ANALISIS APLIKASI JADWAL PERKULIAHAN BERBASIS ANDROID

Daniswara Galuh Sukmandari, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Totok Sukardiyono, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas perangkat lunak pada aplikasi mobile jadwal perkuliahan berdasarkan standar kualitas ISO 25010 ysng mencakup aspek funtional suitability, compatibility, usability, dan performance efficiency. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan model waterfall. Hasil dari penelitian adalah aplikasi jadwal perkuliahan telah memenuhi standar kualitas perangkat lunak berdasarkan standar ISO 25010. Pengujian functional suitabilitymendapatkan hasil sebesar 100% yang berarti fungsi aplikasi telah berjalan dengan benar.Pengujian compatibilitymendapatkan hasil sebesar 100%. Pengujian usabilitymendapatkan hasil sebesar 79,63% dengan kategori Layak. Pengujian performance efficiencymendapatkan rata-rata waktu launchingsebesar 2,048 detik dan 0,095 detik untuk rata-rata waktu rendering

Keywords


jadwal; aplikasi mobile; Android; ISO 25010

Full Text:

PDF

References


App Quality Alliance. 2014. AQuA Performance Testing Criteria. Diakses pada 15 Februari 2017. Dari http://www.appqualityalliance.org/aqua-performance-test-criteria.

Ferra Delan, Jelita. 2012. Pengembangan Website Petunjuk Praktikum Kimia untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas XII Semester 1.S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

Guritno, S., Sudaryono, &Rahardja, U. 201). Theory and Application of IT Research Metode Penelitian Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi

Hoxmeier, J. A., & DiCesare, C. 2000. System Respone Time and User Satisfaction: An Experimental Study of Browser-based Applications. AMCIS 200 Proceedings. Diakses pada 26 April 2017. Dari http://www.collecter.org/archieves/2000_April/03.pdf.

Lund, A. M. 2001. Measuring Usability with USE Questionnaire. Usability and User Experience SIG.Diakses pada28 Februari 2017. Dari http://www.stcsig.org/usability/newsletter/0110_measuring_with_use.html




DOI: https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i1.16634

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education)

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

Our Journal indexed by:

ISSN 2477-2399 (online) || ISSN 2580-6424 (print)

View My Stats

Flag Counter