Pengembangan E-Modul Berbasis Hypercontent untuk Siswa SMK

Authors

  • Yasmiin Royhanin Yogyakarta State University
  • Sungkono Sungkono Yogyakarta State University

DOI:

https://doi.org/10.21831/ep.v3i2.44437

Keywords:

smk, e-modul, hypercontent

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar e-modul berbasis hypercontent mata pelajaran pengelolaan audio video untuk siswa kelas XII Multimedia SMK Negeri 1 Godean yang layak berdasarkan review dari ahli materi, ahli media, guru dan siswa. Jenis penelitian menggunakan Research and Development dengan menggunakan model pengembangan four-D (define, design, develop dan disseminate). Namun dalam penelitian ini menggunakan tiga tahap yang terdiri dari define, design dan develop. Subjek penelitian ini siswa kelas 12 jurusan multimedia. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan angket. Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini berupa bahan ajar e-modul berbasis hypercontent yang berisikan materi pengambilan gambar bergerak. E-modul yang dikembangkan menggabungkan beberapa media, terdiri dari: media teks yang digunakan untuk menyajikan materi dalam bentuk tulisan, media gambar dan video digunakan untuk memperjelas dalam penyampaian materi dan pemberian contoh, serta hyperlink yang digunakan sebagai sumber rujukan materi yang ada dinternet. Berdasarkan hasil validasi produk memperoleh kategori layak untuk digunakan sebagai bahan ajar siswa kelas 12 di SMK Negeri 1 Godean. Rata-rata skor 4,45 (layak) oleh ahli materi, 4,04 (layak) oleh ahli media, 4,2 (layak) oleh guru, 4,04 (layak) pada saat uji coba awal, dan 4,22 (layak) pada uji coba lapangan.

References

Amin, M., Muslim, S., Wirasti, M. (2020). Modul Pembelajaran Hypercontent Pengenalan Perangkat Jaringan Komputer untuk

Lestari, I. (2013). Pengembangan BahanAjar Berbasis Kompetensi (Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Padang:Akademia Permata.

Lukman & Ishartiwi. (2014). Pengembangan Bahan Ajar dengan Model Minde Map untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial SMP. 1 (2). 109-121

Nurdyansyah. & Mutala'liah. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alam bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.

Prawiradilaga, D. S., dkk (2017). Prinsip-Prinsip Dasar Pengembangan Modul Berpendekatan Hypercontent. (Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies 5 (2)

Rustaman, N. (2001). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Inperial Bakti

Sudijono, A. (2006). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Supiana. (2008). Sistem Pendidikan Madrasah Unggulan. Badan Litbang & Diklat Departemen Agama RI.

Suwanto, M. (2020). Sinematografi Pelajar. Buku elektronik: Edukasi.com

Wijayanto & Zuhri, M. (2014). Pengembangan e-modul berbasisi flip book maker dengan model project based learning untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika.

Downloads

Published

2022-10-26

How to Cite

Royhanin, Y., & Sungkono, S. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Hypercontent untuk Siswa SMK. Epistema, 3(2), 50–58. https://doi.org/10.21831/ep.v3i2.44437

Issue

Section

Articles