Tim Pengembang Konten Pendidikan dan Pembelajaran (TPKPP) Sebagai Katalis Inovasi Pendidikan
Zain Nadaa Nisriina, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Retno Puspito Rini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Wonogiri, Indonesia
Abstract
Harapan agar dunia pendidikan tetap relevan dengan perubahan zaman dan pesatnya perkembangan teknologi nyatanya masih memerlukan kerja keras untuk merealisasikannya, seperti fakta yang ditemukan peneliti di lapangan yaitu bahwa sebanyak 67,9% guru SD, 73,2% guru SMP di lingkungan Kabupaten Wonogiri menyatakan bahwa mereka hanya ‘sekedar bisa’ ketika dikonfirmasi mengenai kemampuan mereka dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) khususnya mengoperasikan laptop atau komputer untuk pembuatan bahan ajar. Metode penelitian yang digunakan yaitu action research dan melibatkan sebanyak 2.599 orang guru SD dan 1.484 orang guru SMP. Program inovasi tersebut diantaranya adalah Pembentukan Tim Pengembang Konten Pendidikan dan Pembelajaran (TPKPP), Deploy Microsoft 365, Implementasi Microsoft 365, dan Piloting Sekolah Digital. Dari berbagai program inovasi tersebut, peneliti kemudian melakukan prestest yang kemudian di dapatkan hasil bahwa terjadi peningkatan pada kuantitas guru yang “mahir” kemampuan IT nya, khususnya dalam mengoperasikan computer/laptop, yaitu 13,90% menjadi 45,90% pada guru SD dan 16,70% menjadi 42,80% pada guru SMP.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131–146. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659
Andika, S. L. Y., & Wahyu, A. K. (2021). Kelebihan dan kekurangan pembelajaran jarak jauh atau E-Learning dan learning management system (LMS) menggunakan pendekatan literature review, dan user personal. Jurnal Syntax Admiration, 2(9), 1617–1628. https://doi.org/10.46799/jsa.v2i9.303
Astini, N. K. S. (2019). Pentingnya literasi teknologi informasi dan komunikasi bagi guru sekolah dasar untuk menyiapkan generasi milenial. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya, 113–120. https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/dharmaacarya/article/view/194
Cholily, Y. M., Putri, W. T., & Kusgiarohmah, P. A. (2019). Pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (SNP2M) 2019 UMT, 1–6. https://jurnal.umt.ac.id/index.php/cpu/article/view/1674/1068
Emiliasari, R. N. (2018). An analysis of teachers’ pedagogical competence in lesson study of MGMP SMP Majalengka. ELTIN Journal, 6(1), 22–33. https://doi.org/10.22460/eltin.v6i1.p22-33
Fadia, P. A., Heni, S. M., Lulu, S., Ayu, L. N., Tebi, & Purna Hariyadi. (2022). Identifikasi transformasi digital dalam dunia pendidikan mengenai peluang dan tantangan di era disrupsi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1570–1580. https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2778
Hutami, E. R. (2021). Kendala pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi bagi siswa sd, guru, dan orangtua. Jurnal Ilmiah WUNY, 3(1), 51–61. https://doi.org/10.21831/jwuny.v3i1.40706
Indriawati, P., Ramadhani, A. N., Aryani, D., & Ananda, R. (2023). Peran kelompok kerja guru (KKG) dalam pengembangan keprofesionalan guru di madrasah. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(1), 80–84. https://doi.org/10.32832/jpg.v4i1.9075
Listiyoningsih, S., Hidayati, D., & Winarti, Y. (2022). Strategi guru menghadapi transformasi digital. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 655–662. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.389
Lounard, S. S., & Vitoria, L. (2018). Kendala guru memanfaatkan media IT dalam pembelajaran di SDN 1 Pagar Air Aceh Besar. In Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah (Vol. 3). https://jim.usk.ac.id/pgsd/article/view/8579
Mudrikah, S., Pahleviannur, M. R., Surur, M., & Rahmah, S. (2021). Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Teori dan Implementasi. Pradina Pustaka Group.
Mulyatiningsih, E. (2011). Metode penelitian terapan bidang pendidikan. Alfabeta.
Nursyatin, Gustina, R., Saddam, Rejeki, S., Mayasari, D., & Isnaini. (2023). Pentingnya teknologi dalam dunia pendidikan untuk bersaing di era 4.0 serta pengaruhnya. Seminar Nasional Paedagoria, 333–341. https://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/view/16358
Okvireslian, S. (2021). Pemanfaatan aplikasi Whatsapp sebagai media pembelajaran dalam jaringan kepada peserta didik paket b UPTD SPNF SKB Kota Cimahi. COMM-EDU: Community Education Jurnal, 4(3), 131–138. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v4i3.7220
Parlindungan, D. P., Pakarti Mahardika, G., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas media pembelajaran berbasis video pembelajaran dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–8. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/8793
Pratomo, Y., & Aziz, R. A. (2019). Rencana strategis teknologi informasi menyongsong transformasi digital di dunia pendidikan (studi kasus SMK Negeri 1 Sukadana Kabupaten Lampung Timur). JTKSI, 2(3), 74–81. https://doi.org/10.56327/jtksi.v2i3.783
Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya peningkatan pendidikan berkualitas di indonesia: Analisis pencapaian sustainable development goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3296
Shendy, A. J., Neni, N. M., & Hendra, P. (2021). Analisis pembelajaran jarak jauh ditinjau dari pengalaman mengajar guru selama pandemi covid-19 (studi fenomenologi guru kelas tinggi di SDN 5 Mangkurayat) (Vol. 1, Issue 2). https://www.researchgate.net/publication/362604214_Analisis_Pembelajaran_Jarak_Jauh_Ditinjau_dari_Pengalaman_Mengajar_Guru_Selama_Pandemi_Covid-19/fulltext/636bfd7437878b3e8797679c/Analisis-Pembelajaran-Jarak-Jauh-Ditinjau-dari-Pengalaman-Mengajar-Guru-Selama-Pandemi-Covid-19.pdf
Suliani, M., & Ahmad, A. M. (2021). Faktor yang mempengaruhi hasil pembelajaran jarak jauh di MTs Negeri 6 HSS di masa pandemik covid-19. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(2), 179–188. https://doi.org/10.35706/sjme.v5i2.5155
Surani. (2019). Studi literatur: Peran teknolog pendidikan dalam pendidikan 4.0. Journal Untirta, 2(1), 456–469. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5797
Yerusalem, M. R., Rochim, A. F., & Martono, K. T. (2015). Desain dan implementasi sistem pembelajaran jarak jauh di Program Studi Sistem Komputer. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 3(4), 481–492. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.3.4.2015.481-492
DOI: https://doi.org/10.21831/ep.v4i2.55146
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Yuli Bangun Nursanti, Zain Nadaa Nisriina, Retno Puspito Rini
View My Stats Epistema