Pengembangan Puzzle Berbasis Augmented Reality untuk Penanaman Nilai Pancasila bagi Siswa Kelas 4 SD IT
Sungkono Sungkono, Yogyakarta State University
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan Alat Permainan Edukatif puzzle Puzila berbasis augmented reality sebagai penanaman nilai-nilai pancasila di kelas 4 SD IT Bina Insan Kamil, dan (2) Mengetahui kelayakan Alat Permainan Edukatif puzzle Puzila berbasis augmented reality berdasarkan validasi dari ahli materi dan ahli media. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan APE yang dikembangkan dengan menggunakan model 4-D dari Thiagarajan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD IT Bina Insan Kamil, Turi, Sleman, Yogyakarta yang berjumlah 12 anak. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kuantitatif untuk mengetahui kelayakan dari media. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan maka pengembangan APE Puzzle Puzila telah menempuh 4 langkah dari model 4-D dari Thiagarajan yaitu tahap Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebarluasan). Hasil penelitian membuktikan bahwa media Puzzle Puzila layak untuk digunakan untuk siswa kelas 4 SD IT Bina Insan Kamil dalam materi penanaman nilai-nilai pancasila. Hal tersebut terbukti dari hasil validasi ahli materi yang memperoleh skor rata-rata sebesar 4,1 (Layak), validasi ahli media dengan perolehan skor rata-rata sebesar 4,3 (Layak), validasi guru dengan perolehan skor rata-rata sebesar 4,2 (Layak) dan tahap uji coba siswa diperoleh skor rata-rata dari data respon sebesar 1 (Layak).
Full Text:
PDFReferences
Ariyanti., dkk. (2015). Efektivitas Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Media dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak Kelas 2 di SDN 2 Wonotirto Bulu Temanggung. Jurnal Psikologi Tabularasa, 10(1) : 58 – 69.
Azuma, R. T. (1997). A Survey Of Augmented Reality. Presence: Teleoperators and Virtual Environments, 6 (4) : 355-385.
Budiman, H. (2017). Peran Teknologi dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8 (1): 32.
Buchori, A, dkk. (2017). Effectiveness of Direct Instruction Learning Strategy Assisted by Mobile Augmented Reality and Achievement Motivation on Students Cognitive Learning Results. Asian Social Science, 13 (9) : 137-144.
Burhaein, E. (2017). Aktivitas Fisik Olahraga untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1 (1) : 51-58.
JPPN. (2018). 24 dari 100 Orang Indonesia Tidak Hafal Pancasila. Diakses dari https://www.jpnn.com/news/24-dari-100-orang-indonesia-tidak-hafal-pancasila pada tanggal 18 Maret 2021.
Mulyatiningsih, E. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Saputro, R., dkk. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Mengenal Organ Pencernaan Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Jurnal Buana Informatika, 6(2).153-162
Soetjiningsih. (2002). Tumbuh Kembang Anak. Cetakan II. Jakarta : EGC.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R & D. Bandung. Alfabeta.
Suharso, A. (2011). Model Pembelajaran Interaktif Bangun Ruang 3D Berbasis Augmented Reality. Majalah Ilmiah SOLUSI, 11(24). 1-11
Suyadi. (2009). Permainan Edukatif yang Mencerdaskan. Yogyakarta: Power Books (IHDINA).
Susilana., dkk. (2007). Media Pembelajaran. Bandung : CV. Wacana Prima.
Thiagarajan, S. (1974). Instructional Developmentfor Training Teachers of Exceptional Children : A Surcebook. Center for Innovationin Teaching the Handicapped. Tersedia di Eric
Widiatmaka, P. (2016). Kendala Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Peserta Didik di Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Civics, 13 (2): 197.
Widoyoko, E.P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran (Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yudha. (2007). Cara pintar mendongeng. Bandung : PT Mizan Bunaya Kreativa
Yusliawan, K., dkk. (2014). Kelayakan Teoretis Media Pembelajaran Puzzle Digital Pada Materi Struktur DNA untuk Kelas XII. Bioedu : Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 3 (1) : 329-332
DOI: https://doi.org/10.21831/ep.v2i2.42721
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Epistema
View My Stats Epistema