Dampak Penggunaan Video Conference dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Terhadap Pengembangan Moral Mahasiswa

Wisnu Aji Septiawan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Teguh Arie Sandy, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Pancasila merupakan pondasi awal sumber dari segala sumber hukum. Pendidikan Pancasila dilakukan agar bisa melahirkan generasi penerus bangsa yang aktif, cerdas, intelektual, bermoral serta bertanggung jawab. Pada masa pandemi Covid-19 pembelajaran yang seharusnya tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh. Pendidikan pada masa pandemi ini sangat diperlukan teknologi-teknologi yang menunjang proses pembelajaran. Selain pembaharuan teknologi juga tenaga ajar harus mampu mengoperasikannya. Media teknologi dengan video conference berupa Zoom sangat sesuai. Dengan pembelajaran ini mahasiswa memerlukan adaptasi dan menghadapi hambatan-hambatan baru. Hambatan dipengaruhi oleh tiga faktor, faktor pengajar yang tidak mengatasi situasi pembelajaran, faktor mahasiswa dengan penurunan motivasi, dan faktor keluarga yang tidak mendukung. Adapun rumusan masalah dan tujuan dari penelitian yaitu memahami bagaimana sistematika dan hasil pembelajaran dengan menggunakan video conference pada materi perkuliahan Pendidikan Pancasila terhadap moral mahasiswa. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan, dimana menggunakan bahan pustaka yang sifatnya jurnal, jurnal itu sendiri merupakan data primer yang didapatkan melalui interview terhadap para mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan pentingnya penggunaan video conference dalam pembelajaran jarak jauh tertama pada mata kuliah Pendidikan Pancasila dan dampaknya terhadap moral mahasiswa.


Keywords


pendidikan pancasila; video conference; pjj; moral

Full Text:

PDF

References


Aji, R. H. (2020). Dampak COVID-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan. Dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, 5(1), 395-402.

Anggrahini, Mardiyana, & Kusmayadi, T. A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Student Active Learning Berbantuan Media Visual Math Pada Pokok Bahasan Peluang Kelas XI IPA SMA 2 Purwokerto Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pembelajaran Matematika, 2(5).

Anggraini, L. (2020). Pendidikan di Sekolah Dasar dalam Rangka Menyongsong Kenormalan Baru. Webinar Nasional. Denpasar: Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Universitas Dwijendra.

Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2005). What Works In Character Education: A Research-Driven Guid for Educators. Washington DC: University of Missouri-St Louis.

Chandrawati, S. R. (2010). Pemanfaatan E-learning dalam Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 2(8), 172-181.

Christiana, E., & dkk. (2013). Pemetaan Perkembangan Moral Mahasiswa Bisnis Ditinjau dari Perspektif Kohlberg . Jurnal Humaniora, 4(2), 1116-1124.

Damary, R., Markova, T., & Pryandilina, N. (2017). Key Challenges of On-line Educationnin Multi-cultural Cortext. Procedis-Social and Behavior Sciences, 83-89.

Fadhal, S. (2013). Hambatan Komunikasi dan Budaya dalam Pembelajaran Daring pada masa Pandemi Covid-19. Kolaborasi Lawan (Hoaks) Covid-19 Kampanye, Riset dan Pengalaman Japelidin di Tengah Pandemi.

Hidayah, Y., & Ulfah, H. (2019). Analisis Pendekatan Pembelajaran Mata Kuliah Wajib Umum Pancasila Dan Pendidikan Kewarganegaraan Di Perguruan Tinggi. JPK: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(1), 22-33.

Ichwani, T., & et al. (2021). Pelatihan Pelayanan Prima Untuk Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru Al-Azhar DKI Jakarta. SULUH: Jurnal Abdimas, 2(2), 110-116.

Karen Hyder, A. K. (2007). The E-Learning Guild’s handbook on Syncharonous E-Learning. Santa Rosa. Caifornia: The E-Learning Guild.

Kholidah, N. R. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring. Seminar Nasional IKIP Bojonegoro, pp, 511-516.

Lebron, A., & Mendez, A. G. (2013). What is Culture? . Merit Research Journal of Education and Review, 1(6), 126-132.

Ninik, S. R., Tyas, I. C., & Utomo, A. P. (2021). Pembelajaran Pancasila Sebagai Sistem Etika Menggunakan Media Conference Di Politeknik Banyuwangi. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 7(2), 73-81.

Tim Penyusun. (2013). Mata Ajar Mata Kuliah Pendidikan Pancasila. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud.

Prijanto, J. H. (2017). Pemanfaatan Video dalam Pembelajaran Pancasila Untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa terhadap Kebijakan Publik. Jurnal teori dan Praktis Pembelajaran IPS, 2(1), 6-14.

Sadirman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar . Jakarta: Rajawali Pers.

Saputra, I. (2019). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pembelajaran Pancasila untuk Generasi Milenial Di Perguruan Tinggi . Sol Jusio: jurnal Penelitian Hukum, 1(1), 33-41.

Sedeghi, M. (2019). A shift from Classroom to Distance: Advantages and Limitations. Internassional Journal of Research in English (IJREE), 80-88.

Siregar, I., & Naeloforia , S. (2020). Internalisasi Nilai-nilai Pancasila dalam Pembelajaran dalam Jaringan (daring) Tingkat Sekolah Dasar (SD) di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 7(2), 130-135.

Subekti, H. A. (2020). Pemanfaatan Video Conference Sebagai Media Pembelajaran Produktif di Sekolah Menengah Kejuruan.

Sumaryati, Retnasari, L., & Winarti, T. (2020). Pemanfaatan teknologi Informasi (TI) dalam Penguatan Tujuan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(2), 1-12.

Surajiyo. (2014). Pancasila Sebagai Etika Politik Indonesia. Jurnal Ultima Humaniora II, pp, 111-123.

Pujiriyanto, P. (2021). Pembelajaran menyenangkan sebagai upaya menanggulangi pandemi Covid-19. Epistema, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/ep.v2i1.40129




DOI: https://doi.org/10.21831/ep.v3i2.50663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Wisnu Aji Septiawan, Teguh Arie Sandy

Flag Counter

View My Stats Epistema