PENILAIAN EFISIENSI UNIVERSITAS LPTK DI INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS

Handaru Jati, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Seiring meningkatnya keinginan untuk melanjutkan kuliah ke Perguruan Tinggi bagi lulusan sekolah menengah di Indonesia dan semakin tingginya biaya yang ditanggung oleh calon mahasiswa, pemerintah dihadapkan pada kondisi untuk mendorong universitas agar dapat beroperasi dengan lebih efisien dan lebih produktif. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan metode baru penilaian efisiensi universitas Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan (LPTK) di Indonesia dengan mempergunakan Data Envelopment Analysis yang secara teknis efektif untuk menghitung efisiensi sebuah Universitas. Penelitian ini merupakan penelitian research and development yang dilaksanakan dalam kegiatan yang meliputi analisis kebutuhan yaitu pengkajian variabel yang akan menjadi factor penilaian efisiensi beserta mekanisme pengumpulan datanya, disain model perhitungan efisiensi dari Lembaga Pendidikan Teknologi dan Kejuruan serta implementasi perhitungan efisiensi dan produktivitas dari 6 Universitas LPTK negeri di Indonesia dengan Data Envelopment Analysis. Hasil dari perhitungan DEA menunjukkan bahwa Universitas di Jawa memiliki rata-rata efisiensi yang lebih baik dibanding dengan Universitas LPTK di luar Jawa.

Keywords


Efisiensi, produktivitas, LPTK, Data Envelopment Analysis, Malmquist Index

Full Text:

PDF

References


Abbott, M. & Doucouliagos, C. (2003). The efficiency of Australian universities: a data envelopment analysis. Economics of Education review,Vol. 22, No. 1,pp. 89-97.

Afonso, A. & Santos, M. (2005). Students and teachers: a DEA approach to the relative efficiency of Portuguese universities. NEP: New Economics Papers Education.

Ahn, T., Charnes, A. & Cooper, W.W. (1988). Some statistical and DEA evaluations of relative efficiencies of public and private institutions of higher learning. Socio-Economic Planning Sciences,Vol. 22, No. 6,pp. 259-269.

Altbach, P.G. (2004). The costs and benefits of world-class universities. Academe,Vol. 90, No. 1,pp. 20-23.

Breu, T.M. & Raab, R.L. (1994). Efficiency and perceived quality of the nation's “top 25†National Universities and National Liberal Arts Colleges: An application of data envelopment analysis to higher education. Socio-Economic Planning Sciences,Vol. 28, No. 1,pp. 33-45.

Coelli, T., Prasada Rao, D. S., & Battese, G. E. (1998). An introduction to efficiency and productivity analysis. Boston: Kluwer Academic.

Charnes, A.W., Cooper, W.W. & Rhodes, E. (1978). Measuring Efficiency of Decision Making Units. European Journal of Operational Research,Vol. 2,pp. 429-444.

FÃ ̧rsund, F.R. & Kalhagen, K.O. (1999). Efficiency and productivity of Norwegian colleges. Memorandum, Department of Economics, University of Oslo.

Flegg, A.T., Allen, D.O., Field, K. &Thurlow, T.W. (2003). Measuring the efficiency and productivity of British Universities: an application of DEA and the Malmquist approach. University of the West of England, Department of Economics, series Discussion Papers, No. 304.

Joumady, O. & Ris, C. (2005). Determining the relative efficiency of European Higher Education institutions using DEA. University of New Caledonia, ROA Maastricht University.

Rhodes, E.L. & Southwick, L. (1986). Determinants of efficiency in public and private universities. Department of Economics, University of South Carolina.

Tone, K. (2001). A slacks-based measure of efficiency in data envelopment analysis. European journal of operational research,Vol. 130, No. 3,pp. 498-509.




DOI: https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i1.10877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 ELINVO

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

Our Journal indexed by:

ISSN 2477-2399 (online) || ISSN 2580-6424 (print)

View My Stats

Flag Counter