adolescent students to excel. Jossey-Bass A Wiley Imprint.

Gilster, P. (1997). Digital literacy. Wiley Computer Pub.

Green, J. S., Nixon, H., & Erstad, O. (2009). Reviewing approaches and perspectives on “digital literacy.” Pedagogies: An International Journal, 4(2), 107–125. https://doi.org/10.1080/15544800902741556

Hanik, E. U. (2020). Self directed learning berbasis literasi digital pada masa pandemi covid-19 di madrasah ibtidaiyah. Elementary Islamic School Journal, 8(1), 183–208. http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v8i1.7417

Hinings, B., Gegenhuber, T., & Greenwood, R. (2018). Digital innovation and transformation: An institutional perspective. Information and Organization, 28(1), 52–61. https://doi.org/10.1016/j.infoandorg.2018.02.004

Hs, L. (2009). Kamus kepustakawanan Indonesia. Pustaka Book.

Irhandayaningsih, A. (2020). Pengukuran literasi digital pada peserta pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 4(2), 231–240. https://doi.org/10.14710/anuva.4.2.231-240

Isnaini, M., Putra, A. B. A., Sartika, F. D., & Arifuddin, F. (2019). Kemampuan self directed learning dan pencapaian hasil belajar: Studi cross sectional. Journal of Islamic Nursing, 4(2), 68–76. https://doi.org/10.24252/join.v4i2.10039

Jaelani, A. J. (2021). Literasi digital dan pembelajaran mandiri. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung, 1–8. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/download/19824/6358

Lestari, E., & Widjajakusumah, D. (2009). Students’ self-directed learning readiness, perception toward student-centered learning and predisposition towards student-centered behaviour. South East Asian Journal of Medical Education, 3(1), 52–56. https://doi.org/10.4038/seajme.v3i1.468

Lippitt, G. L., Knowles, M. S., & Knowles, M. S. (1984). Andragogy in action: Applying modern principles of adult learning. Jossey-Bass. https://philpapers.org/rec/KNOAIA-3

Masyhud, M. S., & Tasnim, Z. (2016). Metode penelitian pendidikan. Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan (LPMPK).

Nurjanah, E., Rusmana, A., & Yanto, A. (2017). Hubungan literasi digital dengan kualitas penggunaan e-resources. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian IIlmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 3(2), 117–140. https://doi.org/10.14710/lenpust.v3i2.16737

Nyambe, H., Mardiwiyoto, H., & Rahayu, G. R. (2016). Faktor-Faktor yang mempengaruhi self directed learning readiness pada mahasiswa tahun pertama, kedua, dan ketiga di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin dalam PBL. Jurnal Pendidikan Kedokteran IndonesIa, 5(2), 67–77. https://doi.org/10.22146/jpki.25318

Pagani, L., Argentin, G., Gui, M., & Stanca, L. (2016). The impact of digital skills on educational outcomes: Evidence from performance tests. Educational Studies, 42(2), 137–162.

https://doi.org/10.1080/03055698.2016.1148588

Perdana, R., Yani, R., Jumadi, J., & Rosana, D. (2019). Assessing students’ digital literacy skill in senior high school Yogyakarta. JPI: Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(2), 169–177. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v8i2.17168

Rahardjo, D., Sumardjo, Lubis, D. P., & Harijati, S. (2016). Internet access and usage in improving students’ self-directed learning in Indonesia Open University. Turkish Online Journal of Distance Education, 17(2), 30–41. https://doi.org/10.17718/tojde.90196

Rahman, M. A. (2015). Kebiasaan pencarian informasi murid sekolah menegah atas pada pemilu umum di Indonesia. Record and Library Journal, 1(2), 150–160. https://e-journal.unair.ac.id/RLJ/article/viewFile/7082/4336

Rini, R., Mujiyati, Sukamto, I., & Hariri, H. (2022). The effect of self-directed learning on students ’ digital literacy levels in online learning. International Journal of Instruction, 15(3), 329–344. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15318a

Sahidillah, M. W., & Miftahurrisqi, P. (2019). Whatsapp sebagai media literasi digital siswa. Varia Pendidikan, 31(1), 52–57. https://doi.org/10.23917/varidika.v1i1.8904

Setyawati, S. P. (2016). Eefektifan model pembelajaran inquiry based learning untuk meningkatkan self directed learning mahasiswa. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 3(1), 13–19. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor/article/view/309

Song, L., & Hill, J. R. (2007). A conceptual model for understanding self-directed learning in online environments. Journal of Interactive Online Learning, 6(1), 27–42. https://www.ncolr.org/issues/jiol/v6/n1/a-conceptual-model-for-understanding-self-directed-learning-in-online-environments.html

Sudjarwo. (2001). Metodologi penelitian sosial. Mandar Maju.

Sukardi, D. K. (1983). Dasar-dasar bimbingan penyuluhan di sekolah. Usaha Nasional.

Sumiati, E., & Wijonarko. (2020). Manfaat literasi digital bagi masyarakat dan sektor pendidikan pada saat pandemi covid-19. Buletin Perpustakaan, 3(2), 65–80. https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/17799

Suryabrata, S. (2005). Metode penelitian. RajaGrafindo Persasda.

Takaendengan, B. R., & Santosa, R. H. (2018). Using moodle to improve self-directed learning of mathematics in vocational school. Journal of Physics: Conference Series, 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012121

Wicaksono, A. (2016). Profil literasi informasi pustakawan Indonesia. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 12(1), 1–9. https://doi.org/10.22146/bip.13024




DOI: https://doi.org/10.21831/ep.v4i1.61764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Ihsaan Fathoni, Nurmaulita Widyaningsih, Galang Aditya Saputra, Azhar Rahadian Nashrulloh, Ayuni Wulan Saputri

Flag Counter

View My Stats Epistema