Pengembangan E-Modul Berbasis Hypercontent untuk Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.21831/ep.v3i2.44437Keywords:
smk, e-modul, hypercontentAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar e-modul berbasis hypercontent mata pelajaran pengelolaan audio video untuk siswa kelas XII Multimedia SMK Negeri 1 Godean yang layak berdasarkan review dari ahli materi, ahli media, guru dan siswa. Jenis penelitian menggunakan Research and Development dengan menggunakan model pengembangan four-D (define, design, develop dan disseminate). Namun dalam penelitian ini menggunakan tiga tahap yang terdiri dari define, design dan develop. Subjek penelitian ini siswa kelas 12 jurusan multimedia. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan angket. Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini berupa bahan ajar e-modul berbasis hypercontent yang berisikan materi pengambilan gambar bergerak. E-modul yang dikembangkan menggabungkan beberapa media, terdiri dari: media teks yang digunakan untuk menyajikan materi dalam bentuk tulisan, media gambar dan video digunakan untuk memperjelas dalam penyampaian materi dan pemberian contoh, serta hyperlink yang digunakan sebagai sumber rujukan materi yang ada dinternet. Berdasarkan hasil validasi produk memperoleh kategori layak untuk digunakan sebagai bahan ajar siswa kelas 12 di SMK Negeri 1 Godean. Rata-rata skor 4,45 (layak) oleh ahli materi, 4,04 (layak) oleh ahli media, 4,2 (layak) oleh guru, 4,04 (layak) pada saat uji coba awal, dan 4,22 (layak) pada uji coba lapangan.
References
Amin, M., Muslim, S., Wirasti, M. (2020). Modul Pembelajaran Hypercontent Pengenalan Perangkat Jaringan Komputer untuk
Lestari, I. (2013). Pengembangan BahanAjar Berbasis Kompetensi (Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Padang:Akademia Permata.
Lukman & Ishartiwi. (2014). Pengembangan Bahan Ajar dengan Model Minde Map untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial SMP. 1 (2). 109-121
Nurdyansyah. & Mutala'liah. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alam bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.
Prawiradilaga, D. S., dkk (2017). Prinsip-Prinsip Dasar Pengembangan Modul Berpendekatan Hypercontent. (Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies 5 (2)
Rustaman, N. (2001). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Inperial Bakti
Sudijono, A. (2006). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Supiana. (2008). Sistem Pendidikan Madrasah Unggulan. Badan Litbang & Diklat Departemen Agama RI.
Suwanto, M. (2020). Sinematografi Pelajar. Buku elektronik: Edukasi.com
Wijayanto & Zuhri, M. (2014). Pengembangan e-modul berbasisi flip book maker dengan model project based learning untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Epistema allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted articles in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.