Analisis Keaktifan Belajar Siswa dengan Peristiwa Learning-Loss Pasca Berakhirnya Pembelajaran Online Penuh
Rudi Salam, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Proses belajar di Indonesia tengah mengalami masa rekonstruksi pasca dilanda badai pandemic covid 19. Permasalahan pembelajaran yang seringkali dibahas dewasa ini adalah perihal learning-loss. Learning loss merupakan istilah yang merujuk pada kehilangan kendali (ketidakmampuan individu) dalam penguasaan keterampilan dan kemampuan dalam proses akademik. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan suatu dasar evaluasi bagi seluruh akademisi terutama pihak penyelenggara pendidikan. Loss-learning yang merupakan suatu masalah besar di dunia pendidikan hendaknya segera dievaluasi dan diresolusi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Subjek utama penelitian adalah siswa Madrasah Tsanawiyah Ma’arif NU Kota Blitar pada jenjang kelas IX pada tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 27 responden. Dalam penelitian ini, proses pengumpulan data menggunakan triangulasi teknik. Triangulasi meliputi observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Konklusi akhir penelitian ini membuahkan hasil yaitu learning-loss tidak menimbulkan efek apapun terhadap keaktifan peserta didik. Secara tidak sengaja, berdasarkan wawancara mendalam ditemukan bahwa penghambat utama atas demotivasi belajar siswa Kelas IX di MTs Maarif NU Kota Blitar adalah habitual action yang masih melekat hingga pembelajaran pasca daring.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cookson, M. D., & Stirk, P. M. R. (2013). Leaning Loss. Edglosary.Org. https://www.edglossary.org/learning-loss/
Daoud, R. (2020). USING DIGITAL DEVICES IN CLASSROOM LEARNING: A COMPLEXITY THEORY PERSPECTIVE. 151–156.
Donnelly, R., & Patrinos, H. A. (2021). Learning loss during Covid-19: An early systematic review. Prospects, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s11125-021-09582-6
Hidayah, Nur , Hardika, D. (2017). Psikologi Pendidikan. In Universitas Negeri Malang.
Jaya, F. (2019). Buku Perencanaan Pembelajaran. In Uin Sumatera Utara, Medan (pp. 1–141).
Martin, A. J. (2014). Boarding school, academic motivation and engagement, and psychological well-being: A large-scale investigation. 1007–1049. https://doi.org/10.3102/0002831214532164.0
Masni, H. (2015). Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Dikdaya, 5(1), 34–45.
Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 9 Tahun 2020, PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 9 TAHUN 2020 1 (2020). https://doi.org/10.4324/9781003060918-2
Nasution, S., Afrianto, H., NURFADILLAH SALAM, S. & J., Nim, N., Sadjati, I. M., Agent, S. G., Sifat, T., Dan, F., Studi, P., Pangan, T., Pertanian, F. T., Katolik, U., Mandala, W., & Aceh, D. (2017). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Pendidikam, 3(1), 1–62. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Nurdin. (2021). Kendala Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di MIN 4 Bungo. 02, 25–33. http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/JIPTI
Oktariani, F., Fionasari, R., & Ramdha, T. (2021). The Impact of Learning Loss due to Family Income Factors on Students’ Achievement during the COVID-19 Pandemic. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 12–20. https://doi.org/10.51276/edu.v3i1.203
Oxford Advanced Learner’s Dictionary. (2022). boarding-school noun - Definition, pictures, pronunciation and usage notes. OxfordLearnersDictionaries.Com. https://www.oxfordlearnersdictionaries.com/definition/english/boarding-school?q=boarding+school
Pengertian Pondok Pesantren Secara Bahasa dan Istilah - Abu Syuja. (2021). https://www.abusyuja.com/2019/10/pengertian-pondok-pesantren-secara-bahasa-istilah.html
Pujiriyanto, P. (2021). Pembelajaran menyenangkan sebagai upaya menanggulangi pandemi Covid-19. Epistema, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/ep.v2i1.40129
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95.
Salmaa. (2022). Interpretasi Data: Pengertian, Jenis, Cara Melakukan, dan Contoh. Deepublish. https://penerbitdeepublish.com/interpretasi-data/#:~:text=Pengertian interpretasi data secara umum,menghasilkan suatu kesimpulan yang relevan.
Sidabutar, M. (2020). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa. Epistema, 1(2), 117–125. https://doi.org/10.21831/ep.v1i2.34996
Siregar, H. T., & Tarigan, R. M. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Universitas Quality Pada Mata Kuliah Pendidikan Ipa Kelas Rendah Tahun Akademik 2019-2020 Application of Tourism Work Method To Improve Students ’ Motivation Learning Motivation of Quality University in College Academic Academic. 1(2), 84–98.
Soegiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (19th ed.).
Wulantika. (2017). Hubungan Kebiasaan Bermain Game Online Dengan Motivasi Belajar Siswa Di Sma Kartika Xx-2 Kendari. 9–37. http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/503
DOI: https://doi.org/10.21831/ep.v3i2.50645
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Epistema
View My Stats Epistema