Analisis Manfaat Pengintegrasian Augmented Reality pada Bahan Ajar Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar

Eva Oktina Harini, Yogyakarta State University, Indonesia
Pujiriyanto Pujiriyanto, Yogyakarta State University, Indonesia

Abstract


Kompetensi dasar yang harus dicapai dalam setiap kurikulum memiliki peningkatan indikator, perubahan ini mengakibatkan tenaga pendidik harus memiliki penggunaan keterampilan yang baik dalam menyiapkan media pembelajaran agar proses belajar berlangsung secara maksimal. Salah satu teknologi popular di dunia digitalisasi yaitu augmented reality. Tenaga pendidik dapat memanfaatkan teknologi augmented reality yang diintegrasikan dengan bahan ajar dalam pembelajaran yang dilangsungkan secara tatap muka maupun daring agar peserta didik khususnya pada jenjang Sekolah Dasar tidak mudah merasa bosan dan meningkatkan perhatian peserta didik terhadap  pembelajaran yang berlangsung. Penelitian dilakukan guna membuktikan dengan fakta  bahwa pengintegrasian  teknologi augmented reality pada bahan ajar di tingkat Sekolah Dasar memiliki banyak manfaat. Penelitian Kepustakaan (library research) dipilih sebagai metode penelitian untuk mendapat data sekunder berupa jurnal, disertasi, maupun literatur yang berhubungan dengan pengintegrasian teknologi augmented reality dalam bahan ajar pada jenjang Sekolah Dasar. Dari data sekunder yang didapat membuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis augmented reality memiliki banyak keuntungan yang dapat meningkatkan keefektifan peoses mengajar khususnya pada jenjang Sekolah Dasar. Diharapkan dengan adanya penelitian ini bisa menambah referensi tenaga pendidik untuk menggunakan media pembelajaran yang inovatif serta berbasis teknologi digital.


Keywords


augmented reality; bahan ajar; sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Arrum, A. H., & Fuada, S. (2021). Penguatan Pembelajaran Daring di SDN Jakasampurna V Kota Bekasi, Jawa Barat Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality (AR). ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 502–510. https://doi.org/10.35568/abdimas.v4i1.1181

Budiningsih, A. (2017). Karakteristik Siswa sebagai Pijakan Pembelajaran (1st ed.). UNY Press.

Fatha Pringgar, R., & Sujatmiko, B. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Pembelajaran Siswa. Jurnal IT-EDU, 05(01), 317–329.

Fatimatuzzahro, Masyhud, M. S., & Alfarisi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Asik ( MASIK ) Berbasis Augmented pada Materi Volume Bangun Ruang. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 8(1), 7–29. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JIPSD/article/view/24755

Habib, A., Astra, I. M., & Utomo, E. (2020). Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Media Pembelajaran Abad 21 : Kebutuhan Multimedia Interaktif Bagi Guru dan Siswa Sekolah Dasar pembelajaran sesuai konteks pembelajaran abad 21 . Teknologi hanya terjadi untuk m encapai tujuan pembelajaran efe. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(1), 25–35.

Handaru, C. dan Pujiriyanto. (2021). Efektifitas Multimedia Pembelajaran Interaktif PKK dalam Meningkatkan Kreativitas Berwirausaha Siswa SMK. Jurnal EPISTEMA, 2, 42. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/ep.v2i1.40354

Jamhari, I., Susilaningsih, S., & Ulfa, S. (2018). Pengembangan Buku Suplemen 3D Augmented Reality Sebagai Bahan Belajar Tematik Tema Lingkungan Tentang Perkembangbiakan Hewan Untuk Siswa Kelas Iii Sd. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 76–81. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p076

Nugraha, A. C., Bachmid, K. H., Rahmawati, K., Putri, N., Hasanah, A. R. N., & Rahmat, F. A. (2021). Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Untuk Pembelajaran Tematik Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Elektro, 5(2), 138–147. https://doi.org/10.21831/jee.v5i2.45497

Sitepu, E. N. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Digital. Mahesa, 1(1), 242–248. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.195

Supriadi, M., & Hignasari, L. V. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer), 3(1), 578–581. https://doi.org/10.30865/komik.v3i1.1662

Susanto, E. S., Hamdani, F., Nuryansah, F., & Oper, N. (2022). Pengembangan Aplikasi Smart-Book Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Berbasis Ar (Augmented Reality). Jurnal Mnemonic, 5(1), 64–71. https://doi.org/10.36040/mnemonic.v5i1.4438

Zulfahmi, M., & Wibawa, S. C. (2020). Potensi Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar dan Respon Siswa. It-Edu, 5(1), 334–343.




DOI: https://doi.org/10.21831/ep.v3i2.50570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Eva Oktina Harini

Flag Counter

View My Stats Epistema