Kajian Penggunaan Media Pembelajaran dalam Pelatihan Peningkatan Kompetensi Profesional Guru

Mashoedah Mashoedah, Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan dari makalah ini adalah mengkaji penggunaan media pembelajaran untuk pelatihan guru. Jenis Media pembelajaran yang bagaimana yang dapat digunakan dalam pelatihan guru untuk meningkatkan kompetensi profesional guru. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dan online survei kepada guru yang berada di grup guru di jejaring sosial media. Penggunaan metode survei online di grup guru di jejaring sosial media diharapkan dapat menggali respon guru terhadap penggunaan media pembelajaran yang sesuai untuk pelatihan, serta permasalahan-permasalahan lain dalam peningkatan kompetensi profesional guru. Hasil kajian dan survei yang telah dilakukan menunjukkan bahwa permasalahan yang sering dihadapi oleh guru adalah ”Peningkatan kemampuan di bidang keahlian” (42%), ”Minimnya alat bantu mengajar disekolah” (24%), ”Kurikulum” (15%) dan permasalahan lainnya (19%). Sedangkan pendapat guru tentang penggunaan media pembelajaran pada pelatihan guru masih sangat diperlukan dan media pembelajaran yang diharapkan dalam pelatihan guru adalah dalam bentuk : gabungan media (49%) , video pembelajaran (29%), e-learning (15%); dan trainer kit (6%). Alternatif model pelatihan yang diharapkan adalah pengintegrasian media pembelajaran pada pelatihan peningkatan kompetensi guru.

Keywords


Media, Kompetensi, Pelatihan, Pengembangan

Full Text:

PDF

References


Akuntono, I. (2012, Maret 17). Edukasi. (B.N.Joewono,Editor) Retrieved Maret 31, 2014, from http://edukasi.kompas.com/:http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/17/07592481/sitemap.html

Akuntono,I.(2013,Maret16). Edukasi. Retrieved Maret 27, 2014, from http://edukasi.kompas.com: http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/16/17455390/Rata-rata.Hasil.Uji.Kompetensi.Guru.Masih.Rendah

BPSDMP-PMP. (2012). Retrieved Maret 2014, fromhttp://sertifikasiguru.unm.ac.id/: http://sertifikasiguru.unm.ac.id/UKA%202012/Bahan%20Presentasi%20UKA.pdf

Cercone, K. (2008). Characteristics of adult learners with implications for online learning design. AACE journal, 16(2), 137-159.

Crawford, S. R. (2013,July23). ED205: Adult Learning. Retrieved April 9, 2014, from http://academic.regis.edu:http://academic.regis.edu/ed205/Knowles.pdf

Ihsan, A. (2012, Maret 18). Uji Kompetensi Guru. Retrieved Maret 31, 2014, from http://www.ujikompetensiguru.com/2012/03/update-pengumuman-uji-kompetensi-guru.html; http://www.ujikompetensiguru.com/2012/03/update-pengumuman-uji-kompetensi-guru.html

Ihsan, A. (2012). UKA Sertifikasi Guru. Retrieved Maret 31, 2014, from http://www.ujikompetensiguru.com; http://www.ujikompetensiguru.com/2012/04/sekitar-494-guru-tak-lulus-uji.html

Kamil,M. (2010). Model Pendidikan dan Pelatihan. (Konsep dan Aplikasi).Bandung: Alfabeta.

Knowles, M. S. (1980). Retrieved April 11, 2014, from http://www.cumc.columbia.edu; http://www.cumc.columbia.edu/dept/medicine/hospitalists/downloads/cc4_articles/Education%20Theory/Andragogy.pdf

Knowles, M. S. (1980). Themodernpractice of adult education, revised and updated.Englewood Cliffs: Prentice Hall Regents.

Napitupulu, E. L. (2012,Juli25). Edukasi. Retrieved Maret 31, 2014, from http://edukasi.kompas.com/: http://edukasi.kompas.com/read/2012/07/25/19413379/Kompetensi.Guru.Memprihatinkan

PP,R.I.(2008).PeraturanPemerintahtentang Guru Nomor 74 tahun 2008, pasal2. Jakarta.

Senin, A. (2008). Pembangunan professional guru. Kuala Lumpur: Utusan Publications.

Surya, M. (2004). Bunga rampai guru dan pendidikan. Jakarta: PT. Balai Pustaka.

Titmus, C. J. (1989). Lifelong education for adults. Pergamon Press.

Undang-undang, R.(2005). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Zubaidah, N. (2012, Agustus 3). SOSIAL & BUDAYA. Retrieved Maret 31, 2014 fromhttp://nasional.sindonews.com:http://nasional.sindonews.com/read/2012/08/03/15/662873/hasil-uji-kompetensi-guru-memprihatinkan




DOI: https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i1.10875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 ELINVO

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

Our Journal indexed by:

ISSN 2477-2399 (online) || ISSN 2580-6424 (print)

View My Stats

Flag Counter