PENGELOLAAN BELASUNGKAWA KIRIM AKTA KEMATIAN (BESUK KIAMAT)

Nur Rachmayani Hidayah, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
Tri Murwaningsih, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
Anton Subarno, Universitas Sebelas Maret, Indonesia

Abstract


Abstrak: Pengelolaan Belasungkawa Kirim Akta Kematian (Besuk Kiamat) 

Rendahnya kesadaran masyarakat terkait kepengurusan akta kematian mendorong instansi pelayanan public mempermudah layanan administrasi kependudukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, kendala, dan solusi terkait pengelolaan belasungkawa kirim akta kematian (Besuk Kiamat) di Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan sampel menggunakan purpossive sampling dan snowball sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan pengelolaan besuk kiamat belum terlaksana secara optimal karena terdapat beberapa kendala secara internal maupun eksternal. Pengelolaan Besuk Kiamat harus lebih dioptimalkan melalui pemanfaatan sumber daya organisasi, penyesuaian perubahan sistem, kesadaran peran RT/RW dan warga untuk mencapai validitas data kependudukan.


Kata kunci: akta kematian, pengelolaan besuk kiamat; program 3in1 administrasi kependudukan; validitas data kependudukan; aplikasi SIAK 


Abstract: Management of Belasungkawa Kirim Akta Kematian (Besuk Kiamat)

The low level of public awareness regarding the management of death certificates encourages public service instances in facilitating civil registration services. This study aimed to determine the implementation, constraints and solutions related to the management of Belasungkawa Kirim Akta Kematian (Besuk Kiamat) at the Surakarta City Civil Registry Service Office. The method used in this research is descriptive qualitative method with a case study approach. Sampling was carried out using purposive sampling and snowball sampling techniques. The results of this study indicated that the management of Besuk Kiamat has not been carried out optimally because there are several internal and external constraints. Besuk Kiamat management should be further optimized through the utilization of organizational resources, adjustments to system changes and the awareness of RT/RW (neighborhood and hamlet) and the community to achieve the validity of demographic data.


Key words: death certificate, the management of Besuk Kiamat, 3in1 program of civil registration, validity of demographic data, SIAK application



Keywords


akta kematian; pengelolaan besuk kiamat; program 3in1 administrasi kependudukan; aplikasi SIAK; Death Certificate; the Management of Besuk Kiamat; 3in1 Program of Civil Registration; SIAK Application

Full Text:

PDF

References


Batlajery, S. (2016). Penerapan Fungsi-fungsi Manajemen pada Aparatur Pemerintahan Kampung Tambat Kabupaten Merauke. JURNAL ILMU EKONOMI & SOSIAL, 7(2), 135–155. https://doi.org/10.35724/jies.v7i2.507

Damayanti, I., Haryanto, A.Y., & Suhita, D. (2022). Strategi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta dalam Mempertahankan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi Tahun 2021. Solidaritas, 6(1), 1–22. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/6924

Das, U.C & Mishra, A. . (2019). Management Concepts and Practices. https://ddceutkal.ac.in/Syllabus/Management-Concepts-Practices.pdf

Effendi, M & Iqbal, M. M. (2018). Faktor Penghambat dan Pendukung Pembuatan Akta Kematian (Studi di Dinas Kependudukan dan Pencatatam Sipil Kabupaten Malang). Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi, 10(1), 20–18. http://riset.unisma.ac.id/index.php/MILD/article/view/2070

Fasya, S.Z., Nur, T., & Amirulloh, M. R. (2021). Evaluasi Program Pencatatan Akta Kematian di Dinas Kependudukan Kota Sukabumi. Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial Politik Dan Humaniora, 5(1), 84–94. https://doi.org/10.31604/jim.v5i1.2021.84-94

Kartika, D.F., & Oktariyanda, T. . (2022). Inovasi Pelayanan Public Melalui Aplikasi Poedak (Pelayanan Online Pendaftaran Administrasi Kependudukan) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik. Publika, 9(5), 245–260. https://doi.org/10.26740/publika.v10n1.p245-260

Peraturan Walikota (PERWALI) tentang Program Belasungkawa Kirim Akta Kematian, Pub. L. No. 1, 1 (2018). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/198116/perwali-kota-surakarta-no-1-tahun-2018

Lindriati, S., Suntoro, I., & Pitoewas, B. (2017). Pengaruh Sosialisasi dan Tingkat Pemahaman Masyarakat terhadap Minat Pembuatan Akta Kematian di Desa Purworejo. Jurnal Kultur Demokrasi, 5(6), 1–14. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JKD/article/view/13864

Mahfiza, M. (2016). Pengaruh Pengawasan Fungsional terhadap Pengelolaan Keuangan Daerah pada Inspektorat Provinsi Gorontalo. Al-Buhuts: Jurnal Ekonomi Islam, 12(1), 166–179. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ab/article/view/925

Maizar, C.E., Ismail, N., & Adamy, A. (2019). Analisis Perencanaan dan Penganggaran Program Kesehatan Ibu dan Anak Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Aceg Utara. Jurnal Kesehatan Cehadum, 1(2), 42–51. https://doi.org/10.35324/jkc.v1i2.60

Melinda, M., Syamsurizaldi, & Kabullah, M. . (2020). Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Online (PADUKO) oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang Panjang. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 19(2), 202–2016. https://doi.org/10.35967/njip.v19i2.115

Muhyadi. (2016). Peran Administrasi dalam Membangun Masyarakat Berkarakter. Efisiensi, Kajian Ilmu Administrasi, XIV(1), 98–109. https://journal.uny.ac.id/index.php/efisiensi/article/view/11683/8399

Munthe, A. . (2015). PENTINGYA EVALUASI PROGRAM DI INSTITUSI PENDIDIKAN: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. SCHOLARIA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1–14. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p1-14

Nasution, M.I., & N. (2021). Analisis Penerapan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) pada Badan Pengelola Keuangan Asset Daerah (BPKAD) Kota Medan. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 9(2), 109–116. https://doi.org/10.29103/jak.v9i2.4577

Nurhidayat, M., Nurmaeta, S., & Hardi, R. (2013). Koordinasi Antar Lembaga Pemerintah dalam Pelayanan E-Ktp di Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Otoritas: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 3(2), 150–162. https://doi.org/10.26618/ojip.v3i2.74

Undang-undang (UU) No 24 tahun 2013 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, Pub. L. No. 24, 1 (2013). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38985/uu-no-24-tahun-2013

Pratama, Y.I. & Fanida, E. . (2018). Inovasi Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan Kelurahan Dinoyo (Sakdino) Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Publika, 6(9), 1–7. https://doi.org/10.26740/publika.v6n9.p%25p

Rismayanti & Sagay, M. J. (2018). Penerapan Fungsi Manajemen sebagai Metode Meningkatkan Kinerja Karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis, 2(2), 1–8. https://journal.ibmasmi.ac.id/index.php/JAB/article/view/310

Rohman, D.F., Hanafi, I., & Hadi, M. (2013). Implementasi Kebijakan Pelayanan Administrasi Kependudukan Terpadu (Studi Kasus Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang). JAP: Jurnal Administrasi Publik, 1(5), 962–971. http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/172

Satori, D., & Komariah, A. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Setiyati, R., & Hikmawati, E. (2019). Pentingnya Perencanaan Sdm dalam Organisasi. Forum Ilmiah Indonusa, 16(2), 215–221. https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/Formil/article/view/2816

Setyaramadani, D. (2022). Bali Nyate: Inovasi Pelayanan Publik Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Purworejo. Kajian Ilmu Administrasi, 19(1), 78–89. https://doi.org/10.21831/efisiensi.v19i1.53603

Siburian, R., Lukman, S., & Kurniawan, L. (2020). Analisis Penerapan Standar Operasional Pelayanan Public pada Kantor Kecamatan Menteng Kota Administrasi Jakarta Pusat Provinsi DKI Jakarta. Jurnal EKBANK, 3(1), 1–19. https://jurnal.akptahuna.ac.id/index.php/ekbank/article/view/36/30

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan r&d. Alfabeta.

Suhardi, C. (2018). Pengantar Manajemen dan Aplikasinya. Gava Media.

Sururama, R. & Febrina, H. (2019). Pengawasan Melekat Oleh Camat dalam Penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor Provinsi Jawa Barat. Jurnal Media Birokrasi, 1(1), 1–28. https://ejournal.ipdn.ac.id/JMB/article/view/556

Susanti, H., & N. (2021). Tingkat Partisipasi Masyarakat tentang Kepemilikan Akta Kematian (Studi Kasus di Desa Bincau Kecamatan Martapura Kota). Scientific: Jurnal Ilmiah Ekonomi & Bisnis, 8(2), 1–15. https://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/scientific/article/view/248

Terry, G.R & Leslie, W. . (2016). Dasar-dasar Manajemen. Bumi Aksara.

Testiana, A., Haryati., R.H., & Setyowati, K. (2019). Preparation of Innovation Besuk Kiamat Population and Civil Registration Office Surakarta City. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 6(1), 249–254. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v6i1.567

Wahyono, S., Prihatminingtyas, B., & Purwatiningsih, A. (2019). Implementasi Pelayanan Admiistrasi Kependudukan Kota Malang. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 11(1), 1–20. https://doi.org/10.52166/madani.v11i1.1352




DOI: https://doi.org/10.21831/efisiensi.v20i1.54570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                            
  
 
Editorial team address :
Department of Administration Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Yogyakarta 
Karangmalang Campus, Yogyakarta, Postal Code 55281
Phone (0274) 586168 line. 1583
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. read more...