Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik bagi Siswa Kelas III SD Negeri 2 Tomohon

Chabelita Kaat, Universitas Negeri Manado, Indonesia
Widdy H.F. Rorimpandey, Universitas Negeri Manado, Indonesia
Mayske R. Liando, Universitas Negeri Manado, Indonesia
Deddy Kumolontang, Universitas Negeri Manado, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Tematik melalui penerapan model pembelajaran Problem Solving pada siswa kelas III SD Negeri 2 Tomohon  Metode penelitian menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahap (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SD Negeri 2 Tomohon berjumlah 28 orang yang terdiri dari 15 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki.  Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes hasil belajar. Hasil belajar diperoleh melalui tes saat dilakukan tindakan mengalami peningkatan. Hasil yang diperoleh pada siklus I adalah 63,57 % dikatakan belum berhasil sedangkan hasil yang diperoleh pada siklus II adalah 86,42%. Dengan demikian hasil yang diperoleh mengalami penigkatan sehingga pelaksanaan tindakan dapat dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan belajar mengajar dalam pembelajaran tematik menggunakan model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar tematik pada siswa dikelas kelas III SD Negeri 2 Tomohon. Berdasarkan kesimpulan tersebut sangat diharapkan guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran dalam proses pembelajaran, dan diharapkan siswa dapat lebih aktif dalam proses pembelajaran agar dapat meningkatkan hasil belajar.


Keywords


model pembelajaran problem solving; hasil belajar; tematik

Full Text:

PDF

References


Asep Jihad dan Abdul Aziz, 2009.PersuasiPembelajaran. Yogyakarta: Mahl Persindo.

Darwis A. Sulaiman, 1987. Mengajar Kepada Teori dan Praktek, (Jakarta: Stensil.

Depdiknas. Kurikulum 2013 Pembelajaran Terpadu.

Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kunandar, 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Grafindo Persada

Liando M.R, & Mutahang, Y. (2020). Penerapan metode Demonstrasi untuk meningkatkan Hasil Membaca Puisi Siswa kelas V SD Khatolik V St Agustinus Tomohon. Dinamika pembelajaran, (1),15-22.

Lestari. 2013.MengkajiModel Pembelajaran Problem.

Poewardaminta, 1990). Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta:Pustaka. Poerwadarminta, 2008. Pembelajaran Tematik, Bandung: Sinar Baru

Rorimpandey, W.H (2020). Penerapan Model Pembelajaran (Ctl) Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa kelas IV SD Inpres Perumnas Uluindano. Edu Primary Journal, 1(3), 17-17.




DOI: https://doi.org/10.21831/ep.v4i1.61342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Vera Himatul Ngazizah

Flag Counter

View My Stats Epistema